|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
Nama Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Rendang
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok : Nilai-nilai Yadnya dalam Mahabrata
Alokasi Waktu : 21 x 45 menit
Tujuan
Pembelajaran
|
Melalui kegiatan pembelajaran model pembelajaran PBL peserta didik dapat:
1.
Peserta
didik mampu Mengaplikasikan
Nilai-nilai yadnya sesuai dengan ajaran Mahabrata
2.
Menerapkan
Nilai-nilai yadnya sejalan ajaran Mahabrata dalam kehidupan sehari-hari
3.
Menerangkan
hakikat yadnya yang terkandung dalam Mahabarata
|
Proses
Pembelajaran
|
A.
PENDAHULUAN
1.
Mengucapkan
salam ”Om Swastyastu”,dan
melantukan salah satu mantra Dainika
Upasana (doa sehari-hari) (Religius
PPK).
2.
Guru
mempersiapkan kelas, menanyakan kabar siswa serta memberi motivasi, Guru
memberikan Apersepsi dan menyampaikan topik, tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model pembelajaran yaitu PBL
B.
KEGIATAN INTI
1. Peserta didik mengamati tayangan video dan menganalisis
mengenai praktek pelaksanaan yadnya dalam kehidupan sehari-hari;
2. Peserta didik menentukan bentuk-bentuk tentang
pelaksanaan yadnya dalam kehidupan sehari-hari;
3. Peserta didik menelaah mengenai nilai-nilai yadnya
dalam Mahabrata yang dihubungkan kedalam kehidupan sehari-hari;
4. Peserta didik dapat memberikan contoh nilai yadnya
yang ada dalam Epos Mahabrata;
5. Mengkomunikasikan hasil analisis yang telah
dilakukan dan melakukan proses tanya jawab terkait nilai-nilai yadnya dalam
Mahabrata;
6. Peserta didik bersama dengan guru menyimpulkan hasil
analisis yang telah dilakukan yang berhubungan dengan ajaran yadnya beserta
aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari;
C.
PENUTUP
·
Guru dan Siswa
melakukan refleksi diri, menyanyikan salah satu lagu Nasional (Nasionalis
PPK), memberikan reward, (penghargaan) pada siswa yang aktif dan semangat
belajar serta menyampaikan indikator yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya. Menutup pembelajaran Parama Santi “Om Santih, Santih, Santih Om”
|
Penilaian
|
Jenis penilaian
|
Teknik penilaian
|
Bentuk penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Penilaian Sikap/Afektif (Sosial dan Spiritual)
|
Observasi/Pengamatan
|
Pengamatan langsung
|
Jurnal/lembar Observasi
|
Penilaian Pengetahuan
|
Tertulis dan Penugasan
|
Pilihan Ganda/Isian Singkat/Essa
|
Kisi-kisi dan lembar soal
|
Penilaian Keterampilan
|
Pengamatan
|
Pengamatan Langsung
|
Lembar Observasi
|
|
| |
|
Mengetahui
Kepala SMAN 1 Rendang
I Putu Sudibawa, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801 1001
|
Rendang, Januari 2020
Guru Pendidikan Agama Hindu
dan budi Pekerti
I Made Yuda Asmara.S.Pd.H.,M.Pd
NIP. 19870912 201101 1 009
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
Nama Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Rendang
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok : Moksa
sebagai Tujuan akhir Menurut Agama Hindu
Alokasi Waktu : 15 x 45 menit
Tujuan
Pembelajaran
|
Melalui kegiatan pembelajaran PBL didik dapat:
1.
Peserta
didik dapat Memahami
ajaran Moksa sebagai Tujuan akhir Menurut Agama Hindu
2.
Peserta
didik diharapkan mampu Mengklasifikasikan pengetahuan konseptual tentang
moksa sebagai tujuan akhir menurut agama Hindu
3.
Peserta didik mampu Menalar Moksa sebagai tujuan
akhir Agama Hindu
|
Proses
Pembelajaran
|
A.
PENDAHULUAN
1.
Mengucapkan
salam ”Om Swastyastu”,dan
melantukan salah satu mantra Dainika
Upasana (doa sehari-hari) (Religius
PPK).
2.
Guru
mempersiapkan kelas, menanyakan kabar siswa serta memberi motivasi, Guru
memberikan Apersepsi dan menyampaikan topik, tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model pembelajaran yaitu PBL
B.
KEGIATAN INTI
1. Peserta didik mengamati tayangan video dan
menganalisis mengenai praktek ajaran moksha;
2. Peserta didik Mengklasifikasikan
pengetahuan konseptual tentang moksa sebagai tujuan akhir menurut agama Hindu;
3. Peserta didik membedakan dan membandingkan bagian-bagian
dari ajaran moksha;
4. Peserta didik dapat Menunjukkan
Moksa sebagai tujuan akhir Agama Hindu;
5. Mengkomunikasikan hasil analisis yang telah
dilakukan dan melakukan proses tanya jawab terkain ajaran moksha;
6. Peserta didik bersama dengan guru menyimpulkan hasil
analisis yang telah dilakukan yang berhubungan dengan ajaran moksha beserta
aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari;
C.
PENUTUP
·
Guru dan Siswa
melakukan refleksi diri, menyanyikan salah satu lagu Nasional (Nasionalis
PPK), memberikan reward, (penghargaan) pada siswa yang aktif dan semangat
belajar serta menyampaikan indikator yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya. Menutup pembelajaran Parama Santi “Om Santih, Santih, Santih Om”
|
Penilaian
|
Jenis penilaian
|
Teknik penilaian
|
Bentuk penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Penilaian Sikap/Afektif (Sosial dan Spiritual)
|
Observasi/Pengamatan
|
Pengamatan langsung
|
Jurnal/lembar Observasi
|
Penilaian Pengetahuan
|
Tertulis dan Penugasan
|
Pilihan Ganda/Isian Singkat/Essa
|
Kisi-kisi dan lembar soal
|
Penilaian Keterampilan
|
Observasi
|
Pengamatan Langsung
|
Jurnal/lembar Observasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala SMAN 1 Rendang
I Putu Sudibawa, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801 1001
|
Rendang, Januari 2020
Guru Pendidikan Agama Hindu
dan budi Pekerti
I Made Yuda Asmara.S.Pd.H.,M.Pd
NIP. 19870912 201101 1 009
|
|
|
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
Nama Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Rendang
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : XI/2
Materi Pokok : Esensi
Ajaran Bhakti Sejati
Alokasi Waktu : 15 x 45 menit
Tujuan
Pembelajaran
|
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik menggunakan
model Discovery Learning peserta didik dapat:
1.
Peserta
didik dapat Menunjukan ajaran Bhakti sejati
dalam kitab Ramayana
2.
Peserta
didik diharapkan mampu Melakukan perilaku Bhakti
sejati
3.
Peserta didik mampu Memahami serta memberikan contoh esensi Bhakti sejati dalam Ramayana.
|
Proses
Pembelajaran
|
A.
PENDAHULUAN
1.
Mengucapkan
salam ”Om Swastyastu”,dan
melantukan salah satu mantra Dainika
Upasana (doa sehari-hari) (Religius
PPK).
2.
Guru
mempersiapkan kelas, menanyakan kabar siswa serta memberi motivasi, Guru
memberikan Apersepsi dan menyampaikan topik, tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model pembelajaran yaitu Dicovery Learning
B.
KEGIATAN INTI
1.
Guru menampilkan
gambaran materi pembelajaran dan siswa membaca buku paket atau bahan ajar
sesuai topik pembelajaran (stimulasi/pemberian rangsangan) (Literasi)
2.
Siswa menanyakan
tentang topik pembelajaran yang belum dipahami (Problem Statement atau
Identifikasi Masalah) mengenai ajaran Bhakti sejati dalam kitab Ramayana
3.
Guru membentuk
kelompok dan siswa diminta mengumpulkan data (Data Collection) sesuai
bagian-bagian dari ajaran Bhakti sejati dalam kitab
Ramayana.
4.
Siswa merancang
dan mendiskusikan materi sesuai pembagian tugas masing-masing kelompok yang
akan mempresentasikan (Data Processing/Pengolahan Data) (Kreativitas )
5.
Guru memberikan
penguatan untuk memperoleh kesimpulan mengenai ajaran Bhakti
sejati dalam kitab Ramayana dengan mengajukan pertanyaan dan Siswa membuat
kesimpulan (Generalization/menarik Kesimpulan) (Kreativitas)
C.
PENUTUP
·
Guru dan Siswa
melakukan refleksi diri, menyanyikan salah satu lagu Nasional (Nasionalis
PPK), memberikan reward, (penghargaan) pada siswa yang aktif dan semangat belajar
serta menyampaikan indikator yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
Menutup pembelajaran Parama Santi “Om
Santih, Santih, Santih Om”
|
Penilaian
|
Jenis penilaian
|
Teknik penilaian
|
Bentuk penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Penilaian Sikap/Afektif (Sosial dan Spiritual)
|
Observasi/Pengamatan
|
Pengamatan langsung
|
Jurnal/lembar Observasi
|
Penilaian Pengetahuan
|
Tertulis dan Penugasan
|
Pilihan Ganda/Isian Singkat/Essa
|
Kisi-kisi dan lembar soal
|
Penilaian Keterampilan
|
Penilaian Portfolio
|
Portfolio
|
Rubrik penilaian portopolio
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala SMAN 1 Rendang
I Putu Sudibawa, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801 1001
|
Rendang, Januari 2020
Guru Pendidikan Agama Hindu
dan budi Pekerti
I Made Yuda Asmara.S.Pd.H.,M.Pd
NIP. 19870912 201101 1 009
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
Nama Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Rendang
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : XI/2
Materi Pokok : KELUARGA
SUKHINAH
Alokasi Waktu : 15 x 45 menit
Tujuan
Pembelajaran
|
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik menggunakan
model PBL peserta didik dapat:
1.
Peserta
didik Menunjukan sikap perilaku yang mencerminkan
keluarga Shukinah.
2.
Peserta
didik diharapkan Mengetahui 5 pilar keluarga Sukhinah menuju keluarga yang rukun bahagia sejahtera, dan
damai.
3. Menunjukan Syarat sahnya suatu perkawinan menurut Hukum Hindu
4. Menyajikan prilaku
bertanggung jawab untuk menciptakan keluarga sukinah.
|
Proses
Pembelajaran
|
A.
PENDAHULUAN
1.
Mengucapkan
salam ”Om Swastyastu”,dan
melantukan salah satu mantra Dainika
Upasana (doa sehari-hari) (Religius
PPK).
2.
Guru
mempersiapkan kelas, menanyakan kabar siswa serta memberi motivasi, Guru
memberikan Apersepsi dan menyampaikan topik, tujuan pembelajaran dan menginformasikan
model pembelajaran yaitu PBL
B.
KEGIATAN INTI
1. Peserta didik mengamati pembelajaran dan
menganalisis mengenai materi tentang ajaran keluarga
Shukinah;
2. Peserta didik mencari tahu dan
mampu menunjukkan 5 pilar keluarga Sukhinah menuju keluarga yang rukun bahagia sejahtera, dan
damai;
3. Peserta didik membedakan dan membandingkan problem-problem
dalam kehidupan mengenai ketidak nyamanan keluarga;
4. Peserta didik dapat Menunjukkan syarat-syarat
yang sah pada sistem perkawinan Hindu;
5. Mengkomunikasikan hasil analisis yang telah
dilakukan dan melakukan proses tanya jawab terkain ajaran keluarga
Sukhinah;
6. Peserta didik bersama dengan guru menyimpulkan hasil
analisis yang telah dilakukan yang berhubungan dengan ajaran keluarga
Sukhinah menuju keluarga yang rukun
bahagia sejahtera, dan damai;
C.
PENUTUP
·
Guru dan Siswa
melakukan refleksi diri, menyanyikan salah satu lagu Nasional (Nasionalis
PPK), memberikan reward, (penghargaan) pada siswa yang aktif dan semangat
belajar serta menyampaikan indikator yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya. Menutup pembelajaran Parama Santi “Om Santih, Santih, Santih Om”
|
Penilaian
|
Jenis penilaian
|
Teknik penilaian
|
Bentuk penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Penilaian Sikap/Afektif (Sosial dan Spiritual)
|
Observasi/Pengamatan
|
Pengamatan langsung
|
Jurnal/lembar Observasi
|
Penilaian Pengetahuan
|
Tertulis dan Penugasan
|
Pilihan Ganda/Isian Singkat/Essa
|
Kisi-kisi dan lembar soal
|
Penilaian Keterampilan
|
Observasi
|
Pengamatan Langsung
|
Jurnal/lembar Observasi
|
|
Mengetahui
Kepala SMAN 1 Rendang
I Putu Sudibawa, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801 1001
|
Rendang, Januari 2020
Guru Pendidikan Agama Hindu
dan Budi Pekerti
I Made Yuda Asmara.S.Pd.H.,M.Pd
NIP. 19870912 201101 1 009
|
|
|
EmoticonEmoticon