|
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
Nama Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Rendang
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : XII/1
Materi Pokok : weda
sebagai sumber Hukum Hindu
Alokasi Waktu : 9 x 45 menit
Tujuan
Pembelajaran
|
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik menggunakan
model PBL peserta didik dapat:
1.
Menghayati dan mengamalkan
ajaran weda sebagai sumber Hukum Hindu.
2. Memahami klasifikasi weda sebagai sumber hukum
Hindu.
3. Menyajikan klasifikasi weda sebagai sumber hukum Hindu
|
||||||||||||||||
Proses
Pembelajaran
|
A.
PENDAHULUAN
1.
Mengucapkan
salam ”Om Swastyastu”,dan
melantukan salah satu mantra Dainika
Upasana (doa sehari-hari) (Religius
PPK).
2.
Guru
mempersiapkan kelas, menanyakan kabar siswa serta memberi motivasi, Guru
memberikan Apersepsi dan menyampaikan topik, tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model pembelajaran yaitu PBL
B.
KEGIATAN INTI
1. Peserta didik mengamati pembelajaran dan
menganalisis mengenai materi tentang ajaran weda sebagai sumber hukum Hindu;
2. Peserta didik mencari tahu dan
mampu menunjukkan weda sebagai sumber hukum Hindu;
3. Peserta didik membedakan dan membandingkan
problem-problem dalam kehidupan mengenai bagain –bagian ajaran Weda;
4. Peserta didik dapat mengklasifikasikan
ajaran weda
sebagai sumber hukum Hindu
5. Mengkomunikasikan hasil analisis yang telah
dilakukan dan melakukan proses tanya jawab terkain ajaran weda
sebagai sumber hukum Hindu;
6. Peserta didik bersama dengan guru menyimpulkan hasil
analisis yang telah dilakukan yang berhubungan dengan ajaran weda
sebagai sumber hukum Hindu;
C.
PENUTUP
·
Guru dan Siswa
melakukan refleksi diri, menyanyikan salah satu lagu Nasional (Nasionalis
PPK), memberikan reward, (penghargaan) pada siswa yang aktif dan semangat
belajar serta menyampaikan indikator yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya. Menutup pembelajaran Parama Santi “Om Santih, Santih, Santih Om”
|
||||||||||||||||
Penilaian
|
|
Mengetahui
Kepala SMAN 1 Rendang
I Putu Sudibawa, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801 1001
|
Rendang, Januari 2020
Guru Pendidikan Agama Hindu
dan Budi Pekerti
I Made Yuda Asmara.S.Pd.H.,M.Pd
NIP. 19870912 201101 1 009
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
Nama Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Rendang
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : XII/1
Materi Pokok : Sejarah
Perkembangan Kebudayaan Hindu di Dunia
Alokasi Waktu : 9 x 45 menit
Tujuan
Pembelajaran
|
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik menggunakan
model PBL peserta didik dapat:
1.
Menghayati
perkembangan agama Hindu di dunia.
2. Peduli terhadap
perkembangan agama Hindu di dunia
3. Memahami sejarah
perkembangan kebudayaan Hindu di dunia
4. Menyaji bukti-bukti
prasejarah dan sejarah perkembangan agama Hindu di dunia
|
||||||||||||||||
Proses
Pembelajaran
|
A.
PENDAHULUAN
1.
Mengucapkan
salam ”Om Swastyastu”,dan
melantukan salah satu mantra Dainika
Upasana (doa sehari-hari) (Religius
PPK).
2.
Guru
mempersiapkan kelas, menanyakan kabar siswa serta memberi motivasi, Guru
memberikan Apersepsi dan menyampaikan topik, tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model pembelajaran yaitu PBL
B.
KEGIATAN INTI
1. Peserta didik mengamati pembelajaran dan
menganalisis mengenai materi tentang ajaran sejarah perkembangan kebudayaan
Hindu di dunia;
2. Peserta didik mencari tahu dan
mampu menunjukkan bukti-bukti sejarah perkembangan kebudayaan Hindu;
3. Peserta didik dapat Menyaji bukti-bukti prasejarah
dan sejarah perkembangan agama Hindu
4. Mengkomunikasikan hasil analisis yang telah
dilakukan dan melakukan proses tanya jawab terkain ajaran Sejarah
Agama Hindu;
5. Peserta didik bersama dengan guru menyimpulkan hasil
analisis yang telah dilakukan yang berhubungan dengan ajaran Sejarah
Agama Hindu;
C.
PENUTUP
·
Guru dan Siswa
melakukan refleksi diri, menyanyikan salah satu lagu Nasional (Nasionalis
PPK), memberikan reward, (penghargaan) pada siswa yang aktif dan semangat
belajar serta menyampaikan indikator yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya. Menutup pembelajaran Parama Santi “Om Santih, Santih, Santih Om”
|
||||||||||||||||
Penilaian
|
|
Mengetahui
Kepala SMAN 1 Rendang
I Putu Sudibawa, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801 1001
|
Rendang, Januari 2020
Guru Pendidikan Agama Hindu
dan Budi Pekerti
I Made Yuda Asmara.S.Pd.H.,M.Pd
NIP. 19870912 201101 1 009
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
Nama Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Rendang
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : XII/1
Materi Pokok : Yantra
Tantra dan Mantra
Alokasi Waktu : 12 x 45 menit
Tujuan
Pembelajaran
|
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik menggunakan
model PBL peserta didik dapat:
1.
Mengamalkan ajaran Yantra, Tantra dan Mantra dalam konsep Veda.
2. Mengamalkan
ajaran Yantra, Tantra dan Mantra dalam
kehidupan nyata
3. Menerapkan ajaran Yantra, Tantra dan Mantra
4. Menyajikan ajaran Yantra, Tantra dan Mantra
|
||||||||||||||||
Proses
Pembelajaran
|
A.
PENDAHULUAN
1.
Mengucapkan
salam ”Om Swastyastu”,dan
melantukan salah satu mantra Dainika
Upasana (doa sehari-hari) (Religius
PPK).
2.
Guru
mempersiapkan kelas, menanyakan kabar siswa serta memberi motivasi, Guru
memberikan Apersepsi dan menyampaikan topik, tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model pembelajaran yaitu PBL
B.
KEGIATAN INTI
1. Peserta didik mengamati pembelajaran dan
menganalisis mengenai materi tentang ajaran Yantra,
Tantra dan Mantra dalam konsep Veda
2. Peserta didik mencari tahu dan
mampu menunjukkan contoh-contoh ajaran Yantra,
Tantra dan Mantra dalam kehidupan nyata;
3. Peserta didik dapat menerapkan
ajaran Yantra, Tantra dan Mantra dalam kehidupan
nyata.
4. Mengkomunikasikan hasil analisis yang telah
dilakukan dan melakukan proses tanya jawab terkait ajaran Yantra, Tantra dan Mantra dalam kehidupan nyata;
5. Peserta didik bersama dengan guru menyimpulkan hasil
analisis yang telah dilakukan yang berhubungan dengan penerapan ajaran Yantra, Tantra dan Mantra dalam kehidupan nyata;
C.
PENUTUP
·
Guru dan Siswa
melakukan refleksi diri, menyanyikan salah satu lagu Nasional (Nasionalis
PPK), memberikan reward, (penghargaan) pada siswa yang aktif dan semangat
belajar serta menyampaikan indikator yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya. Menutup pembelajaran Parama Santi “Om Santih, Santih, Santih Om”
|
||||||||||||||||
Penilaian
|
|
Mengetahui
Kepala SMAN 1 Rendang
I Putu Sudibawa, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801 1001
|
Rendang, Januari 2020
Guru Pendidikan Agama Hindu
dan Budi Pekerti
I Made Yuda Asmara.S.Pd.H.,M.Pd
NIP. 19870912 201101 1 009
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
Nama Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Rendang
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : XII/1
Materi Pokok : Astangga Yoga dan Moksha
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
Tujuan
Pembelajaran
|
Melalui model pembelajaran Discovery Learning, peserta didik
dapat memahami pengetahuan konseptual tentang ajaran Moksha, menyajikan astangga yoga sebagai implementasi
ajaran Moksha dalam pembentukan Budi Pekerti luhur di era globalisasi, serta
mengembangkan nilai karakter berpikir kritis, kreatif (kemandirian), kerjasama (gotong
royong) dan kejujuran (integritas
|
||||||||||||||||
Proses
Pembelajaran
|
A.
PENDAHULUAN
1.
Mengucapkan
salam ”Om Swastyastu”,dan
melantukan salah satu mantra Dainika
Upasana (doa sehari-hari) (Religius
PPK).
2.
Guru
mempersiapkan kelas, menanyakan kabar siswa serta memberi motivasi, Guru
memberikan Apersepsi dan menyampaikan topik, tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model pembelajaran yaitu Discovery
Learning
B.
KEGIATAN INTI
1.
Guru menampilkan
gambaran materi pembelajaran dan siswa membaca buku paket atau bahan ajar
sesuai topik pembelajaran (stimulasi/pemberian rangsangan) (Literasi)
2.
Siswa menanyakan
tentang topik pembelajaran yang belum dipahami (Problem Statement atau
Identifikasi Masalah) mengenai ajaran Astangga Yoga dan Moksha
3.
Guru membentuk
kelompok dan siswa diminta mengumpulkan data (Data Collection) sesuai
bagian-bagian dari ajaran Astangga Yoga dan Moksha
4.
Siswa merancang
dan mendiskusikan materi sesuai pembagian tugas masing-masing kelompok yang
akan mempresentasikan (Data Processing/Pengolahan Data) (Kreativitas )
5.
Guru memberikan
penguatan untuk memperoleh kesimpulan mengenai ajaran Astangga Yoga dan
Moksha dengan
mengajukan pertanyaan dan Siswa membuat kesimpulan (Generalization/menarik
Kesimpulan) (Kreativitas)
C.
PENUTUP
·
Guru dan Siswa melakukan refleksi diri, menyanyikan
salah satu lagu Nasional (Nasionalis PPK), memberikan reward, (penghargaan)
pada siswa yang aktif dan semangat belajar serta menyampaikan indikator yang
akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. Menutup pembelajaran Parama Santi
“Om Santih, Santih, Santih Om”
|
||||||||||||||||
Penilaian
|
|
Mengetahui
Kepala SMAN 1 Rendang
I Putu Sudibawa, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801 1001
|
Rendang, Januari 2020
Guru Pendidikan Agama Hindu
dan Budi Pekerti
I Made Yuda Asmara.S.Pd.H.,M.Pd
NIP. 19870912 201101 1 009
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
Nama Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Rendang
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : XII/1
Materi Pokok : Ajaran Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha
Alokasi Waktu : 9 x 45 menit
Tujuan
Pembelajaran
|
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik menggunakan
model PBL peserta didik dapat:
1.
Menghayati
konsep ajaran yang tertuang dalam Dasa
Yama Bratha dan Dasa Nyama Brata.
2.
Berprilaku
jujur dan disiplin menjalankan ajaran Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha
dalam pergaulan hidup
3.
Memahami
ajaran Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha dalam kehidupan sehari-hari
4. Menyajikan dan
menguraikan contoh-contoh Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha dalam
kehidupan sehari-hari
|
||||||||||||||||
Proses
Pembelajaran
|
A.
PENDAHULUAN
1.
Mengucapkan
salam ”Om Swastyastu”,dan
melantukan salah satu mantra Dainika
Upasana (doa sehari-hari) (Religius
PPK).
2.
Guru
mempersiapkan kelas, menanyakan kabar siswa serta memberi motivasi, Guru
memberikan Apersepsi dan menyampaikan topik, tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model pembelajaran yaitu PBL
B.
KEGIATAN INTI
1. Peserta didik mengamati pembelajaran dan
menganalisis mengenai materi tentang ajaran Dasa Yama Bratha
dan Dasa Nyama Bratha
2. Peserta didik mencari tahu dan
mampu menunjukkan contoh-contoh Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha;
3. Peserta didik dapat menerapkan
ajaran Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha.
4. Mengkomunikasikan hasil analisis yang telah
dilakukan dan melakukan proses tanya jawab terkait ajaran Dasa
Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha;
5. Peserta didik bersama dengan guru menyimpulkan hasil
analisis yang telah dilakukan yang berhubungan dengan penerapan ajaran Dasa
Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha;
C.
PENUTUP
·
Guru dan Siswa
melakukan refleksi diri, menyanyikan salah satu lagu Nasional (Nasionalis
PPK), memberikan reward, (penghargaan) pada siswa yang aktif dan semangat
belajar serta menyampaikan indikator yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya. Menutup pembelajaran Parama Santi “Om Santih, Santih, Santih Om”
|
||||||||||||||||
Penilaian
|
|
Mengetahui
Kepala SMAN 1 Rendang
I Putu Sudibawa, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801 1001
|
Rendang, Januari 2020
Guru Pendidikan Agama Hindu
dan Budi Pekerti
I Made Yuda Asmara.S.Pd.H.,M.Pd
NIP. 19870912 201101 1 009
|
EmoticonEmoticon