Thursday, October 31, 2019

SILABUS KELAS XII



SILABUS  PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan           :    SMA / SMK
Kelas                                  :    XII
Semester                             :    I
Mata Pelajaran                 :    Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi Pokok                    :    Weda sebagai Sumber Hukum Hindu
Kompetensi Inti                      : 
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan



Kompetensi
Dasar
Idikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Nilai Pend Karakter
Penilaian

Sumber Belajar

Teknik
Bentuk Instrumen
1.1
















Menghayati dan mengamalkan Weda sebagai sumber Hukum Hindu yang tertuang dalam Weda Sruti dan Smrti





-Menghayati dan mewujudkan dalam prilaku keseharian prinsip hukum Hindu yang bersumber dari Weda Sruti dan Smerti

- Meyakini hukum Hindu dapat mewujudkan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat
-Mengembangkan rasa keyakinan, kebenaran Weda Sruti dan Smrti sebagai sumber hukum Hindu.





Religius





Pengamatan /observasi
Jurnal pengamatan Spiritual





2.1
Menghayati dan mengamalkan prilaku disiplin ajaran Weda sebagai sumber Hukum Hindu
- Disiplin melaksanakan hukum Hindu dalam kehidupan



- Mengembangkan sikap ingin tahu pada sistem hukum Hindu
-Siswa dapat menunjukkan prilaku disiplin dalam menjalankan Weda Sruti dan Smrti untuk mencapai kedamaian hidup




Desiplin dan tanggung jawab
Jurnal pengamatan Sikap Sosial
3.1







Memahami klasifikasi Weda sebagai sumber Hukum Hindu



- Menentukan makna dan hakikat   Weda sebagai sumber Hukum Hindu

- Mengkodifikasikan  Weda sebagai sumber Hukum Hindu.


- Menganalisis perkembangan Hukum Hindu
- Menentukan yang termasuk sebagai sumber-sumber Hukum Hindu

- Menunjukkan persamaan dan perbedaan peran Hukum Hindu dengan Hukum Nasional
Weda sebagai Sumber Hukum Hindu
-Menemukan makna dan hakikat Weda sebagai sumber hukum Hindu



-Memaparkan tentang Weda sebagai sumber hukum Hindu.





-Mampu menganalisa perkembangan Hukum Hindu

-Mampu menjabarkan sumber-sumber hukum Hindu.




-Mampu menentukan persamaan dan perbedaan peran hukum Hindu dengan Hukum Nasional
Religius




Disiplin, Percaya Diri, Mandiri, Bertanggung Jawab
Test





Test








Test


Test





Test
Esay





Test Benar Salah






Essay


Make a match
(menjodohkan)


Essay



Buku Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK kelas XII

4.1
Menyajikan klasifikasi Weda sebagai sumber hukum Hindu
- Menyesuaikan Sloka-sloka yang berkaiatan dengan sumber Hukum Hindu



- Menunjukkan dengan contoh penerapan Hukum Hindu di masyarakat


- Menunjukkan dengan contoh bentuk hubungan hukum Hindu dengan budaya dan adat istiadat di daerah masing-masing


- Menyaji pengaruh hukum Hindu terhadap hukum adat di Bali yang bertumpu pada Tri Hita Karana
Weda sebagai Sumber Hukum Hindu
-Mampu menemukan sloka –sloka yang berkaitan dengan sumber hukum Hindu



-Melalui kegiatan presentasi siswa mampu menganalisis contoh penerapan Hukum Hindu di masyarakat


-Mampu memaparkan hubungan hukum Hindu dengan budaya dan adat istiadat di daerah masing-masing





-Mendemontrasikan pengaruh hukum Hindu terhadap hukum Adat di Bali yang bertumpu pada Tri Hita Karana
Mandiri, Percaya diri, Bertanggung Jawab
Penugasan





Presentasi




Penugasan









Presentasi
Terstruktur

Tidak
Terstruktur


Unjuk
Kerja



Terstruktur








Unjuk Kerja






SILABUS  PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan           :    SMA/SMK
Kelas                                  :    XII
Semester                             :    I
Mata Pelajaran                 :    Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi Pokok                    :    Sejarah Perkembangan Kebudayaan Hindu di Dunia
Kompetensi Inti                      : 
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan



Kompetensi
Dasar
Idikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Nilai Pend Karakter
Penilaian

Sumber Belajar

Teknik
Bentuk Instrumen
1.2








Menghayati perkembangan agama Hindu di dunia
- Menghormati warisan kebudayaan para leluhur

- Bersyukur mewarisi peninggalan para leluhur


- Membiasakan menjaga dan melestarikan warisan kebudayaan Hindu sebagai aset bersama
-Membiasakan diri berdoa untuk menghormati para leluhur pelaku sejarah


-Senantiasa mensyukuri warisan peninggalan para leluhur




-Mampu menjaga dan melestarikan wariasan kebudayaan Hindu sebagai asset bersama
Religius










Desiplin, sopan santun dan tanggung jawab
Pengamatan
Jurnal pengamatan Spiritual








Jurnal pengamatan Sikap Sosial



2.2
Peduli terhadap perkembangan agama Hindu di dunia
Mengembangkan sikap ingin tahu terhadap nilai-nilai mulya peninggalan kebudayaan Hindu

Mengembangkan prilaku bertanggung jawab dalam ikut melestarikan kebudaayan para leluhur
-Siswa mampu mengembangkan sikap ingin tahu terhadap nilai-nilai mulya peninggalan kebudayaan Hindu




-Siswa mampu menembangkan prilaku bertanggung jawab dalam ikut melestarikan kebudayaan para leluhur
Rasa ingin tahu





Bertanggung jawab
Pengamatan
Jurnal pengamatan Sikap Sosial
3.2







Memahami sejarah perkembangan kebudayaan Hindu di dunia


- Menguraikan kebudayaan prasejarah dan sejarah kebudayaan Hindu di dunia

- Menjelaskan sejarah perkembangan kebudayaan Hindu di India dan luar India

- Menjelaskan teor-teori masuknya agama Hindu ke Indonesia

- Menyebutkan peninggalan sastra-sastra Hindu yang pernah ada dan dipakai dalam peradaban manusia

- Menjelaskan kebudayaan Hindu nyang dikenal ditingkat Internasional
Sejarah Perkembangan Kebudayaan Hindu di Dunia
-Mampu menjabarkan kebudayaan prasejarah dan sejarah kebudayaan Hindu d dunia




-Mampu menggambarkan sejarah perkembangan kebudayaan Hindu di India dan luar India




-Mampu menggali teori-teori masuknya agama Hindu ke Indonesia




-Mampu mengidentifikasi peninggalan-peninggalan sastra-sastra Hindu yang pernah ada dan dipakai dalam peradaban Hindu





-Mampu menunjukkan kebudayaan Hindu yang dikenal ditingkat Internasional
Religius, Mandiri, Disiplin, Percaya Diri, Bertanggung Jawab



Test



Test






Test






Test





Test








Test
Esay



Test Benar-Salah




Essay






Essay





Make a match
(menjodohkan)





Pilihan Ganda
Buku Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK kelas XII, Pendidikan dan kebudayaan.

4.2
Menyaji bukti-bukti prasejarah dan sejarah perkembangan agama Hindu di dunia
- Menyaji bukti-bukti peninggalan masyarakat Prasejarah yang ada kaitanya dengan kegiatan keagamaan

- Menyaji bukti-bukti peninggalan kebudayaan Hindu yang bersifat monumental yang ada di dunia

- Menyaji bukti-bukti sejarah agama Hindu dalam bentuk gambar, karya tulis, tembang, seni ukir, drama dan tari

- Menunjukkan dengan contoh upaya-upaya kongkrit pelestarian peninggalan kebudayaan Hindu di Indonesia
Sejarah Perkembangan Kebudayaan Hindu di Dunia
-Menunjukkan  gambar/video bukti-bukti peninggalan masyarakat Prasejaran yang ada kaitannya dengan kegiatan keagamaan





-Mampu menunjukkan bukti-bukti peninggalan kebudayaan Hindu yang bersifat monumental yang ada di dunia






-Melalui kegiatan presentasi siswa mampu menunjukkan bukti-bukti sejarah agama Hindu dalam bentuk gambar, karya tulis, tembang, seni ukir, drama dan tari




-Mampu menunjukkan upaya –upaya kongkrit pelestarian peninggalan kebudayaan Hindu di Indonesia
Percayadiri, mandiri, disiplin, bertanggung jawab
Penugasan








Penugasan









Presentasi








Penugasan
Terstruktur








Terstruktur









Unjuk Kerja







Terstruktur






















SILABUS  PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan           :    SMA/SMK
Kelas                                  :    XII
Semester                             :    I
Mata Pelajaran                 :    Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi Pokok                    :    Yantra, Tantra, dan Mantra
Kompetensi Inti                      : 
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


Kompetensi
Dasar
Idikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Nilai Pend Karakter
Penilaian

Sumber Belajar

Teknik
Bentuk Instrumen
1.3










Menghayati dan mengamalkan perilaku penghayatan ajaran Yantra, Tantra dan Mantra dalam konsep Weda


Mengembangkan sikap bhakti kehadapan ida Sanghyang Widhi dengan mengamalkan ajaran Tnantra, Yantra dan Mantra

Membiasakn mengucapkan doa dalam melakukan kegiatan sebagai imlementasi ajaran Tantra, Yantra dan Mantra

-Melaksanakan persembahyangan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi serta mengamalkan ajaran Tantra, Yantra, dan Mantra





-Senantiasa mengucapkan doa dalam melakukan kegiatan sebagai implementasi ajaran Tantra, Yantra, dan Mantra
Religius



Pengamatan
Jurnal pengamatan Spiritual



2.3
Disiplin menjalankan ajaran Yantra, Tantra dan Mantra dalam kehidupan nyata
Mengembangkan sikap ingin tahu pada ajaran Tantra, Yantra dan mantra


Disiplin dalam melaksanakan ajaran tantra, Yantra dan Mantra dalam kehidupan
-Mampu mengembangkan sikap ingin tahu pada ajaran Tantra, Yantra, dan Mantra




-Mampu melaksankan ajaran Tantra, Yantra, dan Mantra dalam kehidupan
Rasa Ingin Tahu




Disiplin dan bertanggung Jawab
Pengamatan






Jurnal Pengamatan Sikap
3.3







Menerapkan ajaran Yantra, Tantra dan Mantra

-Menerapkan Tantra, Yantra dan Mantra

- Menguraikan fungsi dan manfaat Tantra, Yantra dan Mantra
- Menguraikan hubungan Yantra,Tantra dan Mantra

- Menguraikan tujuan dan dampak mempraktekkan ajaran Tantra, Yantra dan Mantra
Tantra, Yantra, dan Mantra
-Mampu menjelaskan pengertian tantra, yantra , dan mantra



-Mampu menjabarkan fungsi dan manfaat Tantra, Yantra, dan Mantra




-Mampu menjabarkan hubungan Tantra ,Yantra, dan Mantra



-Mampu menguraikan tujuan dan dampak mempraktekan ajaran Tantra, Yantra dan Mantra
Percaya diri, disiplin, mandiri, bertanggung jawab


Test




Test






Test





Test
Esay




Pilihan Ganda






Benar-Salah




Essay
Buku Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK kelas XII,
4.3
Mempraktekkan ajaran Yantra, Tantra dan  Mantra dalam kehidupan
-Menyaji contoh-contoh pelaksanaan  Tantra


- Menunjukkan bentuk-bentuk Yantra, Tantra dan Mantra yang dipergunakan dalam praktik kehidupan beragama


- Mempraktikkan membuat bentuk Yantra,Tantra dan Mantra

- Melafalkan beberapa Sloka Mantra
Tantra, Yantra, dan Mantra
Dengan kegiatan presentasi siswa dapat menunjukan contoh contoh pelaksanaan ajaran Tantra


-Mampu menyajikan bentuk-bentuk Tantra, yantra dan Mantra yang digunkan dalam praktik kehidupan beragama






-Mampu mempraktikkan benyuk Yantra, Tantra, dan Mantra



-Melalui kegiatan presentasi siswa mampu melafalkan beberapa sloka mantra
Disiplin, tanggung jawab, sopan santun, percaya diri.
Presentasi




Penugasan









Penugasan




presentasi
Unjuk kerja




Terstruktur









Terstruktur




Unjuk Kerja














Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Satuan Pendidikan      : SMK
Kelas/Semester            XII/II
Kompetensi Inti
 KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
 KI 2: Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, pedulisantun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktifdan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
 KI 3:Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda  sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar
IPK
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Karakter
Sumber Belajar
1.4  Mengamalkan konsep Astangga Yoga dalam upaya mencapai Moksa


2.4 Disiplin menjalankan Astangga Yoga dalam upaya mencapai Moksa

3.4 Memahami Astangga Yoga untuk mencapai Moksa












4.4 Menyajikan Astangga Yoga untuk mencapai Moksa


·         Mengucapkan doa mulai belajar
·         Menunjukkan sikap sempurna dalam pengucapan doa mulai belajar


·         Mampu hadir tepat waktu
·         Memposisikan duduk sesuai denah tempat duduk

·         Menggali informasi tentang Ajaran Astangga Yoga
·         Menguraikan Bagian-bagian Astangga Yoga
·         Menguraikan Hambatan dan Tantangan dalam Penerapan Astangga Yoga


·         Mengidentifikasi Manfaat Ajaran Astangga Yoga untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani
·         Mengidentifikasi Penerapan Astangga Yogadalam Mencapai Moksha

·         Menerapkan Astangga Yoga sebagai Dasar Pembentukan Budi Pekerti Luhur Dalam Zaman Globalisasi
Astangga Yoga
·      Mengembangkan cara hidup sehat jasmani dan rohani
·      Disiplin dalam menjalankan Astangga Yoga demi kedamaian

Mengamati :
·      Mendengarkan Pendidik menjelaskan Astangga Yoga
·      Pendidik menunjukkan contoh sikap-sikap Yoga dan peserta didik menirukan dengan benar

Menanya:
·      Menanyakan manfaat Hatta Yoga dan Yoga Asanas dalam kehidupan
·      Pendidik memberikan kesempatan secara bergantian memperagakan Astangga Yoga

Mengeksplorasi/Mengumpulkan informasi :
·      Mempresentasikan dan mempraktikkan berbagai gerakan Astangga Yoga
·      Mengumpulkan data-data manfaat melaksanakan Astangga Yoga dalam kehidupan

Mengasosiasi/Menalar
·      Mengungkapkan contoh masing-masing bagian dalam Astangga Yoga
·      Menganalisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam penerapan Astangga Yoga maupun dalam praktik-praktik Yoga

Mengomunikasikan :
·      Membuat hasil laporan dan kesimpulan manfaat melaksanakan Yoga terhadap kesehatan jasmani-rohani
·      Peserta didik membuat dalam bentuk gambar-gambar/fotokegiatan latihan Yoga
Sikap Spiritual :
·      Sehat jasmani-rohani dengan melakukan Yoga Asanas (Penilaian diri/Self assessment )

Sikap Sosial
·      Disiplin dan saling mencintai terhadap seluruh mahluk  (Penilaian teman sebaya/peer assessment)


Tugas :
·      Membuat ringkasan materi Yoga
·      Mempraktikkan Yoga dan Meditasi dalam kehidupan sehari-hari


Observasi
·      Mengumpulkan hasil pengamatan pelaksanaan praktik Yoga dan meditasi dalam masyarakat


Portofolio
·      Peserta didik membuat laporan manfaat latihan Yoga dan tanggapan terhadap ajaran Yoga

Tes :
Tes Tertulis, lisan materi Yoga
Religius












Disiplin




Mandiri



Rasa ingin tahu










Kreatif







Komunikatif











Mandiri
Buku Pendidikan Agama Hindu dan Budi pekerti KLS XII
1.5  Menghayati konsep ajaran  yang tertuang dalam Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha 

2.5 Berprilaku jujur dan disiplin menjalankan ajaran Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha dalam pergaulan hidup

3.5 memahami ajaran Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha dalam kehidupan sehari-hari





4. 5 Menyajikan dan menguraikan contoh-contoh Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha dalam kehidupan sehari-hari
·    Mengucapkan doa mulai belajar

·    Menunjukkan sikap sempurn dalam pengucapan doa mulai belajar

·    Mampu hadir tepat waktu
·    Memposisikan duduk sesuai denah tempat duduk


·    Menjelaskan ajaran Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha
·    Menguraikan bagian-bagian Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha
·    Mengemukakan sumber-sumber kitab yang mendukung terwujudnya Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha
·    Menjelaskan tujuan dan manpaat ajaran Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha dalam pembentukan kepribadian
·    Menyaji Catur Marga Yoga dalam kehidupan sehari-hari
·      Menunjukkan dengan contoh kategori pengendalian atas ucapan dalam Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha
·         Menganalisis penerapan Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha melalui cerita rakyat
Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha 
·      Mengembangkan perbuatan dharma dengan menjalankan Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha untuk menjaga keharmonisan hidup
·      Disiplin dalam ajaran Dasa Yama Bratha dan Nyama Bratha untuk mencapai kedamaian hidup

Mengamati :
·      Menyimak paparan ajaran Dasa Yama Bratha dan Nyama Bratha
·      Mengamati sikap prilaku temanya yang sesuai dengan Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha

Menanya :
·      Menanyakan penjelasan bagian-bagian Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha
·      Pendidik memberikan kesempatan menjawab hakikat Ahimsa dalam upaya menjaga keseimbangan dan kedamaian dalam kehidupan

Mengeksplorasi/mengumpulkan informasi  :
·      Mengumpulkan data contoh sikap hidup sesuai dengan Dasa Yama Bratha dan Nyama Bratha
·      Mengumpulkan sumber-sumber kitab untuk mendukung terwujudnya Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha dalam kehidupan

Mengasosiasi/Menalar :
·      Menyimpulkan manfaat ajaran Dasa Yama Bratha dan Nyama Bratha
·      Menganalisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam penerapan Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha

Mengkomunikasikan :
·      Menyampaikan hasil belajar dalam bentuk tulisan tujuan masing-masing bagian Dasa Yama Bratha dan Nyama Bratha
·      Membuat karikatur pengalaman ajaran Dasa Yama Bratha dan Nyama Brata
Religius






Disiplin






Rasa Ingin Tahu






















Mandiri











Kreatif







hubungi saya via WA : 085237290333.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon