SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan :
SMA / SMK
Kelas
: XII
Semester
: I
Mata
Pelajaran
: Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi
Pokok
: Weda sebagai Sumber Hukum Hindu
Kompetensi
Inti
:
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Idikator Pencapaian
Kompetensi
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai
Pend Karakter
|
Penilaian
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
1.1
|
Menghayati dan mengamalkan Weda sebagai sumber Hukum Hindu yang
tertuang dalam Weda Sruti dan Smrti
|
-Menghayati dan mewujudkan dalam prilaku keseharian prinsip
hukum Hindu yang bersumber dari Weda Sruti dan Smerti
- Meyakini hukum Hindu dapat mewujudkan ketertiban dalam
kehidupan bermasyarakat
|
-Mengembangkan rasa keyakinan, kebenaran Weda Sruti dan
Smrti sebagai sumber hukum Hindu.
|
Religius
|
Pengamatan /observasi
|
Jurnal
pengamatan Spiritual
|
||
2.1
|
Menghayati dan mengamalkan prilaku disiplin ajaran Weda sebagai
sumber Hukum Hindu
|
- Disiplin melaksanakan hukum Hindu dalam kehidupan
- Mengembangkan sikap ingin tahu pada sistem hukum Hindu
|
-Siswa dapat menunjukkan prilaku disiplin dalam
menjalankan Weda Sruti dan Smrti untuk mencapai kedamaian hidup
|
Desiplin
dan tanggung jawab
|
Jurnal
pengamatan Sikap Sosial
|
|||
3.1
|
Memahami klasifikasi Weda sebagai sumber Hukum Hindu
|
- Menentukan makna dan hakikat
Weda sebagai sumber Hukum Hindu
- Mengkodifikasikan Weda sebagai sumber
Hukum Hindu.
- Menganalisis perkembangan Hukum Hindu
- Menentukan yang termasuk sebagai
sumber-sumber Hukum Hindu
- Menunjukkan persamaan dan perbedaan
peran Hukum Hindu dengan Hukum Nasional
|
Weda sebagai Sumber Hukum Hindu
|
-Menemukan makna dan hakikat Weda sebagai
sumber hukum Hindu
-Memaparkan tentang Weda sebagai sumber
hukum Hindu.
-Mampu menganalisa perkembangan Hukum
Hindu
-Mampu menjabarkan sumber-sumber hukum Hindu.
-Mampu menentukan persamaan dan
perbedaan peran hukum Hindu dengan Hukum Nasional
|
Religius
Disiplin,
Percaya Diri, Mandiri, Bertanggung Jawab
|
Test
Test
Test
Test
Test
|
Esay
Test Benar Salah
Essay
Make a match
(menjodohkan)
Essay
|
Buku
Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK kelas XII
|
4.1
|
Menyajikan klasifikasi Weda sebagai sumber hukum Hindu
|
- Menyesuaikan Sloka-sloka yang berkaiatan dengan
sumber Hukum Hindu
- Menunjukkan dengan contoh penerapan Hukum Hindu di masyarakat
- Menunjukkan dengan contoh bentuk hubungan hukum Hindu dengan
budaya dan adat istiadat di daerah masing-masing
- Menyaji pengaruh hukum Hindu terhadap hukum adat di Bali yang
bertumpu pada Tri Hita Karana
|
Weda sebagai Sumber Hukum Hindu
|
-Mampu menemukan sloka –sloka
yang berkaitan dengan sumber hukum Hindu
-Melalui kegiatan presentasi siswa mampu menganalisis contoh
penerapan Hukum Hindu di masyarakat
-Mampu memaparkan hubungan hukum Hindu
dengan budaya dan adat istiadat di daerah masing-masing
-Mendemontrasikan pengaruh hukum Hindu
terhadap hukum Adat di Bali yang bertumpu pada Tri Hita Karana
|
Mandiri, Percaya
diri, Bertanggung Jawab
|
Penugasan
Presentasi
Penugasan
Presentasi
|
Terstruktur
Tidak
Terstruktur
Unjuk
Kerja
Terstruktur
Unjuk Kerja
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan :
SMA/SMK
Kelas
: XII
Semester
: I
Mata
Pelajaran
: Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi
Pokok
: Sejarah Perkembangan Kebudayaan Hindu di Dunia
Kompetensi
Inti
:
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Idikator Pencapaian
Kompetensi
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai
Pend Karakter
|
Penilaian
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
1.2
|
Menghayati perkembangan agama Hindu di dunia
|
- Menghormati
warisan kebudayaan para leluhur
-
Bersyukur mewarisi peninggalan para leluhur
-
Membiasakan menjaga dan melestarikan warisan kebudayaan Hindu sebagai aset
bersama
|
-Membiasakan diri berdoa untuk menghormati para leluhur
pelaku sejarah
-Senantiasa mensyukuri warisan peninggalan para leluhur
-Mampu menjaga dan melestarikan wariasan kebudayaan Hindu
sebagai asset bersama
|
Religius
Desiplin,
sopan santun dan tanggung jawab
|
Pengamatan
|
Jurnal
pengamatan Spiritual
Jurnal
pengamatan Sikap Sosial
|
||
2.2
|
Peduli
terhadap perkembangan agama Hindu di dunia
|
Mengembangkan
sikap ingin tahu terhadap nilai-nilai mulya peninggalan kebudayaan Hindu
Mengembangkan
prilaku bertanggung jawab dalam ikut melestarikan kebudaayan para leluhur
|
-Siswa mampu mengembangkan sikap ingin tahu terhadap
nilai-nilai mulya peninggalan kebudayaan Hindu
-Siswa mampu menembangkan prilaku bertanggung jawab dalam
ikut melestarikan kebudayaan para leluhur
|
Rasa ingin tahu
Bertanggung jawab
|
Pengamatan
|
Jurnal
pengamatan Sikap Sosial
|
||
3.2
|
Memahami sejarah perkembangan kebudayaan Hindu di dunia
|
- Menguraikan
kebudayaan prasejarah dan sejarah kebudayaan Hindu di dunia
-
Menjelaskan sejarah perkembangan kebudayaan Hindu di India dan luar India
-
Menjelaskan teor-teori masuknya agama Hindu ke Indonesia
-
Menyebutkan peninggalan sastra-sastra Hindu yang pernah ada dan dipakai dalam
peradaban manusia
-
Menjelaskan kebudayaan Hindu nyang dikenal ditingkat Internasional
|
Sejarah
Perkembangan Kebudayaan Hindu di Dunia
|
-Mampu menjabarkan kebudayaan
prasejarah dan sejarah kebudayaan Hindu d dunia
-Mampu menggambarkan sejarah
perkembangan kebudayaan Hindu di India dan luar India
-Mampu menggali teori-teori masuknya
agama Hindu ke Indonesia
-Mampu mengidentifikasi
peninggalan-peninggalan sastra-sastra Hindu yang pernah ada dan dipakai dalam
peradaban Hindu
-Mampu menunjukkan kebudayaan Hindu
yang dikenal ditingkat Internasional
|
Religius, Mandiri,
Disiplin, Percaya Diri, Bertanggung Jawab
|
Test
Test
Test
Test
Test
Test
|
Esay
Test Benar-Salah
Essay
Essay
Make a match
(menjodohkan)
Pilihan Ganda
|
Buku
Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK kelas XII,
Pendidikan dan kebudayaan.
|
4.2
|
Menyaji bukti-bukti
prasejarah dan sejarah perkembangan agama Hindu di dunia
|
- Menyaji
bukti-bukti peninggalan masyarakat Prasejarah yang ada kaitanya dengan
kegiatan keagamaan
-
Menyaji bukti-bukti peninggalan kebudayaan Hindu yang bersifat monumental
yang ada di dunia
-
Menyaji bukti-bukti sejarah agama Hindu dalam bentuk gambar, karya tulis,
tembang, seni ukir, drama dan tari
-
Menunjukkan dengan contoh upaya-upaya kongkrit pelestarian peninggalan
kebudayaan Hindu di Indonesia
|
Sejarah
Perkembangan Kebudayaan Hindu di Dunia
|
-Menunjukkan
gambar/video bukti-bukti peninggalan masyarakat Prasejaran yang ada kaitannya
dengan kegiatan keagamaan
-Mampu menunjukkan bukti-bukti
peninggalan kebudayaan Hindu yang bersifat monumental yang ada di dunia
-Melalui kegiatan presentasi siswa mampu menunjukkan
bukti-bukti sejarah agama Hindu dalam bentuk gambar, karya tulis, tembang,
seni ukir, drama dan tari
-Mampu menunjukkan upaya –upaya
kongkrit pelestarian peninggalan kebudayaan Hindu di Indonesia
|
Percayadiri,
mandiri, disiplin, bertanggung jawab
|
Penugasan
Penugasan
Presentasi
Penugasan
|
Terstruktur
Terstruktur
Unjuk Kerja
Terstruktur
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan :
SMA/SMK
Kelas
: XII
Semester
: I
Mata
Pelajaran
: Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi
Pokok
: Yantra, Tantra, dan Mantra
Kompetensi
Inti
:
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Idikator Pencapaian
Kompetensi
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai
Pend Karakter
|
Penilaian
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
1.3
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku penghayatan ajaran Yantra, Tantra dan Mantra dalam
konsep Weda
|
Mengembangkan sikap bhakti kehadapan ida Sanghyang Widhi dengan
mengamalkan ajaran Tnantra, Yantra dan Mantra
Membiasakn mengucapkan doa dalam melakukan kegiatan sebagai
imlementasi ajaran Tantra, Yantra dan Mantra
|
-Melaksanakan persembahyangan kehadapan Ida
Sang Hyang Widhi serta mengamalkan ajaran Tantra, Yantra, dan Mantra
-Senantiasa mengucapkan doa dalam
melakukan kegiatan sebagai implementasi ajaran Tantra, Yantra, dan Mantra
|
Religius
|
Pengamatan
|
Jurnal
pengamatan Spiritual
|
||
2.3
|
Disiplin menjalankan ajaran Yantra, Tantra dan Mantra dalam
kehidupan nyata
|
Mengembangkan sikap ingin tahu pada ajaran Tantra, Yantra dan
mantra
Disiplin dalam melaksanakan ajaran tantra, Yantra dan Mantra
dalam kehidupan
|
-Mampu mengembangkan sikap ingin tahu
pada ajaran Tantra, Yantra, dan Mantra
-Mampu melaksankan ajaran Tantra,
Yantra, dan Mantra dalam kehidupan
|
Rasa Ingin Tahu
Disiplin dan
bertanggung Jawab
|
Pengamatan
|
Jurnal Pengamatan Sikap
|
||
3.3
|
Menerapkan ajaran Yantra, Tantra
dan Mantra
|
-Menerapkan Tantra, Yantra dan Mantra
- Menguraikan fungsi dan manfaat Tantra, Yantra dan Mantra
- Menguraikan hubungan Yantra,Tantra
dan Mantra
- Menguraikan tujuan dan dampak mempraktekkan ajaran Tantra, Yantra dan
Mantra
|
Tantra, Yantra, dan Mantra
|
-Mampu menjelaskan pengertian tantra,
yantra , dan mantra
-Mampu menjabarkan fungsi dan manfaat
Tantra, Yantra, dan Mantra
-Mampu menjabarkan hubungan Tantra
,Yantra, dan Mantra
-Mampu menguraikan tujuan dan dampak
mempraktekan ajaran Tantra, Yantra dan Mantra
|
Percaya
diri, disiplin, mandiri, bertanggung jawab
|
Test
Test
Test
Test
|
Esay
Pilihan Ganda
Benar-Salah
Essay
|
Buku
Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK kelas XII,
|
4.3
|
Mempraktekkan ajaran Yantra, Tantra dan Mantra dalam
kehidupan
|
-Menyaji contoh-contoh pelaksanaan Tantra
- Menunjukkan bentuk-bentuk Yantra, Tantra dan Mantra yang
dipergunakan dalam praktik kehidupan beragama
- Mempraktikkan membuat bentuk Yantra,Tantra dan Mantra
- Melafalkan beberapa Sloka Mantra
|
Tantra, Yantra, dan Mantra
|
Dengan
kegiatan presentasi siswa dapat menunjukan contoh contoh pelaksanaan ajaran
Tantra
-Mampu menyajikan bentuk-bentuk Tantra,
yantra dan Mantra yang digunkan dalam praktik kehidupan beragama
-Mampu mempraktikkan benyuk Yantra,
Tantra, dan Mantra
-Melalui kegiatan presentasi siswa mampu melafalkan
beberapa sloka mantra
|
Disiplin,
tanggung jawab, sopan santun, percaya diri.
|
Presentasi
Penugasan
Penugasan
presentasi
|
Unjuk kerja
Terstruktur
Terstruktur
Unjuk Kerja
|
Mata
Pelajaran :
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Satuan
Pendidikan : SMK
Kelas/Semester : XII/II
Kompetensi Inti
KI
1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural
dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
KI 4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi
Dasar
|
IPK
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Karakter
|
Sumber
Belajar
|
1.4 Mengamalkan
konsep Astangga Yoga dalam upaya mencapai Moksa
2.4 Disiplin
menjalankan Astangga Yoga dalam upaya mencapai Moksa
3.4 Memahami Astangga
Yoga untuk mencapai Moksa
4.4 Menyajikan Astangga
Yoga untuk mencapai Moksa
|
· Mengucapkan doa mulai belajar
· Menunjukkan sikap sempurna dalam pengucapan doa mulai belajar
· Mampu hadir tepat waktu
· Memposisikan duduk sesuai denah tempat duduk
· Menggali informasi tentang Ajaran
Astangga Yoga
· Menguraikan Bagian-bagian Astangga
Yoga
· Menguraikan Hambatan dan Tantangan
dalam Penerapan Astangga Yoga
· Mengidentifikasi Manfaat Ajaran Astangga
Yoga untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani
· Mengidentifikasi Penerapan Astangga
Yogadalam Mencapai Moksha
· Menerapkan Astangga Yoga sebagai Dasar Pembentukan Budi
Pekerti Luhur Dalam Zaman Globalisasi
|
Astangga Yoga
|
· Mengembangkan
cara hidup sehat jasmani dan rohani
· Disiplin
dalam menjalankan Astangga Yoga demi kedamaian
Mengamati :
· Mendengarkan
Pendidik menjelaskan Astangga Yoga
· Pendidik
menunjukkan contoh sikap-sikap Yoga dan peserta didik menirukan dengan benar
Menanya:
· Menanyakan
manfaat Hatta Yoga dan Yoga Asanas dalam kehidupan
· Pendidik
memberikan kesempatan secara bergantian memperagakan Astangga Yoga
Mengeksplorasi/Mengumpulkan informasi :
· Mempresentasikan
dan mempraktikkan berbagai gerakan Astangga Yoga
· Mengumpulkan
data-data manfaat melaksanakan Astangga Yoga dalam kehidupan
Mengasosiasi/Menalar
· Mengungkapkan
contoh masing-masing bagian dalam Astangga Yoga
· Menganalisis
berbagai macam hal yang dihadapi dalam penerapan Astangga Yoga maupun dalam
praktik-praktik Yoga
Mengomunikasikan :
· Membuat
hasil laporan dan kesimpulan manfaat melaksanakan Yoga terhadap kesehatan
jasmani-rohani
· Peserta
didik membuat dalam bentuk gambar-gambar/fotokegiatan latihan Yoga
|
Sikap Spiritual :
· Sehat
jasmani-rohani dengan melakukan Yoga Asanas (Penilaian diri/Self assessment )
Sikap Sosial
· Disiplin
dan saling mencintai terhadap seluruh mahluk (Penilaian teman sebaya/peer assessment)
Tugas :
· Membuat
ringkasan materi Yoga
· Mempraktikkan
Yoga dan Meditasi dalam kehidupan sehari-hari
Observasi
· Mengumpulkan
hasil pengamatan pelaksanaan praktik Yoga dan meditasi dalam masyarakat
Portofolio
· Peserta
didik membuat laporan manfaat latihan Yoga dan tanggapan terhadap ajaran Yoga
Tes :
Tes Tertulis, lisan materi Yoga
|
Religius
Disiplin
Mandiri
Rasa
ingin tahu
Kreatif
Komunikatif
Mandiri
|
Buku
Pendidikan Agama Hindu dan Budi pekerti KLS XII
|
1.5 Menghayati
konsep ajaran yang tertuang dalam Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama
Bratha
2.5 Berprilaku jujur
dan disiplin menjalankan ajaran Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha dalam
pergaulan hidup
3.5 memahami ajaran
Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha dalam kehidupan sehari-hari
4. 5 Menyajikan dan
menguraikan contoh-contoh Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha dalam
kehidupan sehari-hari
|
· Mengucapkan doa mulai belajar
· Menunjukkan sikap sempurn dalam pengucapan
doa mulai belajar
· Mampu hadir tepat waktu
· Memposisikan duduk sesuai denah tempat duduk
· Menjelaskan
ajaran Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha
· Menguraikan
bagian-bagian Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha
· Mengemukakan
sumber-sumber kitab yang mendukung terwujudnya Dasa Yama Bratha dan Dasa
Nyama Bratha
· Menjelaskan
tujuan dan manpaat ajaran Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha dalam
pembentukan kepribadian
· Menyaji Catur Marga Yoga dalam kehidupan
sehari-hari
· Menunjukkan dengan contoh kategori
pengendalian atas ucapan dalam Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha
· Menganalisis penerapan Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha melalui
cerita rakyat
|
Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha
|
· Mengembangkan
perbuatan dharma dengan menjalankan Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha
untuk menjaga keharmonisan hidup
· Disiplin
dalam ajaran Dasa Yama Bratha dan Nyama Bratha untuk mencapai kedamaian hidup
Mengamati :
· Menyimak
paparan ajaran Dasa Yama Bratha dan Nyama Bratha
· Mengamati
sikap prilaku temanya yang sesuai dengan Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama
Bratha
Menanya :
· Menanyakan
penjelasan bagian-bagian Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha
· Pendidik
memberikan kesempatan menjawab hakikat Ahimsa dalam upaya menjaga
keseimbangan dan kedamaian dalam kehidupan
Mengeksplorasi/mengumpulkan informasi :
· Mengumpulkan
data contoh sikap hidup sesuai dengan Dasa Yama Bratha dan Nyama Bratha
· Mengumpulkan
sumber-sumber kitab untuk mendukung terwujudnya Dasa Yama Bratha dan Dasa
Nyama Bratha dalam kehidupan
Mengasosiasi/Menalar :
· Menyimpulkan
manfaat ajaran Dasa Yama Bratha dan Nyama Bratha
· Menganalisis
berbagai macam hal yang dihadapi dalam penerapan Dasa Yama Bratha dan Dasa
Nyama Bratha
Mengkomunikasikan :
· Menyampaikan
hasil belajar dalam bentuk tulisan tujuan masing-masing bagian Dasa Yama
Bratha dan Nyama Bratha
· Membuat
karikatur pengalaman ajaran Dasa Yama Bratha dan Nyama Brata
|
Religius
Disiplin
Rasa
Ingin Tahu
Mandiri
Kreatif
|
EmoticonEmoticon