RPP 1 LEMBAR
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
Nama Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Rendang
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok : Nilai-nilai Yadnya dalam Ramayana
Alokasi Waktu : 18 x 45 menit
Tujuan
Pembelajaran
|
Melalui model pembelajaran PBL peserta didik dapat:
1. Peserta
didik diharapkan mampu Memahami hakekat dan nilai-nilai Yajňa yang terkandung
dalam kitab Ramayana
2. Peserta
didik diharapkan mampu Mempraktikkan pelaksanaan Yajňa menurut kitab Ramayana
dalam kehidupan
|
||||||||||||||||
Proses
Pembelajaran
|
A.
PENDAHULUAN
1.
Mengucapkan
salam ”Om Swastyastu”,dan melantukan
salah satu mantra Dainika Upasana
(doa sehari-hari) (Religius PPK).
2.
Guru
mempersiapkan kelas, menanyakan kabar siswa serta memberi motivasi, Guru
memberikan Apersepsi dan menyampaikan topik, tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model pembelajaran yaitu PBL
B.
KEGIATAN INTI
1.
Guru menampilkan
video pembelajaran dan siswa membaca buku paket atau bahan ajar sesuai topik
pembelajaran (stimulasi/pemberian rangsangan) (Literasi)
2.
Siswa menanyakan
tentang topik pembelajaran yang belum dipahami (Problem Statement atau
Identifikasi Masalah) (Berpikir kritis: Abad-21).
3.
Guru membentuk
kelompok dan siswa di minta mengumpulkan data (Data Collection) (Kolaborasi:
Abad21).
4.
Siswa merancang
dan mendiskusikan materi sesuai pembagian tugas masing-masing kelompok yang
akan mempresentasikan (Data Processing/Pengolahan Data) (Kreativitas dan
Komunikasi: Abad-21).
5.
Guru memberikan
penguatan untuk memperoleh kesimpulan dengan mengajukan pertanyaan dan Siswa
membuat kesimpulan (Generalization/menarik Kesimpulan) (Kreativitas dan
Komunikasi: Abad-21)
C.
PENUTUP
·
Guru dan Siswa melakukan refleksi diri, menyanyikan
salah satu lagu Nasional (Nasionalis PPK), memberikan reward, (penghargaan)
pada siswa yang aktif dan semangat belajar serta menyampaikan indikator yang
akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. Menutup pembelajaran Parama Santi
“Om Santih, Santih, Santih Om”
|
||||||||||||||||
Penilaian
|
|
Mengetahui
Kepala SMAN 1 Rendang
I Putu Sudibawa, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801 1001
|
Rendang, Januari 2020
Guru Pendidikan Agama Hindu
dan budi Pekerti
I Made Yuda Asmara.S.Pd.H.,M.Pd
NIP. 19870912 201101 1 009
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
Nama Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Rendang
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok : Ajaran Upaveda
Alokasi Waktu : 15 x 45 menit
|
Mengetahui
Kepala SMAN 1 Rendang
I Putu Sudibawa, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801 1001
|
Rendang, Januari 2020
Guru Pendidikan Agama Hindu
dan budi Pekerti
I Made Yuda Asmara.S.Pd.H.,M.Pd
NIP. 19870912 201101 1 009
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
NEGERI 1 RENDANG
Mata Pelajaran :
PENDIDIKAN AGAMA HINDU & BUDI PEKERTI
Kelas/ Semester : X
/ GENAP
Materi Pokok :
CATUR WARNA
Alokasi Waktu : 18
X 45 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Mampu memaknai serta mendepkripsikan esensi
ajaran catur Warna dan bagian-bagiannya.
2.
Mampu membandingkan serta menyajikan ajaran catur Warna dengan ajaran
catur kasta.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi mengenai
ajaran catur Warna
2.
Memotivasi peserta didik dengan cara
menginformasikan terkait pentingnya materi yang akan dipelajari dalam kegiatan
sehari-hari.
3.
Peserta didik diminta untuk mencermati (mengamati), menalar terkait ajaran
catur Warna dalam buku bacaan agama Hindu.
4.
Peserta didik diberikan umpan beberapa
pertanyaan / masalah-masalah terkait dengan materi yang akan diajar
5.
Peserta didik
diminta untuk membentuk kelompok dan mendiskusikan suatu
pertanyaan/masalah yang timbul terkait ajaran catur Warna dalam masyarakat.
6.
Setiap kelompok diberikan satu permasalan
mengenai penyimpangan ajaran catur Warna di dalam realita yag ada
7.
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi
yang diberikan oleh guru secara bergilir sesuai pembagian kelompoknya. (Mengkomunikasikan)
8.
Peserta didik mengoreksi dan mengajukan pertanyaan
(Menanya) terkait hasil diskusi yang dipresentasikan
9.
Peserta didik menuliskan atau mencatat
point-point penting hasil diskusi dan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang
dibahas.
10.
Peserta didik menganalisis (Mengasosiasi)
dan mengevaluasi hasil diskusi dan presentasi kerja kelompoknya
11.
Peserta didik diberikan pertanyaan sehubungan
dengan hal-hal yang masih perlu diklarifikasi ulang sesuai meteri terkait (Mengkomunikasikan)
PENILAIAN
1. Tes
Tertulis
Ø
Memaknai ajaran
catur Warna beserta fungsi atau kewajiban
masing-masing bagiannya dalam lingkungan masyarakat.
2. Tes Lisan
Ø
Menyampaikan hasil perbandingan antara ajaran
catur Warna. Dengan ajaran catur kasta sesuai apa yang dilihat dalam
masyarakat.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
EmoticonEmoticon