Sunday, October 27, 2019

RPP AGAMA HINDU X

RPP 1 LEMBAR

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Nama Satuan Pendidikan   : SMA Negeri 1 Rendang

Mata Pelajaran               : Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti

Kelas/Semester                 : X/1

Materi Pokok                 :  Nilai-nilai Yadnya dalam Ramayana

Alokasi Waktu               :  18 x 45 menit


Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran PBL peserta didik dapat:
1.  Peserta didik diharapkan mampu Memahami hakekat dan nilai-nilai Yajňa yang terkandung dalam kitab Ramayana
2.  Peserta didik diharapkan mampu Mempraktikkan pelaksanaan Yajňa menurut kitab Ramayana dalam kehidupan
Proses Pembelajaran
A.     PENDAHULUAN
1.    Mengucapkan salam ”Om Swastyastu”,dan melantukan salah satu mantra Dainika Upasana (doa sehari-hari) (Religius PPK).
2.    Guru mempersiapkan kelas, menanyakan kabar siswa serta memberi motivasi, Guru memberikan Apersepsi dan menyampaikan topik, tujuan pembelajaran dan menginformasikan model pembelajaran yaitu PBL
B.      KEGIATAN INTI
1.    Guru menampilkan video pembelajaran dan siswa membaca buku paket atau bahan ajar sesuai topik pembelajaran (stimulasi/pemberian rangsangan) (Literasi)
2.    Siswa menanyakan tentang topik pembelajaran yang belum dipahami (Problem Statement atau Identifikasi Masalah) (Berpikir kritis: Abad-21).
3.    Guru membentuk kelompok dan siswa di minta mengumpulkan data (Data Collection) (Kolaborasi: Abad21).
4.    Siswa merancang dan mendiskusikan materi sesuai pembagian tugas masing-masing kelompok yang akan mempresentasikan (Data Processing/Pengolahan Data) (Kreativitas dan Komunikasi: Abad-21).
5.    Guru memberikan penguatan untuk memperoleh kesimpulan dengan mengajukan pertanyaan dan Siswa membuat kesimpulan (Generalization/menarik Kesimpulan) (Kreativitas dan Komunikasi: Abad-21)
C.      PENUTUP
·      Guru dan Siswa melakukan refleksi diri, menyanyikan salah satu lagu Nasional (Nasionalis PPK), memberikan reward, (penghargaan) pada siswa yang aktif dan semangat belajar serta menyampaikan indikator yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. Menutup pembelajaran Parama Santi “Om Santih, Santih, Santih Om
Penilaian
Jenis penilaian
Teknik penilaian
Bentuk penilaian
Instrumen Penilaian
Penilaian Sikap/Afektif (Sosial dan Spiritual)
Observasi/Pengamatan
Pengamatan langsung
Jurnal/lembar Observasi
Penilaian Pengetahuan
Tertulis dan Penugasan
Pilihan Ganda/Isian Singkat/Essa
Kisi-kisi dan lembar soal
Penilaian Keterampilan
Penilaian Portfolio
Portofolio
Rubrik penilaian portopolio

Mengetahui
Kepala SMAN 1 Rendang




I Putu Sudibawa, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801 1001
Rendang,   Januari 2020
Guru Pendidikan Agama Hindu
dan budi Pekerti



I Made Yuda Asmara.S.Pd.H.,M.Pd
NIP. 19870912 201101 1 009







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Nama Satuan Pendidikan           : SMA Negeri 1 Rendang
Mata Pelajaran                          : Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                         : X/1
Materi Pokok                            :  Ajaran Upaveda
Alokasi Waktu                          :  15 x 45 menit

Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran PBL peserta didik dapat:
1.       Peserta didik diharapkan mampu Memahami Menyebutkan pengertian dan kedudukan Upaweda dan Weda
2.       Peserta didik diharapkan mampu Menalar Upaveda sebagai tuntunan hidup
3.       Peserta didik mampu memahami ajaran Itihasa dan Purana yang berkaitan dalam kehidupan
Proses Pembelajaran
A.     PENDAHULUAN
1.    Mengucapkan salam ”Om Swastyastu”,dan melantukan salah satu mantra Dainika Upasana (doa sehari-hari) (Religius PPK).
2.    Guru mempersiapkan kelas, menanyakan kabar siswa serta memberi motivasi, Guru memberikan Apersepsi dan menyampaikan topik, tujuan pembelajaran dan menginformasikan model pembelajaran yaitu PBL
B.      KEGIATAN INTI
1.    Guru menampilkan gambaran materi pembelajaran dan siswa membaca buku paket atau bahan ajar sesuai topik pembelajaran (stimulasi/pemberian rangsangan) (Literasi)
2.    Siswa menanyakan tentang topik pembelajaran yang belum dipahami (Problem Statement atau Identifikasi Masalah) mengenai ajaran Upaveda
3.    Guru membentuk kelompok dan siswa diminta mengumpulkan data (Data Collection) sesuai bagian-bagian dari ajaran Upaveda.
4.    Siswa merancang dan mendiskusikan materi sesuai pembagian tugas masing-masing kelompok yang akan mempresentasikan (Data Processing/Pengolahan Data) (Kreativitas )
5.    Guru memberikan penguatan untuk memperoleh kesimpulan mengenai ajaran Upaveda dengan mengajukan pertanyaan dan Siswa membuat kesimpulan (Generalization/menarik Kesimpulan) (Kreativitas)
C.      PENUTUP
·      Guru dan Siswa melakukan refleksi diri, menyanyikan salah satu lagu Nasional (Nasionalis PPK), memberikan reward, (penghargaan) pada siswa yang aktif dan semangat belajar serta menyampaikan indikator yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. Menutup pembelajaran Parama Santi “Om Santih, Santih, Santih Om
Penilaian
Jenis penilaian
Teknik penilaian
Bentuk penilaian
Instrumen Penilaian
Penilaian Sikap/Afektif (Sosial dan Spiritual)
Observasi/Pengamatan
Pengamatan langsung
Jurnal/lembar Observasi
Penilaian Pengetahuan
Tertulis dan Penugasan
Pilihan Ganda/Isian Singkat/Essa
Kisi-kisi dan lembar soal
Penilaian Keterampilan
Penilaian Portfolio
Portofolio
Rubrik penilaian portopolio

Mengetahui
Kepala SMAN 1 Rendang




I Putu Sudibawa, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801 1001
Rendang,   Januari 2020
Guru Pendidikan Agama Hindu
dan budi Pekerti



I Made Yuda Asmara.S.Pd.H.,M.Pd
NIP. 19870912 201101 1 009








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN PELAJARAN ..........

Nama Satuan Pendidikan           : SMA Negeri 1 Rendang
Mata Pelajaran                          : Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                         : X/1
Materi Pokok                            :  PADEWASAN (WARIGA)
Alokasi Waktu                          :  21 x 45 menit

Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran  dengan pendekatan saintifik menggunakan model Discovery Learning peserta didik dapat:
1.     Peserta didik mampu memahami pengertian Wariga
2.     Peserta didik diharapkan mampu memahami hakekat padewasan (wariga) dalam kehidupan umat hindu.siswa mampu menalar upaveda sebagai tuntunan hidup.
3.     Peserta didik diharapkan mampu mempraktekkan cara penentuan  padewasan (wariga) dalam kehidupan umat Hindu
Proses Pembelajaran
A.     PENDAHULUAN
1.    Mengucapkan salam ”Om Swastyastu”,dan melantukan salah satu mantra Dainika Upasana (doa sehari-hari) (Religius PPK).
2.    Guru mempersiapkan kelas, menanyakan kabar siswa serta memberi motivasi, Guru memberikan Apersepsi dan menyampaikan topik, tujuan pembelajaran dan menginformasikan model pembelajaran yaitu Discovery Learning
B.      KEGIATAN INTI
1.    Guru menampilkan gambaran materi pembelajaran dan siswa membaca buku paket atau bahan ajar sesuai topik pembelajaran (stimulasi/pemberian rangsangan) (Literasi)
2.    Siswa menanyakan tentang topik pembelajaran yang belum dipahami (Problem Statement atau Identifikasi Masalah) mengenai ajaran padewasan
3.    Guru membentuk kelompok dan siswa diminta mengumpulkan data (Data Collection) sesuai bagian-bagian dari ajaran padewasan (wariga).
4.    Siswa merancang dan mendiskusikan materi sesuai pembagian tugas masing-masing kelompok yang akan mempresentasikan (Data Processing/Pengolahan Data) (Kreativitas )
5.    Guru memberikan penguatan untuk memperoleh kesimpulan mengenai ajaran padewasan dengan mengajukan pertanyaan dan Siswa membuat kesimpulan (Generalization/menarik Kesimpulan) (Kreativitas)
C.      PENUTUP
·      Guru dan Siswa melakukan refleksi diri, menyanyikan salah satu lagu Nasional (Nasionalis PPK), memberikan reward, (penghargaan) pada siswa yang aktif dan semangat belajar serta menyampaikan indikator yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. Menutup pembelajaran Parama Santi “Om Santih, Santih, Santih Om
Penilaian
Jenis penilaian
Teknik penilaian
Bentuk penilaian
Instrumen Penilaian
Penilaian Sikap/Afektif (Sosial dan Spiritual)
Observasi/Pengamatan
Pengamatan langsung
Jurnal/lembar Observasi
Penilaian Pengetahuan
Tertulis dan Penugasan
Pilihan Ganda/Isian Singkat/Essa
Kisi-kisi dan lembar soal
Penilaian Keterampilan
Penilaian Portfolio
Portofolio
Rubrik penilaian portopolio

Mengetahui
Kepala SMAN 1 Rendang




I Putu Sudibawa, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801 1001
Rendang,   Januari 2020
Guru Pendidikan Agama Hindu
dan budi Pekerti



I Made Yuda Asmara.S.Pd.H.,M.Pd
NIP. 19870912 201101 1 009







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan           : SMA NEGERI 1 RENDANG
Mata Pelajaran                 : PENDIDIKAN AGAMA HINDU & BUDI PEKERTI
Kelas/ Semester               : X / GENAP
Materi Pokok                     : Darsana
Alokasi Waktu                   : 21 X 45 menit


TUJUAN  PEMBELAJARAN
1.       Mampu Menganalisis  dan memaknai esensi ajaran Darsana serta bagian-bagian dari Ajaran Darsanan dalam Filsafat agama Hindu.
2.       Mampu menalar serta  menerapkan ajaran Darsana sebagai bagian dalam Filsafat Hindu.


KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.       Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi materi  yang terkait dengan ajaran Darsana dalam filsafat Agama Hindu.
2.       Memotivasi peserta didik dengan cara menginformasikan terkait pentingnya materi yang akan dipelajari dalam kegiatan sehari-hari.
3.       Peserta didik diminta untuk mencermati (mengamati), menalar terkait ajaran-ajaran Darsana dalam literatur Agma Hindu.
4.       Peserta didik diberikan umpan beberapa pertanyaan / masalah-masalah terkait dengan materi yang akan diajar
5.       Peserta didik  diminta untuk membentuk kelompok dan mendiskusikan suatu pertanyaan/masalah yang timbul terkait ajaran Darsana dalam masyarakat.
6.       Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi yang diberikan oleh guru secara bergilir sesuai pembagian kelompoknya. (Mengkomunikasikan)
7.       Peserta didik mengoreksi dan mengajukan pertanyaan (Menanya)  terkait hasil diskusi yang dipresentasikan
8.       Peserta didik menuliskan atau mencatat point-point penting hasil diskusi dan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang dibahas.
9.       Peserta didik menganalisis  (Mengasosiasi) dan mengevaluasi hasil diskusi dan presentasi  kerja kelompoknya
10.   Peserta didik diberikan pertanyaan sehubungan dengan hal-hal yang masih perlu diklarifikasi ulang sesuai meteri terkait  (Mengkomunikasikan)


PENILAIAN
1.       Tes Tertulis
Ø  Menganalisis ajaran–ajaran Darsana dalam Filsafat Hindu yang diimplementasikan di lingkungan  masyarakat.
2.       Tes Lisan
Ø  Menyampaikan / mempresentasikan di depan kelas tentang masalah-masalah yang timbul serta memberikan solusi terkait permasalahan dalam implementasi ajaran Darsana dilingkungan sehari-hari.


Mengetahui
Kepala SMAN 1 Rendang




I Putu Sudibawa, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801 1001
Rendang,   Januari 2020
Guru Pendidikan Agama Hindu
dan budi Pekerti



I Made Yuda Asmara.S.Pd.H.,M.Pd
NIP. 19870912 201101 1 009










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan           : SMA NEGERI 1 RENDANG
Mata Pelajaran                 : PENDIDIKAN AGAMA HINDU & BUDI PEKERTI
Kelas/ Semester               : X / GENAP
Materi Pokok                     : CATUR ASRAMA
Alokasi Waktu                   : 15 X 45 menit

TUJUAN  PEMBELAJARAN
1.       Mampu memahami  dan mengamalkan ajaran Catur Asrama serta bagian-bagian ajarannya
2.       Mampu menerapkan dan mendemontrasikan  ajaran Darsana sebagai bagian dalam Filsafat Hindu.


KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.       Mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkaitri materi  yang menyangkut ajaran catur asrama.
2.       Memotivasi peserta didik dengan cara menginformasikan terkait pentingnya materi yang akan dipelajari dalam kegiatan sehari-hari.
3.       Peserta didik diminta untuk mencermati (mengamati), menalar terkait ajaran-ajaran catur asrama dalam literatur Agma Hindu.
4.       Peserta didik diberikan umpan beberapa pertanyaan / masalah-masalah terkait dengan materi yang akan diajar
5.       Peserta didik  diminta untuk membentuk kelompok dan mendiskusikan suatu pertanyaan/masalah yang timbul terkait ajaran catur asrama dalam masyarakat.
6.       Peserta didik diberikan tugas berupa membuat makalah tentang ajaran catur asrama dengan realita ditempat masing-masing.
7.       Peserta didik mempresentasikan (mengkomunikasikan) hasil makalahnya didepan kelas
8.       Peserta didik  mengajukan pertanyaan (Menanya)  terkait hasil presentasi yang dibawakan temannya didepan kelas
9.       Peserta didik menuliskan atau mencatat point-point penting hasil diskusi dan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang dibahas.
10.   Peserta didik menganalisis  (Mengasosiasi) dan mengevaluasi hasil diskusi dan presentasi  kerja kelompoknya
11.   Peserta didik diberikan pertanyaan sehubungan dengan hal-hal yang masih perlu diklarifikasi ulang sesuai meteri terkait  (Mengkomunikasikan)


PENILAIAN
1.       Tes Tertulis
Ø  Menganalisis ajaran – ajaran catur asrama beserta bagiannya dan memberikan masing-masing contoh
2.       Tes Lisan
Ø  Menyampaikan realita yang terjadi dalam penerapan ajaran catur asrama dilingkungan masyarakat masing-masing.

Mengetahui
Kepala SMAN 1 Rendang




I Putu Sudibawa, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801 1001
Rendang,   Januari 2020
Guru Pendidikan Agama Hindu
dan budi Pekerti



I Made Yuda Asmara.S.Pd.H.,M.Pd
NIP. 19870912 201101 1 009

 
 










 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan           : SMA NEGERI 1 RENDANG
Mata Pelajaran                 : PENDIDIKAN AGAMA HINDU & BUDI PEKERTI
Kelas/ Semester               : X / GENAP
Materi Pokok                     : CATUR WARNA
Alokasi Waktu                   : 18 X 45 menit


TUJUAN  PEMBELAJARAN
1.       Mampu memaknai serta mendepkripsikan esensi ajaran catur Warna dan bagian-bagiannya.
2.       Mampu membandingkan serta  menyajikan ajaran catur Warna dengan ajaran catur kasta.


KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.       Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi mengenai ajaran catur Warna
2.       Memotivasi peserta didik dengan cara menginformasikan terkait pentingnya materi yang akan dipelajari dalam kegiatan sehari-hari.
3.       Peserta didik diminta untuk mencermati (mengamati), menalar terkait ajaran catur Warna dalam buku bacaan agama Hindu.
4.       Peserta didik diberikan umpan beberapa pertanyaan / masalah-masalah terkait dengan materi yang akan diajar
5.       Peserta didik  diminta untuk membentuk kelompok dan mendiskusikan suatu pertanyaan/masalah yang timbul terkait ajaran catur Warna dalam masyarakat.
6.       Setiap kelompok diberikan satu permasalan mengenai penyimpangan ajaran catur Warna di dalam realita yag ada
7.       Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi yang diberikan oleh guru secara bergilir sesuai pembagian kelompoknya. (Mengkomunikasikan)
8.       Peserta didik mengoreksi dan mengajukan pertanyaan (Menanya)  terkait hasil diskusi yang dipresentasikan
9.       Peserta didik menuliskan atau mencatat point-point penting hasil diskusi dan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang dibahas.
10.   Peserta didik menganalisis  (Mengasosiasi) dan mengevaluasi hasil diskusi dan presentasi  kerja kelompoknya
11.   Peserta didik diberikan pertanyaan sehubungan dengan hal-hal yang masih perlu diklarifikasi ulang sesuai meteri terkait  (Mengkomunikasikan)


PENILAIAN
1.       Tes Tertulis
Ø  Memaknai  ajaran catur Warna beserta fungsi  atau kewajiban masing-masing bagiannya dalam  lingkungan  masyarakat.
2.       Tes Lisan
Ø  Menyampaikan hasil perbandingan antara ajaran catur Warna. Dengan ajaran catur kasta sesuai apa yang dilihat dalam masyarakat.




Mengetahui
Kepala SMAN 1 Rendang




I Putu Sudibawa, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801 1001
Rendang,   Januari 2020
Guru Pendidikan Agama Hindu
dan budi Pekerti



I Made Yuda Asmara.S.Pd.H.,M.Pd
NIP. 19870912 201101 1 009

 
 

 

hubungi saya via WA : 085237290333.


EmoticonEmoticon