Sunday, October 27, 2019

SILABUS AGAMA HINDU SMA-SMK

SILABUS MATA PELAJARAN 

PENDIDIKAN AGAMA HINDU 

DAN

BUDI PEKERTI TINGKAT SMA / SMK



SILABUS  PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan           :    SMA Negeri 1 Rendang
Kelas                                  :    X
Semester                             :    I
Mata Pelajaran                 :    Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi Pokok                    :    Nilai-nilai yajna dalam Kitab Ramayana
Kompetensi Inti                      : 
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan



Kompetensi
Dasar
Idikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Nilai Pend Karakter
Penilaian

Sumber Belajar

Teknik
Bentuk Instrumen
1.1











1.2





Menghayati nilai-nilai Yajňa yang terkandung dalam kitab Rāmāyaṇa.








Menghayati sikap bertanggung jawab terhadap nilai-nilai Yajňa yang terkandung dalam kitab Rāmāyaṇa.
Mengamalkan pelaksanaan yajna yang terkandung kitab Ramayana di sekolah dan masyarakat.






Membuktikan sikap bertanggung jawab terhadap nilai-nilai yajna yang terkandung dalam kitab Ramayana

Pelaksanaan Tri Sandhya, berdoa mulai pembelajaran dan mengakiri pembelajaran

Purnama, tilaem dan hari raya besar lainya.






Menunjukkan prilaku kerjasama dan saling tolong sebagai bentuk yajna kepada sesame.
Religius








Desiplin dan tanggung jawab
Pengamatan
Jurnal pengamatan Spiritual









Jurnal pengamatan Sikap Sosial


3.1








Memahami hakekat dan nilai-nilai Yajňa yang terkandung dalam kitab Rāmāyaṇa





Menganalisis nilai-nilai yajna yang terkandung dalam  Teks ceritra Ramayana

Menganalisis nilai-nilai yajna yang terkandung dalam sebuah tayangan Video ceritra Ramayana
Ceritra Ramayana
Siswa dapat menganalisis nilai-nilai Panca Yajna yang terdapat dalam teks Ramayana



Siswa dapat menganalisis nilai-nilai panca yajna yang terdapat dalam video Ramayana



Religius
Test
Esay
Buku Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK kelas X, Pendidikan dan kebudayaan.


4.1
Menyajikan nilai-nilai pelaksanaan Yajňa menurut kitab Rāmāyaṇa dalam kehidupan
Menentukan nilai-nilai pelaksanaan yajna menurut kitab Ramayana dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat
Pelaksanaan yajna / panca yajna dalam kehidupan masyarakat di Bali
Siswa dapat menunjukkan dengan memperhatikan pelaksanaan yajna dalam kehidupan masyarakat.

Penugasan




Presentasi
Terstruktur

Tidak
Terstruktur

Unjuk
Kerja




SILABUS  PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan           :    SMA Negeri 1Rendang
Kelas                                  :    X
Semester                             :    I
Mata Pelajaran                 :    Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi Pokok                    :    Upaweda
Kompetensi Inti                      : 
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan



Kompetensi
Dasar
Idikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Nilai Pend Karakter
Penilaian

Sumber Belajar

Teknik
Bentuk Instrumen
1.1




1.2





Mengamalkan ajaran Upaweda sebagai tuntunan hidup

Mengamalkan ajaran Upaweda sebagai tuntunan hidup

Mengamalkan ajaran Upaweda



Membuktikan sikap bertanggung jawab terhadap Ajaran Upaweda

Melaksanakan Tri Sandhya, berdoa mulai pembelajaran dan mengakiri pembelajaran

Menunjukkan moral dan etika yang baik dan saling tolong sebagai bentuk aplikasi ajaran Itihasa dalam kehidupan.
Religius



Desiplin, sopan santun dan tanggung jawab
Pengamatan
Jurnal pengamatan Spiritual

Jurnal pengamatan Sikap Sosial





3.1








Memahami ajaran Upaveda sebagai tuntunan hidup





Menyusun Struktur Weda

Merangkum
nilai-nilai yang terdapat dalam ajaran kitab Itihasa

Menganalisis kelompok dan jenis Purana


Upaweda
Menyusun  struktur Weda

Mendiskusikan  nilai-nilai yang terdapat dalam  kitab Upaweda yaitu pada kitab Itihasa dan Purana

Menganalisis kelompok dan jenis Purana.

Mengamati Video / Gambar cerita Purana dan  menentukan jenis dan kelompoknya.

Religius
Test
Esay dan Objektif
Buku Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK kelas X, Pendidikan dan kebudayaan.

I Made Titib ,VEDA Sabda Suci,  1966, Paramita Surabaya.
4.1
Menyajikan bagian-bagian Upaveda sebagai tuntunan hidup

Menjelaskan kedudukan Upaveda dalam Weda

Menunjukkan  gambar struktur Weda dari hasil kegiatan kelompoknya.

Penugasan




Presentasi
Terstruktur

Tidak
Terstruktur

Unjuk
Kerja











SILABUS  PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan           :    SMA Negeri 1 Rendang
Kelas                                  :    X
Semester                             :    I
Mata Pelajaran                 :    Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi Pokok                    :    Wariga
Kompetensi Inti                      : 
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


Kompetensi
Dasar
Idikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Nilai Pend Karakter
Penilaian

Sumber Belajar

Teknik
Bentuk Instrumen
1.3





2.3





Menghayati hakekat Wariga dalam kehidupan



Mengamalkan Wariga dalam kehidupan sehari-hari;

Mengamalkan pelaksanaan ajaran Wariga di sekolah dan masyarakat

Membuktikan sikap bertanggung jawab terhadap ajaran Wariga


Melaksanakan persembahyangan Purnama, Tilem dan hari raya besar lainya sebadai bentuk pengamalan dari ajaran  Wariga.

Menunjukkan prilaku penerapan ajaran Wariga (disiplin dalam melaksanakan persembahyangan Purnama, Tilem, Saraswati dan Pagerwesai)
Religius



Desiplin dan tanggung jawab
Pengamatan
Jurnal pengamatan Spiritual



Jurnal pengamatan Sikap Sosial


3.3








Memahami hakekat Wariga dalam kehidupan




Mengarahkan dalam menentukan wewaran dalam Wariga

Menganalisis macam-macam Wariga untuk upacara agama

Menganalisis dampak dari Wariga terhadap pertanian
Hakekat Wariga dalam kehidupa
·      Pengertian Wariga
·      Hakekat Wariga
·      Menentukan Wariga
·      Macam-Macam Wariga
·      Dampak dari Wariga
Wewaran














Menentukan Wewaran dengan tabel dan jari tangan


Menganalisis macam-macam Wariga untuk upacara agama.


Menganalisis dampak  positip dan negatip dari Wariga terhadap pertanian


Percaya diri, disiplin
Test
Esay
objektif
Buku Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK kelas X, Pendidikan dan kebudayaan.

I Wayan Tusan, Penuntun Padewasan dan Wariga,

I Kt. Bambang Gede Rawi (alm), Kalender,
4.3
Mempraktikkan cara menentukan    Wariga dalam kehidupan umat Hindu;

Menunjukkan cara menentukan wariga dalam kehidupan umat Hindu
Wewaran, Wuku
Presentasi  cara menentukan Wewaran dan Wuku dalam Wariga.

Mendemonstrasikan cara menetukan Wewaran dengan jari Tangan dan Tabel
Disiplin, tanggung jawab, sopan santun, percaya diri.
Penugasan




Presentasi
Terstruktur

Tidak
Terstruktur

Unjuk
Kerja


Mengetahui
Kepala SMAN 1 Rendang



I Putu Sudibawa, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801 1001
Rendang,
Guru Pendidikan Agama Hindu
dan budi Pekerti


 I Made Yuda Asmara. S.Pd.H., M.Pd
NIP. 19870912 201101 1 009






SILABUS  PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan           :    SMA 1 Rendang
Kelas                                  :    X
Semester                             :    II
Mata Pelajaran                 :    Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi Pokok                    :    DARSANA
KompetensiInti                       : 
KI 1
:
Menghayatidanmengamalkanajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atasberbagaipermasalahandalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamsertadalammenempatkandirisebagaicerminanbangsadalampergaulandunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisispengetahuanfaktual, konseptual, proseduralberdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian, sertamenerapkanpengetahuanproseduralpadabidangkajian yang spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrakterkaitdenganpengembangandari yang dipelajarinya di sekolahsecaramandiri, danmampumenggunakanmetodasesuaikaidahkeilmuan



Kompetensi
Dasar
Idikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pembelajaran

KegiatanPembelajaran

Nilai Pend Karakter
Penilaian

Sumber Belajar

Teknik
BentukInstrumen
1.1










1.2





Mengamalkan ajaran Darsana dalam agama Hindu







Mengamalkan
Kebenaran yang tertuang dalam ajaran Darsana

Mengamalkan ajaran Darsana dalam agama Hindu







Membiasakan berprilaku yang baik dan benar

Pelaksanaan Tri Sandhya, berdoa mulai pembelajaran dan mengakhiri pembelajaran dan melaksanakan yajna sebagai bentuk pelaksanaan Bakti marga yoga yang merupakan salah satu dari ajaran Yoga Darsana.





Menunjukkan prilaku yang baik dan benar sebagai bentuk penerapan ajaran kebenaran.
Religius







Desiplin, sopan santun dan bertanggung jawab
Pengamatan
Jurnal pengamatan Spiritual








Jurnal pengamatan Sikap Sosial



3.4








Memahami ajaran Dharsana dalam agama Hindu





Menganalisis ajaran-ajaran yang tertuang dalam filsafat Hindu

Menganalisis pokok-pokok ajaran Sad Darsana
AjaranDharsanadalam agama Hindu


SistemFilsafat Hindu

Sad Darsana
Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menganalisis ajaran-ajaran yang tertuang dalam filsafat Hindu


Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menganalisis  pokok-pokok ajaran Sad Darsana



Religius
Test
Esay
Objektif
Buku Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK kelas X, Pendidikan dan kebudayaan.



4.4
Menyajikan bagian-bagian ajaran Dharsana sebagai bagian dalam filsafat Hindu

Menentukan bagian-bagian filsafat Nawa Darsana
Nawa Darsana
Siswa dapat menunjukkan di depan kelas Peta Konsep ajaran Nawa Darsana

Penugasan



Presentasi
Terstruktur
Tidak
Terstruktur
Unjuk
Kerja






SILABUS  PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan           :    SMA 1 Rendang
Kelas                                  :    X
Semester                             :    II
Mata Pelajaran                 :    Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi Pokok                    :    CATUR ASRAMA
KompetensiInti                       : 
KI 1
:
Menghayatidanmengamalkanajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayatidanmengamalkanperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsifdan pro-aktifdanmenunjukkansikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamsertadalammenempatkandirisebagaicerminanbangsadalampergaulandunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisispengetahuanfaktual, konseptual, proseduralberdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian, sertamenerapkanpengetahuanproseduralpadabidangkajian yang spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrakterkaitdenganpengembangandari yang dipelajarinya di sekolahsecaramandiri, danmampumenggunakanmetodasesuaikaidahkeilmuan



Kompetensi
Dasar
Idikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pembelajaran

KegiatanPembelajaran

Nilai Pend Karakter
Penilaian

SumberBelajar

Teknik
BentukInstrumen
1.2










2.2





Menghayatiajaran Catur Asrama sebagai tingkat hidup dalam Masyarakat






Mengamalkan pola hidup sesuai dengan tingkatan dan ranah yang diamanatkan Catur Asrama
Mengamalkan ajaran Brahmacari Asrama terhadap Guru Swadyaya.







Membisakan sikap bertanggung jawab terhadap pola hidup sesuai dengan tingkatan dan ranah yang diamanatkan Catur Asrama


Pelaksanaan Tri Sandhya, berdoa mulai pembelajaran, mengakiri pembelajaran dan melaksanakan kegiatan persembahyangan







Menunjukkan sikap dan perilaku yang mencerminkan pelaksanaan ajaran Catur asrama terhadap catur Guru di lingkungan sekolah
Religius









Disiplin, sopan santun dan tanggung jawab
Pengamatan
Jurnal pengamatan Spiritual








Jurnal pengamatan Sikap Sosial







3.5






Memahami pengetahuan konseptual tentang ajaran Catur Asrama


Menganalisis
Kewajiban-kewajiban masing-masing bagian Catur Asrama
Catur Asrama

Bagian-bagian Catur Asrama

Kewajiban-kewajiban dalam Catur Asrama

Mendiskusikan Kewajiban-kewajiban masing-masing bagian Catur Asrama dalam sastra Hindu

Menyimak tayangan video tentang kewajiban Brahmacari, Grhastha, Wanaprastha dan Biksuka dalam kehidupan di masyarakat.

Disiplin, Tanggung Jawab, Percaya Diri
Test
Esay dan Objektif
Buku Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK kelas X, Pendidikan dan kebudayaan.

Kajian Naskah Lontar Siwagama,Dinas kebudayaan prov.Bali, 2002

4.5
Menyajikan ajaran Catur Asrama dalam tatanan hidup


Merancang Video pendek tentang kewajiban masing-masing ajaran catur asrama







Mendemonstrasikan kewajiban Brahmacari terhadap guru Catur Guru melalui tayangan Video


Siswa dapat membuat tampilan  aplikasi masing-masing ajaran catur asrama












Melalui kegiatan kelomwok siswa menampilkan video aplikasi ajaran Brahmacari terhadap Catur Guru



Penugasan















Presentasi
Terstruktur,
Tidak
Terstruktur

Proyek
Produk










Unjuk
Kerja


















SILABUS  PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan           : SMA 1 Rendang
Kelas                                  :    X
Semester                             :    II
Mata Pelajaran                 :    Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi Pokok                    :    CATUR WARNA
KompetensiInti: 
KI 1
:
Menghayatidanmengamalkanajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayatidanmengamalkanperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsifdan pro-aktifdanmenunjukkansikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamsertadalammenempatkandirisebagaicerminanbangsadalampergaulandunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisispengetahuanfaktual, konseptual, proseduralberdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian, sertamenerapkanpengetahuanproseduralpadabidangkajian yang spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrakterkaitdenganpengembangandari yang dipelajarinya di sekolahsecaramandiri, danmampumenggunakanmetodasesuaikaidahkeilmuan


Kompetensi
Dasar
Idikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pembelajaran

KegiatanPembelajaran

Nilai Pend Karakter
Penilaian

SumberBelajar

Teknik
BentukInstrumen
1.1











2.2





Menghayati ajaran Catur Warna sesuai susastra Hindu








Menjalankan pola hidup gotong royong dan kerjasama, serta berinteraksi secara efektif sesuai degan tatanan ajaran catur Warna

Mengamalkan pelaksanaan ajaran Catur Warna sesuai susastra Hindu







Membuktikan sikap bertanggung jawab terhadap ajaran Catur Warna


Siswa melaksanakan persembahyanganPurnama, tilaem dan hari raya besar lainya.








Siswa menunjukkanprilakugotong royong dan kerjasama dalam kegiatan piket kelas yang menunjukan penerapan dari ajaran catur Warna
Religius








Desiplin, tanggung jawab, gotong royong dan kerjasama
Pengamatan
Jurnal pengamatan Spiritual









Jurnal pengamatan Sikap Sosial




3.6








Memahami pengetahuan konseptual ajaran Catur Warna sesuai susastra Hindu




Membandingkan catur Warna dengan catur Kasta


Menganalisis kewajiban masing-masing warna dalam Catur Warna
Pengetahuan konseptual ajaran Catur Warna sesuai susastra Hindu

Bagian-bagian Catur Warna

Kewajiban Masing

Siswa diskusi kelompok  mencari kesamaan dan perbedaan antara  Catur Warna dan Catur Kasta



Siswa diskusi kelompok menganalisis kewajiban masing-masing warna dalam catur warna (Kitab suci Hindu)

Siswa diskusi  menganalisis kewajiban masing-masing warna dalam kehidupanse hari-hari

Percaya diri, disiplin
Test
Esay
objektif
Buku Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK kelas X, Pendidikan dan kebudayaan.


4.6
Menyajikan masing-masing fungsi Catur Warna dalam kehidupan masyarakat



Merancang cerita pendek tentang fungsi Brahnana, Ksatriya, Waisya dan Sudra dalam masyarakat.
Mendemontrasikan fungsi Brahnana, Ksatriya, Waisya dan Sudra dalam masyarakat.

Siswa kerja kelompok membuat tampilan  fungsi masing-masing Catur Warna



Kegiatan kelompok siswa untuk mendemontrasikan fungsi dari Brahnana, Ksatriya, Waisya dan Sudra dalam masyarakat.

Membuat tugas dalam bentuk kliping yang bertema”tugasdanfungsiCaturWarna”dilengkapidenganketerangangambar-gambar/ foto

Disiplin, tanggung jawab, sopan santun, percaya diri.
Penugasan









Presentasi
Terstruktur

Tidak
Terstruktur






Unjuk
Kerja





Mengetahui
Kepala SMAN 1 Rendang



I Putu Sudibawa, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801 1001
Rendang,
Guru Pendidikan Agama Hindu
dan budi Pekerti



I Made Yuda Asmara. S.Pd.H., M.Pd
NIP. 19870912 201101 1 009




SILABUS  PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan           :    SMA N 1 Rendang
Kelas                                  :    XI
Semester                             :    I
Mata Pelajaran                 :    Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi Pokok                    :   Yoga Menurut susastra Hindu
Kompetensi Inti                      : 
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan



Kompetensi
Dasar
Idikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Nilai Pend Karakter
Penilaian

Sumber Belajar

Teknik
Bentuk Instrumen
1.1






Menghayati Yoga Asanas secara teori dan praktek menurut Susastra Hindu.


Memahami pengertian dan pelaksanaan Yoga menurut Sastra Hindu
Yoga menurut Sastra Hindu
Membiasakan diri hidup sehat jasmani dan rohani dengan melakukan yoga asanas




Relegius
Pengamatan
Jurnal Pengamatan
buku Pendidikan Agama Hindu dan Budi pekerti kelas XI

1.2
Mengamalkan perilaku disiplin melaksanakan yoga  asanas dalam kehidupan


Mengaplikasikan perilaku disiplin melaksanakan yoga  asanas dalam kehidupan


Menunjukkan sikap disiplin melaksanakan aturan yoga asanas untuk mencapai kehidupan yang harmonis

Mengamati tayangan video visual salah satu gerakan surya namaskar

Disiplin, tanggungjawab
Pengamatan
Jurnal Pengamatan

1.3
Menerapkan yoga asanas menurut susastra Hindu
Menentukan yoga asanas menurut susastra Hindu

Mengumpulkan siswa membentuk kelompok kecil untuk belajar  Yoga Asanas menurut Susastra Hindu
Tanggung jawab
Penugasan
tes

1.4
Menyajikan Yoga Asanas dalam kehidupan sehari-hari
Menggabungkan gerakan Yoga Asanas dalam kehidupan sehari-hari


Mempraktekkan cara melakukan gerakan yoga asanas
Percayadiri
presentasi
Unjuk kerja

2.1
Mengamalkan Nilai-nilai yadnya sesuai dengan ajaran Mahabrata
Mengaplikasikan Nilai-nilai yadnya sesuai dengan ajaran Mahabrata
Hakikat Yadnya yang terkandung dalam Mahabarata
-Pengertian dan hakikat yadnya
-Yadnya dalam Mahabarata dan masa kini
-Syarat-syarat dan aturan dalam pelaksanaan yadnya
-memprakteikkan yadnya menurut kitab Mahabarata dalam kehidupan
-Memahami Nilai-nilai yadnya dalam ajaran Mahabarata

Relegius
Pengamatan
Jurnal kerja

2.2
Mengamalkan Nilai-nilai yadnya sejalan ajaran Mahabrata dalam kehidupan sehari-hari
Menerapkan Nilai-nilai yadnya sejalan ajaran Mahabrata dalam kehidupan sehari-hari
-Mengamati pelaksanaan upacara Yadnya yang tertuang dalam ajaran Mahabarata

Disiplin
Tugas
tes

2.3
Memahami hakikat yadnya yang terkandung dalam Mahabarata
Menerangkan hakikat yadnya yang terkandung dalam Mahabarata
-Mengumpulkan berbagai informasi dari berbagai sumber terkait dengan hakikat dan nilai-nilai Yadnya yang tertuang dalam ajaran Mahabarata

-Mewawancarai beberapa narasumber (guru) yang ada dilingkungan sekolah terkait dengan hakikat dan nilai-nilai yandnya yang tertuang dalam ajaran Mahabarata
Tanggung jawab




Tanggung jawab
Penugasan
Essay

2.4
Menyajikan pelaksanaan yadnya menurut mahabarata dalam kehidupan
Mempraktekkan  pelaksanaan yadnya menurut mahabarata dalam kehidupan
-Membuat sarana upakara yadnya yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari
-Mendiskusikan makna-makna yang terkandung dalam sarana upakara yadnya
Percaya diri



3.1
Menghayati ajaran Moksa sebagai Tujuan akhir Menurut Agama Hindu
Memahami ajaran Moksa sebagai Tujuan akhir Menurut Agama Hindu

-Membentuk kelompok kecil untuk berdiskusi terkait tentang Moksa, tingkatan Moksa dan jalan untuk mencapai Moksa.

Disiplin




Pengamatan
Jurnal kerja

3.2
Mengahayati ajaran Moksa sebagai Tujuan akhir Menurut Agama Hindu
Memahami ajaran Moksa sebagai Tujuan akhir Menurut Agama Hindu

Mengkorelasikan ajaran Moksha dengan ajaran Catur Marga
Rasa ingin tahu
Lisan
Tes

3.3
Memahami pengetahuan konseptual bahwa moksa sebagai tujuan akhir menurut agama Hindu
Mengklasifikasikan pengetahuan konseptual tentang moksa sebagai tujuan akhir menurut agama Hindu

Mendiskusikan  tingkatan – tingkatan dan jalan untuk mencapai moksha
Kerjasama
Diskusi
Lembar pengamatan

3.4
Menalar Moksa sebagai tujuan akhir Agama Hindu
Menunjukkan Moksa sebagai tujuan akhir Agama Hindu

Mempresentasikan hasil analisis dalam upaya mencapai Moksa sebagai tujuan akhir Agama Hindu
Tanggung jawab
Diskusi
Lembar pengamatan


Mengetahui
Kepala SMAN 1 Rendang



I Putu Sudibawa, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801 1001
Rendang,
Guru Pendidikan Agama Hindu
dan budi Pekerti



I Made Yuda Asmara. S.Pd.H., M.Pd
NIP. 19870912 201101 1 009

 SILABUS
SEKOLAH                            : SMAN 1 RENDANG
MATA PELAJARAN          : PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI.
KELAS                                  : XI
SEMESTER                          : II
KOMPETENSI INTI.
                  KI : 1    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
                  KI : 2    Mengembangkan prilaku ( jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli ,santun ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama,cinta damai,responsif
                        dan pro aktif ) serta menunjukkan sikap sebaqgai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksisecara efektif dengan lingkungan
                        sosial alam serta dalam menempatkan diri sebagai bangsa dalam pergaulan dunia.
             Ki : 3  Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,konseptual, prosudural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
                        kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
                                sfesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah .
             KI : 4     Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan 
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

N0
KOMPETENSI  DASAR
INDIKATOR
MATERI AJAR
KEGIATAN PEMBELAJARAN
NILAI PENDIDIKAN KARKATER
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BAHAN
TEKNIK
BENTUK INSTRUMEN
4.1






4.2





4.3




4.4



























Mengamalkan esensi ajaran bhakti sejati yang tertuang dalam Ramayana pada kehidupan sehari hari.

Mengamalkan esensi ajaran Bhakti sejati yang tercantum dalam Ramayana  di lingkungan terdekat.

Memahami  esensi Bhakti  sejati dalam Ramayana.


Menyajikan esensi Bhakti sejati dalam Ramayana.
*Menunjukan ajaran Bhakti sejati  dalam kitab Ramayana




*Melakukan perilaku Bhakti sejati




*Menelaah seloka yang memuat tentang ajaran Bhakti sejati dalam Ramayana

*Memberi contoh perilaku bhakti sejati  untuk membentuk budi pekerti yang luhur




*Mengimplementasikan ajaran bhakti sejati sebagai landasan  pembentukan budi pekerti yang luhur dalam Zaman Modern
v






v





v




v








v
Esensi bhakti sejati dalam  Ramayana.




Ajaran  bhakti sejati.




Bagian  bagian ajaran  bhakti sejati.


Sloka ajaran Bhakti sejati dalam Ramayana.





Bentuk penerapan Bhakti sejati dalam kehidupan.
Ajaran Bhakti sejati sebagai dasar pembentukan budi pekerti yang luhur dalam Zaman Global.
Ø






Ø





Ø




Ø









Ø





*Mengembangkan perbuatan Nawa Widya Bhakti sehingga tercipta kedamaian dan keharmonisan



*Menunjukan sikap disiplin dalam menjalani ajaran Nawa Wida Bhakti dengan meneladani perilaku Rama


*Membaca Buku  tentang esensi Bhakti sejati dalam Ramayana



*Mengamati tayangan audio Visual  Ramayana yang berkaitan dengan ajaran Nawa Wida Bhakti. Mengumpulkan beberapa informasi dari beberapa sumber terkait dengan esensi Bhakti sejati , Nawa Wida Bhakti  dan cara untuk melaksanakan ajaran Nawa Wida Bhakti

*Membentuk beberapa kelompok yang terdiri dari 5 orang untuk mendiskusikan esensi Bhakti sejati Nawa Wida Bhakti  dan cara untuk melaksanakan ajaran Nawa Wida Bhakti 

 *Menyampaikan hasil belajar dalam bentuk tulisan hakekat ajaran Nawa Wida Bhakti

*Membuat ringkasan tentang Bhakti sejati, Nawa Wida Bhakti  dan cara penerapan ajaran Nawa Wida Bhakti

Tanggung Jawab





Disiplin





Bertanggung jawab




.
Tugas







Pengamatan





Pengamatan



Pengamatan

6 x 3 Jp
Ÿ Buku Paket Agama   Hindu.
Ÿ Kitab Ramayana.
Ÿ Internet.
5.1







5.2






3.5









5.4
Menghayati 5 pilar keluarga Sukhinah untuk menciptakan keluarga yang rukun bahagia sejahtera, dan damai.


Mengamalkan 5 pilar keluarga Sukhinah menuju  keluarga yang rukun bahagia sejahtera, dan damai.


Menerapkan prilaku bertanggung  jawab untuk menciptakan keluarga sukinah.






Menyajikan prilaku bertanggung jawab untuk menciptakan keluarga sukinah.

*Menunjukan sikap perilaku yang mencerminkan keluarga Shukinah




* Mengikuti 5 pilar keluarga Sukhinah menuju  keluarga yang rukun bahagia sejahtera, dan damai.


*Menunjukan
Syarat sahnya suatu perkawinan menurut Hukum Hindu






* Membangun  perilaku bertanggung jawab untuk menciptakan keluarga sukinah

v







v






v









v


Prilaku bertanggung jawab untuk menciptakan keluarga Sukhinah.


Pengertian dan hakikat keluarga sukinah.



Tujuan Wiwaha menurut Hindu.
Syarat sah suatu
Pawiwahan menurut Hindu.

Lima Pilar keluarga Sukinah.
Ø







Ø






Ø


Berperilaku Shukinah dalam kehidupan sehari-hari






*Menunjukan sikap disiplin dalam menjalani  lima pilar keluarga Shukinah dan selalu menjaga kesehatan reproduksi



*Membaca buku tentang lima pilar keluarga Shukinah
*Mengamati tayangan audio visual prosesi sakralisasi wiwaha (perkawinan) secara Hindu





*Mengumpulkan beberapa nformasi dari berbagai sumber yang berkaitan dengan tanggung jawab keluarga yang rukun bahagia dan sejahtera sesuai tujuan wiwaha
*Mencari informasi dengan mewawancarai beberapa nara sumber yang berkaitan dengan keluarga Shukinah























6 x 3 Jp
Ÿ Buku Paket Agama Hindu dan      Budi Pekerti.
Ÿ Kitab Manawadharmasastra.
Ÿ Kitab Nitisastra.
           

           
Mengetahui
Kepala SMAN 1 Rendang



I Putu Sudibawa, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801 1001
Rendang,
Guru Pendidikan Agama Hindu
dan budi Pekerti



I Made Yuda Asmara. S.Pd.H., M.Pd
NIP. 19870912 201101 1 009



SILABUS  PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan           :    SMAN 1 RENDANG
Kelas                                  :    XII
Semester                             :    I
Mata Pelajaran                 :    Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi Pokok                    :    Weda sebagai Sumber Hukum Hindu
Kompetensi Inti                      : 
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan



Kompetensi
Dasar
Idikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Nilai Pend Karakter
Penilaian

Sumber Belajar

Teknik
Bentuk Instrumen
1.1

















Menghayati dan mengamalkan Weda sebagai sumber Hukum Hindu yang tertuang dalam Weda Sruti dan Smrti






-Menghayati dan mewujudkan dalam prilaku keseharian prinsip hukum Hindu yang bersumber dari Weda Sruti dan Smerti

- Meyakini hukum Hindu dapat mewujudkan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat

-Mengembangkan rasa keyakinan, kebenaran Weda Sruti dan Smrti sebagai sumber hukum Hindu.






Religius






Pengamatan /observasi
Jurnal pengamatan Spiritual







2.1
Menghayati dan mengamalkan prilaku disiplin ajaran Weda sebagai sumber Hukum Hindu
- Disiplin melaksanakan hukum Hindu dalam kehidupan



- Mengembangkan sikap ingin tahu pada sistem hukum Hindu


-Siswa dapat menunjukkan prilaku disiplin dalam menjalankan Weda Sruti dan Smrti untuk mencapai kedamaian hidup





Desiplin dan tanggung jawab

Jurnal pengamatan Sikap Sosial


3.1








Memahami klasifikasi Weda sebagai sumber Hukum Hindu




- Menentukan makna dan hakikat   Weda sebagai sumber Hukum Hindu

- Mengkodifikasikan  Weda sebagai sumber Hukum Hindu.


- Menganalisis perkembangan Hukum Hindu
- Menentukan yang termasuk sebagai sumber-sumber Hukum Hindu

- Menunjukkan persamaan dan perbedaan peran Hukum Hindu dengan Hukum Nasional
Weda sebagai Sumber Hukum Hindu
-Menemukan makna dan hakikat Weda sebagai sumber hukum Hindu



-Memaparkan tentang Weda sebagai sumber hukum Hindu.





-Mampu menganalisa perkembangan Hukum Hindu

-Mampu menjabarkan sumber-sumber hukum Hindu.




-Mampu menentukan persamaan dan perbedaan peran hukum Hindu dengan Hukum Nasional

Religius




Disiplin, Percaya Diri, Mandiri, Bertanggung Jawab
Test





Test








Test


Test





Test

Esay





Test Benar Salah






Essay


Make a match
(menjodohkan)


Essay




Buku Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK kelas XII


4.1
Menyajikan klasifikasi Weda sebagai sumber hukum Hindu
- Menyesuaikan Sloka-sloka yang berkaiatan dengan sumber Hukum Hindu



- Menunjukkan dengan contoh penerapan Hukum Hindu di masyarakat


- Menunjukkan dengan contoh bentuk hubungan hukum Hindu dengan budaya dan adat istiadat di daerah masing-masing


- Menyaji pengaruh hukum Hindu terhadap hukum adat di Bali yang bertumpu pada Tri Hita Karana
Weda sebagai Sumber Hukum Hindu
-Mampu menemukan sloka –sloka yang berkaitan dengan sumber hukum Hindu



-Melalui kegiatan presentasi siswa mampu menganalisis contoh penerapan Hukum Hindu di masyarakat


-Mampu memaparkan hubungan hukum Hindu dengan budaya dan adat istiadat di daerah masing-masing





-Mendemontrasikan pengaruh hukum Hindu terhadap hukum Adat di Bali yang bertumpu pada Tri Hita Karana
Mandiri, Percaya diri, Bertanggung Jawab
Penugasan





Presentasi




Penugasan









Presentasi
Terstruktur

Tidak
Terstruktur


Unjuk
Kerja



Terstruktur








Unjuk Kerja




SILABUS  PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan           :    SMAN 1 RENDANG
Kelas                                  :    XII
Semester                             :    I
Mata Pelajaran                 :    Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi Pokok                    :    Sejarah Perkembangan Kebudayaan Hindu di Dunia
Kompetensi Inti                      : 
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan



Kompetensi
Dasar
Idikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Nilai Pend Karakter
Penilaian

Sumber Belajar

Teknik
Bentuk Instrumen
1.2









Menghayati perkembangan agama Hindu di dunia

- Menghormati warisan kebudayaan para leluhur

- Bersyukur mewarisi peninggalan para leluhur


- Membiasakan menjaga dan melestarikan warisan kebudayaan Hindu sebagai aset bersama


-Membiasakan diri berdoa untuk menghormati para leluhur pelaku sejarah


-Senantiasa mensyukuri warisan peninggalan para leluhur




-Mampu menjaga dan melestarikan wariasan kebudayaan Hindu sebagai asset bersama

Religius










Desiplin, sopan santun dan tanggung jawab
Pengamatan
Jurnal pengamatan Spiritual








Jurnal pengamatan Sikap Sosial





2.2
Peduli terhadap perkembangan agama Hindu di dunia
Mengembangkan sikap ingin tahu terhadap nilai-nilai mulya peninggalan kebudayaan Hindu

Mengembangkan prilaku bertanggung jawab dalam ikut melestarikan kebudaayan para leluhur


-Siswa mampu mengembangkan sikap ingin tahu terhadap nilai-nilai mulya peninggalan kebudayaan Hindu




-Siswa mampu menembangkan prilaku bertanggung jawab dalam ikut melestarikan kebudayaan para leluhur
Rasa ingin tahu





Bertanggung jawab
Pengamatan
Jurnal pengamatan Sikap Sosial


3.2








Memahami sejarah perkembangan kebudayaan Hindu di dunia



- Menguraikan kebudayaan prasejarah dan sejarah kebudayaan Hindu di dunia

- Menjelaskan sejarah perkembangan kebudayaan Hindu di India dan luar India

- Menjelaskan teor-teori masuknya agama Hindu ke Indonesia

- Menyebutkan peninggalan sastra-sastra Hindu yang pernah ada dan dipakai dalam peradaban manusia

- Menjelaskan kebudayaan Hindu nyang dikenal ditingkat Internasional

Sejarah Perkembangan Kebudayaan Hindu di Dunia
-Mampu menjabarkan kebudayaan prasejarah dan sejarah kebudayaan Hindu d dunia




-Mampu menggambarkan sejarah perkembangan kebudayaan Hindu di India dan luar India




-Mampu menggali teori-teori masuknya agama Hindu ke Indonesia




-Mampu mengidentifikasi peninggalan-peninggalan sastra-sastra Hindu yang pernah ada dan dipakai dalam peradaban Hindu





-Mampu menunjukkan kebudayaan Hindu yang dikenal ditingkat Internasional
Religius, Mandiri, Disiplin, Percaya Diri, Bertanggung Jawab




Test



Test






Test






Test





Test








Test
Esay



Test Benar-Salah




Essay






Essay





Make a match
(menjodohkan)





Pilihan Ganda

Buku Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK kelas XII, Pendidikan dan kebudayaan.


4.2
Menyaji bukti-bukti prasejarah dan sejarah perkembangan agama Hindu di dunia
- Menyaji bukti-bukti peninggalan masyarakat Prasejarah yang ada kaitanya dengan kegiatan keagamaan

- Menyaji bukti-bukti peninggalan kebudayaan Hindu yang bersifat monumental yang ada di dunia

- Menyaji bukti-bukti sejarah agama Hindu dalam bentuk gambar, karya tulis, tembang, seni ukir, drama dan tari

- Menunjukkan dengan contoh upaya-upaya kongkrit pelestarian peninggalan kebudayaan Hindu di Indonesia

Sejarah Perkembangan Kebudayaan Hindu di Dunia
-Menunjukkan  gambar/video bukti-bukti peninggalan masyarakat Prasejaran yang ada kaitannya dengan kegiatan keagamaan





-Mampu menunjukkan bukti-bukti peninggalan kebudayaan Hindu yang bersifat monumental yang ada di dunia






-Melalui kegiatan presentasi siswa mampu menunjukkan bukti-bukti sejarah agama Hindu dalam bentuk gambar, karya tulis, tembang, seni ukir, drama dan tari




-Mampu menunjukkan upaya –upaya kongkrit pelestarian peninggalan kebudayaan Hindu di Indonesia
Percayadiri, mandiri, disiplin, bertanggung jawab
Penugasan








Penugasan









Presentasi








Penugasan
Terstruktur








Terstruktur









Unjuk Kerja







Terstruktur


























SILABUS  PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan           :    SMA/SMK
Kelas                                  :    XII
Semester                             :    I
Mata Pelajaran                 :    Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi Pokok                    :    Yantra, Tantra, dan Mantra
Kompetensi Inti                      : 
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


Kompetensi
Dasar
Idikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Nilai Pend Karakter
Penilaian

Sumber Belajar

Teknik
Bentuk Instrumen
1.3











Menghayati dan mengamalkan perilaku penghayatan ajaran Yantra, Tantra dan Mantra dalam konsep Weda



Mengembangkan sikap bhakti kehadapan ida Sanghyang Widhi dengan mengamalkan ajaran Tnantra, Yantra dan Mantra

Membiasakn mengucapkan doa dalam melakukan kegiatan sebagai imlementasi ajaran Tantra, Yantra dan Mantra



-Melaksanakan persembahyangan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi serta mengamalkan ajaran Tantra, Yantra, dan Mantra





-Senantiasa mengucapkan doa dalam melakukan kegiatan sebagai implementasi ajaran Tantra, Yantra, dan Mantra

Religius




Pengamatan
Jurnal pengamatan Spiritual





2.3
Disiplin menjalankan ajaran Yantra, Tantra dan Mantra dalam kehidupan nyata
Mengembangkan sikap ingin tahu pada ajaran Tantra, Yantra dan mantra


Disiplin dalam melaksanakan ajaran tantra, Yantra dan Mantra dalam kehidupan


-Mampu mengembangkan sikap ingin tahu pada ajaran Tantra, Yantra, dan Mantra




-Mampu melaksankan ajaran Tantra, Yantra, dan Mantra dalam kehidupan
Rasa Ingin Tahu




Disiplin dan bertanggung Jawab
Pengamatan







Jurnal Pengamatan Sikap

3.3








Menerapkan ajaran Yantra, Tantra dan Mantra


-Menerapkan Tantra, Yantra dan Mantra

- Menguraikan fungsi dan manfaat Tantra, Yantra dan Mantra
- Menguraikan hubungan Yantra,Tantra dan Mantra

- Menguraikan tujuan dan dampak mempraktekkan ajaran Tantra, Yantra dan Mantra

Tantra, Yantra, dan Mantra
-Mampu menjelaskan pengertian tantra, yantra , dan mantra



-Mampu menjabarkan fungsi dan manfaat Tantra, Yantra, dan Mantra




-Mampu menjabarkan hubungan Tantra ,Yantra, dan Mantra



-Mampu menguraikan tujuan dan dampak mempraktekan ajaran Tantra, Yantra dan Mantra
Percaya diri, disiplin, mandiri, bertanggung jawab



Test




Test






Test





Test
Esay




Pilihan Ganda






Benar-Salah




Essay

Buku Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK kelas XII,

4.3
Mempraktekkan ajaran Yantra, Tantra dan  Mantra dalam kehidupan
-Menyaji contoh-contoh pelaksanaan  Tantra


- Menunjukkan bentuk-bentuk Yantra, Tantra dan Mantra yang dipergunakan dalam praktik kehidupan beragama


- Mempraktikkan membuat bentuk Yantra,Tantra dan Mantra

- Melafalkan beberapa Sloka Mantra

Tantra, Yantra, dan Mantra
Dengan kegiatan presentasi siswa dapat menunjukan contoh contoh pelaksanaan ajaran Tantra


-Mampu menyajikan bentuk-bentuk Tantra, yantra dan Mantra yang digunkan dalam praktik kehidupan beragama






-Mampu mempraktikkan benyuk Yantra, Tantra, dan Mantra



-Melalui kegiatan presentasi siswa mampu melafalkan beberapa sloka mantra
Disiplin, tanggung jawab, sopan santun, percaya diri.
Presentasi




Penugasan









Penugasan




presentasi
Unjuk kerja




Terstruktur









Terstruktur




Unjuk Kerja


Mengetahui
Kepala SMAN 1 Rendang



I Putu Sudibawa, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801 1001
Rendang,
Guru Pendidikan Agama Hindu
dan budi Pekerti



I Made Yuda Asmara. S.Pd.H., M.Pd
NIP. 19870912 201101 1 009














Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Satuan Pendidikan      : SMK
Kelas/Semester            : XII/II
Kompetensi Inti
 KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
 KI 2: Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
 KI 3:Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda  sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar
IPK
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Karakter
Sumber Belajar
1.4  Mengamalkan konsep Astangga Yoga dalam upaya mencapai Moksa


2.4 Disiplin menjalankan Astangga Yoga dalam upaya mencapai Moksa

3.4 Memahami Astangga Yoga untuk mencapai Moksa












4.4 Menyajikan Astangga Yoga untuk mencapai Moksa



·         Mengucapkan doa mulai belajar
·         Menunjukkan sikap sempurna dalam pengucapan doa mulai belajar


·         Mampu hadir tepat waktu
·         Memposisikan duduk sesuai denah tempat duduk

·         Menggali informasi tentang Ajaran Astangga Yoga
·         Menguraikan Bagian-bagian Astangga Yoga
·         Menguraikan Hambatan dan Tantangan dalam Penerapan Astangga Yoga


·         Mengidentifikasi Manfaat Ajaran Astangga Yoga untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani
·         Mengidentifikasi Penerapan Astangga Yogadalam Mencapai Moksha

·         Menerapkan Astangga Yoga sebagai Dasar Pembentukan Budi Pekerti Luhur Dalam Zaman Globalisasi

Astangga Yoga
·      Mengembangkan cara hidup sehat jasmani dan rohani
·      Disiplin dalam menjalankan Astangga Yoga demi kedamaian

Mengamati :
·      Mendengarkan Pendidik menjelaskan Astangga Yoga
·      Pendidik menunjukkan contoh sikap-sikap Yoga dan peserta didik menirukan dengan benar

Menanya:
·      Menanyakan manfaat Hatta Yoga dan Yoga Asanas dalam kehidupan
·      Pendidik memberikan kesempatan secara bergantian memperagakan Astangga Yoga

Mengeksplorasi/Mengumpulkan informasi :
·      Mempresentasikan dan mempraktikkan berbagai gerakan Astangga Yoga
·      Mengumpulkan data-data manfaat melaksanakan Astangga Yoga dalam kehidupan

Mengasosiasi/Menalar
·      Mengungkapkan contoh masing-masing bagian dalam Astangga Yoga
·      Menganalisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam penerapan Astangga Yoga maupun dalam praktik-praktik Yoga

Mengomunikasikan :
·      Membuat hasil laporan dan kesimpulan manfaat melaksanakan Yoga terhadap kesehatan jasmani-rohani
·      Peserta didik membuat dalam bentuk gambar-gambar/fotokegiatan latihan Yoga
Sikap Spiritual :
·      Sehat jasmani-rohani dengan melakukan Yoga Asanas (Penilaian diri/Self assessment )

Sikap Sosial
·      Disiplin dan saling mencintai terhadap seluruh mahluk  (Penilaian teman sebaya/peer assessment)


Tugas :
·      Membuat ringkasan materi Yoga
·      Mempraktikkan Yoga dan Meditasi dalam kehidupan sehari-hari


Observasi
·      Mengumpulkan hasil pengamatan pelaksanaan praktik Yoga dan meditasi dalam masyarakat


Portofolio
·      Peserta didik membuat laporan manfaat latihan Yoga dan tanggapan terhadap ajaran Yoga

Tes :
Tes Tertulis, lisan materi Yoga
Religius












Disiplin




Mandiri



Rasa ingin tahu










Kreatif







Komunikatif











Mandiri

Buku Pendidikan Agama Hindu dan Budi pekerti KLS XII
1.5  Menghayati konsep ajaran  yang tertuang dalam Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha 

2.5 Berprilaku jujur dan disiplin menjalankan ajaran Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha dalam pergaulan hidup

3.5 memahami ajaran Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha dalam kehidupan sehari-hari





4. 5 Menyajikan dan menguraikan contoh-contoh Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha dalam kehidupan sehari-hari
·    Mengucapkan doa mulai belajar

·    Menunjukkan sikap sempurn dalam pengucapan doa mulai belajar

·    Mampu hadir tepat waktu
·    Memposisikan duduk sesuai denah tempat duduk


·    Menjelaskan ajaran Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha
·    Menguraikan bagian-bagian Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha
·    Mengemukakan sumber-sumber kitab yang mendukung terwujudnya Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha
·    Menjelaskan tujuan dan manpaat ajaran Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha dalam pembentukan kepribadian
·    Menyaji Catur Marga Yoga dalam kehidupan sehari-hari
·      Menunjukkan dengan contoh kategori pengendalian atas ucapan dalam Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha
·         Menganalisis penerapan Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha melalui cerita rakyat
Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha 
·      Mengembangkan perbuatan dharma dengan menjalankan Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha untuk menjaga keharmonisan hidup
·      Disiplin dalam ajaran Dasa Yama Bratha dan Nyama Bratha untuk mencapai kedamaian hidup

Mengamati :
·      Menyimak paparan ajaran Dasa Yama Bratha dan Nyama Bratha
·      Mengamati sikap prilaku temanya yang sesuai dengan Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha

Menanya :
·      Menanyakan penjelasan bagian-bagian Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha
·      Pendidik memberikan kesempatan menjawab hakikat Ahimsa dalam upaya menjaga keseimbangan dan kedamaian dalam kehidupan

Mengeksplorasi/mengumpulkan informasi  :
·      Mengumpulkan data contoh sikap hidup sesuai dengan Dasa Yama Bratha dan Nyama Bratha
·      Mengumpulkan sumber-sumber kitab untuk mendukung terwujudnya Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha dalam kehidupan

Mengasosiasi/Menalar :
·      Menyimpulkan manfaat ajaran Dasa Yama Bratha dan Nyama Bratha
·      Menganalisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam penerapan Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha

Mengkomunikasikan :
·      Menyampaikan hasil belajar dalam bentuk tulisan tujuan masing-masing bagian Dasa Yama Bratha dan Nyama Bratha
·      Membuat karikatur pengalaman ajaran Dasa Yama Bratha dan Nyama Brata

Religius






Disiplin






Rasa Ingin Tahu






















Mandiri











Kreatif







Mengetahui
Kepala SMAN 1 Rendang



I Putu Sudibawa, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801 1001
Rendang,
Guru Pendidikan Agama Hindu
dan budi Pekerti



I Made Yuda Asmara. S.Pd.H., M.Pd
NIP. 19870912 201101 1 009

  




hubungi saya via WA : 085237290333.


EmoticonEmoticon