SILABUS MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA HINDU
DAN
BUDI PEKERTI TINGKAT SMA / SMK
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Rendang
Kelas : X
Semester : I
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi Pokok : Nilai-nilai yajna dalam Kitab Ramayana
Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Idikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Nilai Pend Karakter
|
Penilaian
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
1.1
1.2
|
Menghayati nilai-nilai Yajňa yang terkandung dalam
kitab Rāmāyaṇa.
Menghayati sikap bertanggung jawab terhadap nilai-nilai
Yajňa yang terkandung dalam kitab Rāmāyaṇa.
|
Mengamalkan pelaksanaan yajna yang terkandung kitab Ramayana di sekolah
dan masyarakat.
Membuktikan
sikap bertanggung jawab terhadap nilai-nilai yajna yang terkandung dalam
kitab Ramayana
|
Pelaksanaan Tri Sandhya, berdoa mulai
pembelajaran dan mengakiri pembelajaran
Purnama, tilaem dan hari raya besar
lainya.
Menunjukkan prilaku
kerjasama dan saling tolong sebagai bentuk yajna
kepada sesame.
|
Religius
Desiplin dan tanggung jawab
|
Pengamatan
|
Jurnal pengamatan Spiritual
Jurnal pengamatan Sikap Sosial
|
||
3.1
|
Memahami hakekat dan nilai-nilai Yajňa yang terkandung
dalam kitab Rāmāyaṇa
|
Menganalisis
nilai-nilai yajna yang terkandung dalam
Teks ceritra Ramayana
Menganalisis
nilai-nilai yajna yang terkandung dalam sebuah tayangan Video ceritra
Ramayana
|
Ceritra Ramayana
|
Siswa dapat menganalisis nilai-nilai Panca Yajna
yang terdapat dalam teks Ramayana
Siswa dapat menganalisis nilai-nilai
panca yajna yang terdapat dalam video Ramayana
|
Religius
|
Test
|
Esay
|
Buku Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi Pekerti
SMA/SMK kelas X, Pendidikan dan kebudayaan.
|
4.1
|
Menyajikan
nilai-nilai pelaksanaan Yajňa menurut kitab Rāmāyaṇa dalam kehidupan
|
Menentukan nilai-nilai pelaksanaan yajna menurut kitab Ramayana dalam
kehidupan sehari-hari di masyarakat
|
Pelaksanaan yajna / panca yajna dalam kehidupan
masyarakat di Bali
|
Siswa dapat menunjukkan dengan memperhatikan
pelaksanaan yajna dalam kehidupan masyarakat.
|
Penugasan
Presentasi
|
Terstruktur
Tidak
Terstruktur
Unjuk
Kerja
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1Rendang
Kelas : X
Semester : I
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi Pokok : Upaweda
Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Idikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Nilai Pend Karakter
|
Penilaian
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
1.1
1.2
|
Mengamalkan ajaran Upaweda sebagai tuntunan hidup
Mengamalkan ajaran Upaweda sebagai tuntunan hidup
|
Mengamalkan
ajaran Upaweda
Membuktikan
sikap bertanggung jawab terhadap Ajaran Upaweda
|
Melaksanakan Tri Sandhya, berdoa mulai
pembelajaran dan mengakiri pembelajaran
Menunjukkan moral dan etika yang baik dan saling tolong sebagai bentuk aplikasi ajaran Itihasa dalam kehidupan.
|
Religius
Desiplin, sopan santun dan tanggung jawab
|
Pengamatan
|
Jurnal pengamatan Spiritual
Jurnal pengamatan Sikap Sosial
|
||
3.1
|
Memahami
ajaran Upaveda sebagai tuntunan hidup
|
Menyusun
Struktur Weda
Merangkum
nilai-nilai
yang terdapat dalam ajaran kitab Itihasa
Menganalisis
kelompok dan jenis Purana
|
Upaweda
|
Menyusun struktur
Weda
Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam kitab Upaweda yaitu pada kitab Itihasa dan Purana
Menganalisis kelompok dan jenis Purana.
Mengamati Video / Gambar cerita Purana dan menentukan jenis dan kelompoknya.
|
Religius
|
Test
|
Esay dan Objektif
|
Buku Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi
Pekerti SMA/SMK kelas X, Pendidikan dan kebudayaan.
I
Made Titib ,VEDA Sabda Suci, 1966, Paramita Surabaya.
|
4.1
|
Menyajikan bagian-bagian Upaveda sebagai tuntunan hidup
|
Menjelaskan kedudukan Upaveda dalam Weda
|
Menunjukkan gambar struktur Weda dari hasil kegiatan
kelompoknya.
|
Penugasan
Presentasi
|
Terstruktur
Tidak
Terstruktur
Unjuk
Kerja
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Kelas : X
Semester : I
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi Pokok : Wariga
Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Idikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Nilai Pend Karakter
|
Penilaian
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
1.3
2.3
|
Menghayati hakekat Wariga dalam kehidupan
Mengamalkan
Wariga dalam kehidupan sehari-hari;
|
Mengamalkan pelaksanaan
ajaran Wariga di sekolah dan masyarakat
Membuktikan
sikap bertanggung jawab terhadap ajaran Wariga
|
Melaksanakan persembahyangan Purnama, Tilem dan
hari raya besar lainya sebadai bentuk pengamalan dari ajaran Wariga.
Menunjukkan prilaku penerapan ajaran Wariga (disiplin dalam melaksanakan persembahyangan
Purnama, Tilem, Saraswati dan Pagerwesai)
|
Religius
Desiplin dan tanggung jawab
|
Pengamatan
|
Jurnal pengamatan Spiritual
Jurnal pengamatan Sikap Sosial
|
||
3.3
|
Memahami hakekat Wariga dalam kehidupan
|
Mengarahkan
dalam menentukan wewaran dalam Wariga
Menganalisis
macam-macam Wariga untuk upacara agama
Menganalisis
dampak dari Wariga terhadap pertanian
|
Hakekat Wariga dalam kehidupa
·
Pengertian
Wariga
·
Hakekat
Wariga
·
Menentukan
Wariga
·
Macam-Macam
Wariga
·
Dampak
dari Wariga
Wewaran
|
Menentukan Wewaran dengan tabel dan jari tangan
Menganalisis macam-macam Wariga untuk upacara
agama.
Menganalisis dampak positip dan negatip dari Wariga terhadap
pertanian
|
Percaya diri, disiplin
|
Test
|
Esay
objektif
|
Buku Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi
Pekerti SMA/SMK kelas X, Pendidikan dan kebudayaan.
I Wayan Tusan, Penuntun Padewasan dan Wariga,
I Kt. Bambang Gede Rawi (alm), Kalender,
|
4.3
|
Mempraktikkan cara menentukan Wariga dalam kehidupan umat Hindu;
|
Menunjukkan cara menentukan wariga dalam kehidupan umat Hindu
|
Wewaran, Wuku
|
Presentasi cara menentukan Wewaran dan Wuku dalam Wariga.
Mendemonstrasikan cara menetukan Wewaran
dengan jari Tangan dan Tabel
|
Disiplin, tanggung jawab, sopan santun,
percaya diri.
|
Penugasan
Presentasi
|
Terstruktur
Tidak
Terstruktur
Unjuk
Kerja
|
Mengetahui
Kepala SMAN 1 Rendang
I Putu Sudibawa,
S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801 1001
|
Rendang,
Guru Pendidikan
Agama Hindu
dan budi
Pekerti
NIP. 19870912 201101 1 009
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA 1 Rendang
Kelas : X
Semester : II
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi Pokok : DARSANA
KompetensiInti :
KI 1
|
:
|
Menghayatidanmengamalkanajaran agama yang
dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi
atasberbagaipermasalahandalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamsertadalammenempatkandirisebagaicerminanbangsadalampergaulandunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan,
menganalisispengetahuanfaktual, konseptual, proseduralberdasarkan rasa
ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian,
sertamenerapkanpengetahuanproseduralpadabidangkajian yang
spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrakterkaitdenganpengembangandari
yang dipelajarinya di sekolahsecaramandiri,
danmampumenggunakanmetodasesuaikaidahkeilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Idikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi Pembelajaran
|
KegiatanPembelajaran
|
Nilai Pend Karakter
|
Penilaian
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
BentukInstrumen
|
|||||||
1.1
1.2
|
Mengamalkan ajaran Darsana dalam agama Hindu
Mengamalkan
Kebenaran yang tertuang dalam ajaran Darsana
|
Mengamalkan
ajaran Darsana dalam agama Hindu
Membiasakan
berprilaku yang baik dan benar
|
Pelaksanaan Tri Sandhya, berdoa mulai
pembelajaran dan mengakhiri
pembelajaran dan melaksanakan yajna sebagai bentuk pelaksanaan Bakti marga
yoga yang merupakan salah
satu dari ajaran Yoga Darsana.
Menunjukkan prilaku yang baik dan benar sebagai bentuk penerapan
ajaran kebenaran.
|
Religius
Desiplin, sopan santun dan bertanggung jawab
|
Pengamatan
|
Jurnal pengamatan Spiritual
Jurnal pengamatan Sikap Sosial
|
||
3.4
|
Memahami
ajaran Dharsana dalam agama Hindu
|
Menganalisis
ajaran-ajaran yang tertuang dalam filsafat Hindu
Menganalisis
pokok-pokok ajaran Sad Darsana
|
AjaranDharsanadalam agama Hindu
SistemFilsafat
Hindu
Sad Darsana
|
Melalui kegiatan diskusi siswa dapat
menganalisis ajaran-ajaran yang tertuang dalam filsafat Hindu
Melalui kegiatan diskusi siswa dapat
menganalisis pokok-pokok ajaran Sad
Darsana
|
Religius
|
Test
|
Esay
Objektif
|
Buku Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi
Pekerti SMA/SMK kelas X, Pendidikan dan kebudayaan.
|
4.4
|
Menyajikan
bagian-bagian ajaran Dharsana sebagai
bagian dalam filsafat Hindu
|
Menentukan bagian-bagian filsafat Nawa Darsana
|
Nawa Darsana
|
Siswa dapat menunjukkan di depan kelas
Peta Konsep ajaran Nawa Darsana
|
Penugasan
Presentasi
|
Terstruktur
Tidak
Terstruktur
Unjuk
Kerja
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA 1 Rendang
Kelas : X
Semester : II
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi Pokok : CATUR ASRAMA
KompetensiInti :
KI 1
|
:
|
Menghayatidanmengamalkanajaran agama yang
dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayatidanmengamalkanperilakujujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsifdan
pro-aktifdanmenunjukkansikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamsertadalammenempatkandirisebagaicerminanbangsadalampergaulandunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan,
menganalisispengetahuanfaktual, konseptual, proseduralberdasarkan rasa
ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya,
danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian,
sertamenerapkanpengetahuanproseduralpadabidangkajian yang
spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar,
danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrakterkaitdenganpengembangandari yang
dipelajarinya di sekolahsecaramandiri,
danmampumenggunakanmetodasesuaikaidahkeilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Idikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi Pembelajaran
|
KegiatanPembelajaran
|
Nilai Pend Karakter
|
Penilaian
|
SumberBelajar
|
||
Teknik
|
BentukInstrumen
|
|||||||
1.2
2.2
|
Menghayatiajaran Catur Asrama sebagai
tingkat hidup dalam Masyarakat
Mengamalkan
pola hidup sesuai dengan tingkatan dan ranah yang diamanatkan Catur Asrama
|
Mengamalkan
ajaran Brahmacari Asrama terhadap Guru Swadyaya.
Membisakan sikap
bertanggung jawab terhadap pola hidup sesuai dengan
tingkatan dan ranah yang diamanatkan Catur Asrama
|
Pelaksanaan Tri Sandhya, berdoa mulai
pembelajaran, mengakiri pembelajaran dan melaksanakan kegiatan
persembahyangan
Menunjukkan sikap dan perilaku yang mencerminkan pelaksanaan ajaran Catur asrama
terhadap catur Guru di lingkungan sekolah
|
Religius
Disiplin, sopan santun dan tanggung jawab
|
Pengamatan
|
Jurnal pengamatan Spiritual
Jurnal pengamatan Sikap Sosial
|
||
3.5
|
Memahami
pengetahuan konseptual tentang ajaran Catur Asrama
|
Menganalisis
Kewajiban-kewajiban
masing-masing bagian Catur Asrama
|
Catur Asrama
Bagian-bagian Catur Asrama
Kewajiban-kewajiban dalam Catur Asrama
|
Mendiskusikan Kewajiban-kewajiban
masing-masing bagian Catur Asrama dalam sastra Hindu
Menyimak tayangan video tentang
kewajiban Brahmacari, Grhastha, Wanaprastha dan Biksuka dalam kehidupan di
masyarakat.
|
Disiplin, Tanggung Jawab, Percaya Diri
|
Test
|
Esay dan Objektif
|
Buku Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi
Pekerti SMA/SMK kelas X, Pendidikan dan kebudayaan.
Kajian Naskah Lontar Siwagama,Dinas kebudayaan
prov.Bali, 2002
|
4.5
|
Menyajikan
ajaran Catur Asrama dalam tatanan hidup
|
Merancang Video pendek tentang kewajiban
masing-masing ajaran catur asrama
Mendemonstrasikan
kewajiban Brahmacari terhadap guru Catur Guru melalui tayangan Video
|
Siswa dapat membuat tampilan aplikasi masing-masing ajaran catur asrama
Melalui kegiatan kelomwok siswa
menampilkan video aplikasi ajaran Brahmacari terhadap Catur Guru
|
Penugasan
Presentasi
|
Terstruktur,
Tidak
Terstruktur
Proyek
Produk
Unjuk
Kerja
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA 1
Rendang
Kelas : X
Semester : II
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi Pokok : CATUR WARNA
KompetensiInti:
KI 1
|
:
|
Menghayatidanmengamalkanajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayatidanmengamalkanperilakujujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsifdan
pro-aktifdanmenunjukkansikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamsertadalammenempatkandirisebagaicerminanbangsadalampergaulandunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan,
menganalisispengetahuanfaktual, konseptual, proseduralberdasarkan rasa
ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian,
sertamenerapkanpengetahuanproseduralpadabidangkajian yang
spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrakterkaitdenganpengembangandari
yang dipelajarinya di sekolahsecaramandiri,
danmampumenggunakanmetodasesuaikaidahkeilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Idikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi Pembelajaran
|
KegiatanPembelajaran
|
Nilai Pend Karakter
|
Penilaian
|
SumberBelajar
|
||
Teknik
|
BentukInstrumen
|
|||||||
1.1
2.2
|
Menghayati ajaran Catur Warna sesuai
susastra Hindu
Menjalankan pola hidup gotong royong
dan kerjasama, serta berinteraksi secara efektif sesuai degan tatanan ajaran
catur Warna
|
Mengamalkan pelaksanaan
ajaran Catur Warna sesuai susastra Hindu
Membuktikan
sikap bertanggung jawab terhadap ajaran Catur Warna
|
Siswa melaksanakan persembahyanganPurnama,
tilaem dan hari raya besar lainya.
Siswa menunjukkanprilakugotong royong dan kerjasama
dalam kegiatan piket kelas yang menunjukan penerapan dari ajaran catur Warna
|
Religius
Desiplin, tanggung jawab, gotong royong dan
kerjasama
|
Pengamatan
|
Jurnal pengamatan Spiritual
Jurnal pengamatan Sikap Sosial
|
||
3.6
|
Memahami
pengetahuan konseptual ajaran Catur Warna sesuai susastra Hindu
|
Membandingkan
catur Warna dengan catur Kasta
Menganalisis
kewajiban masing-masing warna dalam Catur Warna
|
Pengetahuan konseptual ajaran Catur Warna sesuai susastra
Hindu
Bagian-bagian Catur Warna
Kewajiban Masing
|
Siswa diskusi kelompok mencari kesamaan dan perbedaan antara Catur Warna dan Catur Kasta
Siswa diskusi kelompok menganalisis kewajiban
masing-masing warna dalam catur warna (Kitab suci Hindu)
Siswa diskusi menganalisis kewajiban masing-masing warna
dalam kehidupanse hari-hari
|
Percaya diri, disiplin
|
Test
|
Esay
objektif
|
Buku Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi
Pekerti SMA/SMK kelas X, Pendidikan dan kebudayaan.
|
4.6
|
Menyajikan
masing-masing fungsi Catur Warna dalam kehidupan masyarakat
|
Merancang cerita pendek tentang fungsi Brahnana, Ksatriya, Waisya dan
Sudra dalam masyarakat.
Mendemontrasikan fungsi Brahnana, Ksatriya, Waisya dan Sudra dalam
masyarakat.
|
Siswa kerja kelompok membuat
tampilan fungsi masing-masing Catur Warna
Kegiatan kelompok siswa untuk mendemontrasikan fungsi dari
Brahnana, Ksatriya, Waisya dan Sudra dalam masyarakat.
Membuat tugas dalam bentuk kliping
yang bertema”tugasdanfungsiCaturWarna”dilengkapidenganketerangangambar-gambar/
foto
|
Disiplin, tanggung jawab, sopan santun,
percaya diri.
|
Penugasan
Presentasi
|
Terstruktur
Tidak
Terstruktur
Unjuk
Kerja
|
Mengetahui
Kepala SMAN 1 Rendang
I Putu Sudibawa,
S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801 1001
|
Rendang,
Guru Pendidikan
Agama Hindu
dan budi
Pekerti
I Made Yuda Asmara. S.Pd.H., M.Pd
NIP. 19870912 201101 1 009
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA N 1 Rendang
Kelas : XI
Semester : I
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi Pokok : Yoga Menurut susastra Hindu
Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Idikator Pencapaian
Kompetensi
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai Pend Karakter
|
Penilaian
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
1.1
|
Menghayati Yoga Asanas
secara teori dan praktek menurut Susastra Hindu.
|
Memahami pengertian dan
pelaksanaan Yoga menurut Sastra Hindu
|
Yoga menurut
Sastra Hindu
|
Membiasakan diri
hidup sehat jasmani dan rohani dengan melakukan yoga asanas
|
Relegius
|
Pengamatan
|
Jurnal Pengamatan
|
buku Pendidikan
Agama Hindu dan Budi pekerti kelas XI
|
1.2
|
Mengamalkan perilaku
disiplin melaksanakan yoga asanas
dalam kehidupan
|
Mengaplikasikan
perilaku
disiplin melaksanakan yoga asanas
dalam kehidupan
|
Menunjukkan
sikap disiplin melaksanakan aturan yoga asanas untuk mencapai kehidupan yang
harmonis
Mengamati
tayangan video visual salah satu gerakan surya namaskar
|
Disiplin,
tanggungjawab
|
Pengamatan
|
Jurnal
Pengamatan
|
||
1.3
|
Menerapkan yoga asanas
menurut susastra Hindu
|
Menentukan yoga asanas menurut
susastra Hindu
|
Mengumpulkan
siswa membentuk kelompok kecil untuk belajar
Yoga Asanas menurut Susastra Hindu
|
Tanggung
jawab
|
Penugasan
|
tes
|
||
1.4
|
Menyajikan Yoga
Asanas dalam kehidupan sehari-hari
|
Menggabungkan gerakan Yoga
Asanas dalam kehidupan sehari-hari
|
Mempraktekkan
cara melakukan gerakan yoga asanas
|
Percayadiri
|
presentasi
|
Unjuk kerja
|
||
2.1
|
Mengamalkan Nilai-nilai
yadnya sesuai dengan ajaran Mahabrata
|
Mengaplikasikan Nilai-nilai
yadnya sesuai dengan ajaran Mahabrata
|
Hakikat Yadnya
yang terkandung dalam Mahabarata
-Pengertian dan
hakikat yadnya
-Yadnya dalam
Mahabarata dan masa kini
-Syarat-syarat dan
aturan dalam pelaksanaan yadnya
-memprakteikkan
yadnya menurut kitab Mahabarata dalam kehidupan
|
-Memahami
Nilai-nilai yadnya dalam ajaran Mahabarata
|
Relegius
|
Pengamatan
|
Jurnal
kerja
|
|
2.2
|
Mengamalkan
Nilai-nilai yadnya sejalan ajaran Mahabrata dalam kehidupan sehari-hari
|
Menerapkan Nilai-nilai yadnya
sejalan ajaran Mahabrata dalam kehidupan sehari-hari
|
-Mengamati
pelaksanaan upacara Yadnya yang tertuang dalam ajaran Mahabarata
|
Disiplin
|
Tugas
|
tes
|
||
2.3
|
Memahami
hakikat yadnya yang terkandung dalam Mahabarata
|
Menerangkan hakikat yadnya yang
terkandung dalam Mahabarata
|
-Mengumpulkan
berbagai informasi dari berbagai sumber terkait dengan hakikat dan
nilai-nilai Yadnya yang tertuang dalam ajaran Mahabarata
-Mewawancarai
beberapa narasumber (guru) yang ada dilingkungan sekolah terkait dengan
hakikat dan nilai-nilai yandnya yang tertuang dalam ajaran Mahabarata
|
Tanggung
jawab
Tanggung
jawab
|
Penugasan
|
Essay
|
||
2.4
|
Menyajikan pelaksanaan yadnya
menurut mahabarata dalam kehidupan
|
Mempraktekkan pelaksanaan yadnya menurut mahabarata dalam
kehidupan
|
-Membuat sarana
upakara yadnya yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari
-Mendiskusikan
makna-makna yang terkandung dalam sarana upakara yadnya
|
Percaya
diri
|
||||
3.1
|
Menghayati ajaran Moksa sebagai
Tujuan akhir Menurut Agama Hindu
|
Memahami ajaran Moksa sebagai
Tujuan akhir Menurut Agama Hindu
|
-Membentuk
kelompok kecil untuk berdiskusi terkait tentang Moksa, tingkatan Moksa dan
jalan untuk mencapai Moksa.
|
Disiplin
|
Pengamatan
|
Jurnal kerja
|
||
3.2
|
Mengahayati ajaran Moksa sebagai
Tujuan akhir Menurut Agama Hindu
|
Memahami ajaran Moksa sebagai
Tujuan akhir Menurut Agama Hindu
|
Mengkorelasikan
ajaran Moksha dengan ajaran Catur Marga
|
Rasa
ingin tahu
|
Lisan
|
Tes
|
||
3.3
|
Memahami pengetahuan konseptual
bahwa moksa sebagai tujuan akhir menurut agama Hindu
|
Mengklasifikasikan pengetahuan
konseptual tentang moksa sebagai tujuan akhir menurut agama Hindu
|
Mendiskusikan tingkatan – tingkatan dan jalan untuk
mencapai moksha
|
Kerjasama
|
Diskusi
|
Lembar
pengamatan
|
||
3.4
|
Menalar Moksa sebagai tujuan
akhir Agama Hindu
|
Menunjukkan Moksa sebagai tujuan
akhir Agama Hindu
|
Mempresentasikan
hasil analisis dalam upaya mencapai Moksa sebagai tujuan akhir Agama Hindu
|
Tanggung
jawab
|
Diskusi
|
Lembar
pengamatan
|
Mengetahui
Kepala SMAN 1 Rendang
I Putu Sudibawa,
S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801 1001
|
Rendang,
Guru Pendidikan
Agama Hindu
dan budi
Pekerti
I Made Yuda Asmara. S.Pd.H., M.Pd
NIP. 19870912 201101 1 009
|
SILABUS
SEKOLAH :
SMAN 1 RENDANG
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI.
KELAS : XI
SEMESTER : II
KOMPETENSI INTI.
KI : 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI : 2
Mengembangkan prilaku ( jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli ,santun ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama,cinta
damai,responsif
dan pro aktif ) serta menunjukkan sikap
sebaqgai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam
berinteraksisecara efektif dengan lingkungan
sosial alam serta dalam menempatkan diri
sebagai bangsa dalam pergaulan dunia.
Ki : 3 Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual,konseptual, prosudural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang
sfesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah .
KI
: 4 Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri
yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
N0
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
AJAR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
NILAI PENDIDIKAN KARKATER
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
BAHAN
|
|||
TEKNIK
|
BENTUK INSTRUMEN
|
||||||||||
4.1
4.2
4.3
4.4
|
Mengamalkan
esensi ajaran bhakti sejati yang tertuang dalam Ramayana pada kehidupan
sehari hari.
Mengamalkan
esensi ajaran Bhakti sejati yang tercantum dalam Ramayana di lingkungan terdekat.
Memahami esensi Bhakti sejati dalam Ramayana.
Menyajikan esensi
Bhakti sejati dalam Ramayana.
|
*Menunjukan
ajaran Bhakti sejati dalam kitab
Ramayana
*Melakukan
perilaku Bhakti sejati
*Menelaah
seloka yang memuat tentang ajaran Bhakti sejati dalam Ramayana
*Memberi
contoh perilaku bhakti sejati untuk
membentuk budi pekerti yang luhur
*Mengimplementasikan
ajaran bhakti sejati sebagai landasan
pembentukan budi pekerti yang luhur dalam Zaman Modern
|
v
v
v
v
v
|
Esensi bhakti
sejati dalam Ramayana.
Ajaran bhakti sejati.
Bagian bagian ajaran bhakti sejati.
Sloka ajaran
Bhakti sejati dalam Ramayana.
Bentuk penerapan
Bhakti sejati dalam kehidupan.
Ajaran Bhakti
sejati sebagai dasar pembentukan budi pekerti yang luhur dalam Zaman Global.
|
Ø
Ø
Ø
Ø
Ø
|
*Mengembangkan
perbuatan Nawa Widya Bhakti sehingga tercipta kedamaian dan keharmonisan
*Menunjukan sikap
disiplin dalam menjalani ajaran Nawa Wida Bhakti dengan meneladani perilaku
Rama
*Membaca
Buku tentang esensi Bhakti sejati
dalam Ramayana
*Mengamati
tayangan audio Visual Ramayana yang
berkaitan dengan ajaran Nawa Wida Bhakti. Mengumpulkan
beberapa informasi dari beberapa sumber terkait dengan esensi Bhakti sejati ,
Nawa Wida Bhakti dan cara untuk
melaksanakan ajaran Nawa Wida Bhakti
*Membentuk
beberapa kelompok yang terdiri dari 5 orang untuk mendiskusikan esensi Bhakti
sejati Nawa Wida Bhakti dan cara untuk
melaksanakan ajaran Nawa Wida Bhakti
*Menyampaikan hasil belajar dalam bentuk
tulisan hakekat ajaran Nawa Wida Bhakti
*Membuat
ringkasan tentang Bhakti sejati, Nawa Wida Bhakti dan cara penerapan ajaran Nawa Wida Bhakti
|
Tanggung Jawab
Disiplin
Bertanggung jawab
.
|
Tugas
Pengamatan
Pengamatan
Pengamatan
|
6 x 3 Jp
|
Buku Paket
Agama Hindu.
Kitab Ramayana.
Internet.
|
|
5.1
5.2
3.5
5.4
|
Menghayati 5
pilar keluarga Sukhinah untuk menciptakan keluarga yang rukun bahagia
sejahtera, dan damai.
Mengamalkan 5
pilar keluarga Sukhinah menuju
keluarga yang rukun bahagia sejahtera, dan damai.
Menerapkan
prilaku bertanggung jawab untuk
menciptakan keluarga sukinah.
Menyajikan
prilaku bertanggung jawab untuk menciptakan keluarga sukinah.
|
*Menunjukan
sikap perilaku yang mencerminkan keluarga Shukinah
* Mengikuti 5 pilar keluarga Sukhinah
menuju keluarga yang rukun bahagia
sejahtera, dan damai.
*Menunjukan
Syarat
sahnya suatu perkawinan menurut Hukum Hindu
* Membangun perilaku bertanggung jawab untuk
menciptakan keluarga sukinah
|
v
v
v
v
|
Prilaku
bertanggung jawab untuk menciptakan keluarga Sukhinah.
Pengertian dan
hakikat keluarga sukinah.
Tujuan Wiwaha
menurut Hindu.
Syarat sah suatu
Pawiwahan menurut
Hindu.
Lima Pilar
keluarga Sukinah.
|
Ø
Ø
Ø
|
Berperilaku Shukinah dalam kehidupan sehari-hari
*Menunjukan
sikap disiplin dalam menjalani lima
pilar keluarga Shukinah dan selalu menjaga kesehatan reproduksi
*Membaca
buku tentang lima pilar keluarga Shukinah
*Mengamati
tayangan audio visual prosesi sakralisasi wiwaha (perkawinan)
secara Hindu
*Mengumpulkan
beberapa nformasi dari berbagai sumber yang berkaitan dengan tanggung jawab
keluarga yang rukun bahagia dan sejahtera sesuai tujuan wiwaha
*Mencari
informasi dengan mewawancarai beberapa nara sumber yang berkaitan dengan
keluarga Shukinah
|
6 x 3 Jp
|
Buku Paket Agama Hindu
dan Budi Pekerti.
Kitab Manawadharmasastra.
Kitab Nitisastra.
|
Mengetahui
Kepala SMAN 1 Rendang
I Putu Sudibawa, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801 1001
|
Rendang,
Guru Pendidikan Agama
Hindu
dan budi Pekerti
I Made Yuda Asmara. S.Pd.H., M.Pd
NIP. 19870912 201101 1 009
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMAN 1 RENDANG
Kelas : XII
Semester : I
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi Pokok : Weda sebagai Sumber Hukum Hindu
Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Idikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Nilai Pend Karakter
|
Penilaian
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
1.1
|
Menghayati
dan mengamalkan Weda sebagai sumber Hukum Hindu yang tertuang dalam Weda
Sruti dan Smrti
|
-Menghayati dan
mewujudkan dalam prilaku keseharian prinsip hukum Hindu yang bersumber dari
Weda Sruti dan Smerti
- Meyakini hukum Hindu
dapat mewujudkan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat
|
-Mengembangkan
rasa keyakinan, kebenaran Weda Sruti dan Smrti sebagai sumber hukum Hindu.
|
Religius
|
Pengamatan /observasi
|
Jurnal pengamatan Spiritual
|
||
2.1
|
Menghayati
dan mengamalkan prilaku disiplin ajaran Weda sebagai sumber Hukum Hindu
|
- Disiplin melaksanakan
hukum Hindu dalam kehidupan
- Mengembangkan sikap
ingin tahu pada sistem hukum Hindu
|
-Siswa dapat
menunjukkan prilaku disiplin dalam menjalankan Weda Sruti dan Smrti untuk
mencapai kedamaian hidup
|
Desiplin dan tanggung jawab
|
Jurnal pengamatan Sikap Sosial
|
|||
3.1
|
Memahami klasifikasi
Weda sebagai sumber Hukum Hindu
|
- Menentukan
makna dan hakikat Weda sebagai sumber
Hukum Hindu
- Mengkodifikasikan Weda sebagai
sumber Hukum Hindu.
-
Menganalisis perkembangan Hukum Hindu
- Menentukan yang termasuk
sebagai sumber-sumber Hukum Hindu
- Menunjukkan persamaan
dan perbedaan peran Hukum Hindu dengan Hukum Nasional
|
Weda
sebagai Sumber Hukum Hindu
|
-Menemukan makna dan hakikat Weda sebagai sumber
hukum Hindu
-Memaparkan tentang Weda sebagai sumber
hukum Hindu.
-Mampu menganalisa perkembangan Hukum Hindu
-Mampu menjabarkan sumber-sumber hukum Hindu.
-Mampu menentukan persamaan dan perbedaan
peran hukum Hindu dengan Hukum Nasional
|
Religius
Disiplin, Percaya Diri, Mandiri,
Bertanggung Jawab
|
Test
Test
Test
Test
Test
|
Esay
Test
Benar Salah
Essay
Make a match
(menjodohkan)
Essay
|
Buku Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi
Pekerti SMA/SMK kelas XII
|
4.1
|
Menyajikan klasifikasi Weda
sebagai sumber hukum Hindu
|
- Menyesuaikan Sloka-sloka yang
berkaiatan dengan sumber Hukum Hindu
- Menunjukkan dengan contoh penerapan Hukum
Hindu di masyarakat
- Menunjukkan dengan contoh bentuk hubungan
hukum Hindu dengan budaya dan adat istiadat di daerah masing-masing
-
Menyaji pengaruh hukum Hindu terhadap hukum adat di Bali
yang bertumpu pada Tri Hita Karana
|
Weda sebagai
Sumber Hukum Hindu
|
-Mampu menemukan sloka –sloka yang berkaitan dengan sumber hukum Hindu
-Melalui
kegiatan presentasi siswa mampu menganalisis
contoh penerapan Hukum Hindu di masyarakat
-Mampu memaparkan hubungan hukum Hindu
dengan budaya dan adat istiadat di daerah masing-masing
-Mendemontrasikan pengaruh hukum Hindu
terhadap hukum Adat di Bali yang bertumpu pada Tri Hita Karana
|
Mandiri,
Percaya diri, Bertanggung Jawab
|
Penugasan
Presentasi
Penugasan
Presentasi
|
Terstruktur
Tidak
Terstruktur
Unjuk
Kerja
Terstruktur
Unjuk Kerja
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMAN 1 RENDANG
Kelas : XII
Semester : I
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi Pokok : Sejarah Perkembangan Kebudayaan Hindu di
Dunia
Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Idikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Nilai Pend Karakter
|
Penilaian
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
1.2
|
Menghayati
perkembangan agama Hindu di dunia
|
-
Menghormati warisan kebudayaan para leluhur
-
Bersyukur mewarisi peninggalan para leluhur
-
Membiasakan menjaga dan melestarikan warisan kebudayaan Hindu sebagai aset
bersama
|
-Membiasakan
diri berdoa untuk menghormati para leluhur pelaku sejarah
-Senantiasa
mensyukuri warisan peninggalan para leluhur
-Mampu menjaga
dan melestarikan wariasan kebudayaan Hindu sebagai asset bersama
|
Religius
Desiplin, sopan santun dan tanggung jawab
|
Pengamatan
|
Jurnal pengamatan Spiritual
Jurnal pengamatan Sikap Sosial
|
||
2.2
|
Peduli terhadap perkembangan agama
Hindu di dunia
|
Mengembangkan
sikap ingin tahu terhadap nilai-nilai mulya peninggalan kebudayaan Hindu
Mengembangkan
prilaku bertanggung jawab dalam ikut melestarikan kebudaayan para leluhur
|
-Siswa mampu
mengembangkan sikap ingin tahu terhadap nilai-nilai mulya peninggalan
kebudayaan Hindu
-Siswa mampu
menembangkan prilaku bertanggung jawab dalam ikut melestarikan kebudayaan
para leluhur
|
Rasa
ingin tahu
Bertanggung
jawab
|
Pengamatan
|
Jurnal pengamatan Sikap Sosial
|
||
3.2
|
Memahami sejarah
perkembangan kebudayaan Hindu di dunia
|
-
Menguraikan kebudayaan prasejarah dan sejarah
kebudayaan Hindu di dunia
-
Menjelaskan sejarah perkembangan kebudayaan Hindu di India dan luar India
-
Menjelaskan teor-teori masuknya agama Hindu ke Indonesia
-
Menyebutkan peninggalan sastra-sastra Hindu yang pernah ada dan dipakai dalam
peradaban manusia
-
Menjelaskan kebudayaan Hindu nyang dikenal ditingkat Internasional
|
Sejarah Perkembangan Kebudayaan Hindu di
Dunia
|
-Mampu menjabarkan kebudayaan prasejarah
dan sejarah kebudayaan Hindu d dunia
-Mampu menggambarkan sejarah perkembangan
kebudayaan Hindu di India dan luar India
-Mampu menggali teori-teori masuknya agama
Hindu ke Indonesia
-Mampu mengidentifikasi
peninggalan-peninggalan sastra-sastra Hindu yang pernah ada dan dipakai dalam
peradaban Hindu
-Mampu menunjukkan kebudayaan Hindu yang
dikenal ditingkat Internasional
|
Religius, Mandiri, Disiplin,
Percaya Diri, Bertanggung Jawab
|
Test
Test
Test
Test
Test
Test
|
Esay
Test
Benar-Salah
Essay
Essay
Make a match
(menjodohkan)
Pilihan
Ganda
|
Buku Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi
Pekerti SMA/SMK kelas XII,
Pendidikan dan kebudayaan.
|
4.2
|
Menyaji bukti-bukti
prasejarah dan sejarah perkembangan agama Hindu di dunia
|
-
Menyaji bukti-bukti peninggalan masyarakat Prasejarah yang ada kaitanya
dengan kegiatan keagamaan
-
Menyaji bukti-bukti peninggalan kebudayaan Hindu yang bersifat monumental
yang ada di dunia
-
Menyaji bukti-bukti sejarah agama Hindu dalam bentuk gambar, karya tulis,
tembang, seni ukir, drama dan tari
-
Menunjukkan dengan contoh upaya-upaya kongkrit pelestarian peninggalan
kebudayaan Hindu di Indonesia
|
Sejarah Perkembangan Kebudayaan Hindu di Dunia
|
-Menunjukkan
gambar/video bukti-bukti peninggalan masyarakat Prasejaran yang ada
kaitannya dengan kegiatan keagamaan
-Mampu menunjukkan bukti-bukti peninggalan
kebudayaan Hindu yang bersifat monumental yang ada di dunia
-Melalui
kegiatan presentasi siswa mampu menunjukkan bukti-bukti sejarah agama Hindu
dalam bentuk gambar, karya tulis, tembang, seni ukir, drama dan tari
-Mampu menunjukkan upaya –upaya kongkrit
pelestarian peninggalan kebudayaan Hindu di Indonesia
|
Percayadiri,
mandiri, disiplin, bertanggung jawab
|
Penugasan
Penugasan
Presentasi
Penugasan
|
Terstruktur
Terstruktur
Unjuk Kerja
Terstruktur
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA/SMK
Kelas : XII
Semester : I
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi Pokok : Yantra, Tantra, dan Mantra
Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Idikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Nilai Pend Karakter
|
Penilaian
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
1.3
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku penghayatan ajaran Yantra, Tantra dan Mantra dalam
konsep Weda
|
Mengembangkan sikap bhakti kehadapan
ida Sanghyang Widhi dengan mengamalkan ajaran Tnantra, Yantra dan Mantra
Membiasakn mengucapkan doa dalam
melakukan kegiatan sebagai imlementasi ajaran Tantra, Yantra dan Mantra
|
-Melaksanakan persembahyangan kehadapan
Ida Sang Hyang Widhi serta mengamalkan ajaran Tantra, Yantra, dan Mantra
-Senantiasa mengucapkan doa dalam
melakukan kegiatan sebagai implementasi ajaran Tantra, Yantra, dan Mantra
|
Religius
|
Pengamatan
|
Jurnal pengamatan Spiritual
|
||
2.3
|
Disiplin menjalankan
ajaran Yantra, Tantra dan Mantra dalam kehidupan nyata
|
Mengembangkan sikap ingin tahu pada
ajaran Tantra, Yantra dan mantra
Disiplin dalam melaksanakan ajaran
tantra, Yantra dan Mantra dalam kehidupan
|
-Mampu mengembangkan sikap ingin tahu pada
ajaran Tantra, Yantra, dan Mantra
-Mampu melaksankan ajaran Tantra, Yantra,
dan Mantra dalam kehidupan
|
Rasa
Ingin Tahu
Disiplin
dan bertanggung Jawab
|
Pengamatan
|
Jurnal
Pengamatan Sikap
|
||
3.3
|
Menerapkan ajaran Yantra, Tantra dan Mantra
|
-Menerapkan Tantra, Yantra
dan Mantra
- Menguraikan fungsi dan manfaat Tantra, Yantra dan
Mantra
- Menguraikan hubungan
Yantra,Tantra dan Mantra
- Menguraikan tujuan dan dampak mempraktekkan ajaran
Tantra, Yantra dan Mantra
|
Tantra, Yantra, dan Mantra
|
-Mampu menjelaskan pengertian tantra,
yantra , dan mantra
-Mampu menjabarkan fungsi dan manfaat
Tantra, Yantra, dan Mantra
-Mampu menjabarkan hubungan Tantra
,Yantra, dan Mantra
-Mampu menguraikan tujuan dan dampak
mempraktekan ajaran Tantra, Yantra dan Mantra
|
Percaya diri, disiplin, mandiri,
bertanggung jawab
|
Test
Test
Test
Test
|
Esay
Pilihan
Ganda
Benar-Salah
Essay
|
Buku Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi
Pekerti SMA/SMK kelas XII,
|
4.3
|
Mempraktekkan ajaran Yantra, Tantra dan Mantra dalam kehidupan
|
-Menyaji contoh-contoh pelaksanaan Tantra
-
Menunjukkan bentuk-bentuk Yantra, Tantra dan Mantra yang
dipergunakan dalam praktik kehidupan beragama
- Mempraktikkan membuat bentuk Yantra,Tantra
dan Mantra
-
Melafalkan beberapa Sloka Mantra
|
Tantra, Yantra,
dan Mantra
|
Dengan kegiatan presentasi siswa dapat menunjukan
contoh contoh pelaksanaan ajaran Tantra
-Mampu menyajikan bentuk-bentuk Tantra,
yantra dan Mantra yang digunkan dalam praktik kehidupan beragama
-Mampu mempraktikkan benyuk Yantra, Tantra,
dan Mantra
-Melalui
kegiatan presentasi siswa mampu melafalkan beberapa sloka mantra
|
Disiplin, tanggung jawab, sopan santun,
percaya diri.
|
Presentasi
Penugasan
Penugasan
presentasi
|
Unjuk kerja
Terstruktur
Terstruktur
Unjuk Kerja
|
|
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Hindu dan Budi Pekerti
Satuan Pendidikan : SMK
Kelas/Semester : XII/II
Kompetensi Inti
KI 1:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli,
santun, ramah
lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI 3:Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang
kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
IPK
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Karakter
|
Sumber Belajar
|
1.4 Mengamalkan konsep Astangga Yoga dalam
upaya mencapai Moksa
2.4 Disiplin
menjalankan Astangga Yoga dalam upaya mencapai Moksa
3.4 Memahami Astangga
Yoga untuk mencapai Moksa
4.4 Menyajikan
Astangga Yoga untuk mencapai Moksa
|
·
Mengucapkan doa mulai belajar
·
Menunjukkan
sikap sempurna
dalam pengucapan doa mulai belajar
·
Mampu hadir tepat waktu
·
Memposisikan
duduk sesuai denah tempat duduk
·
Menggali informasi tentang Ajaran Astangga Yoga
·
Menguraikan Bagian-bagian Astangga Yoga
·
Menguraikan
Hambatan dan Tantangan dalam Penerapan Astangga Yoga
·
Mengidentifikasi
Manfaat Ajaran Astangga
Yoga untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani
·
Mengidentifikasi Penerapan Astangga
Yogadalam Mencapai Moksha
·
Menerapkan Astangga Yoga sebagai Dasar Pembentukan Budi Pekerti
Luhur Dalam Zaman Globalisasi
|
Astangga
Yoga
|
· Mengembangkan
cara hidup sehat jasmani dan rohani
· Disiplin
dalam menjalankan Astangga Yoga demi kedamaian
Mengamati :
· Mendengarkan
Pendidik menjelaskan Astangga Yoga
· Pendidik
menunjukkan contoh sikap-sikap Yoga dan peserta didik menirukan dengan benar
Menanya:
· Menanyakan
manfaat Hatta Yoga dan Yoga Asanas dalam kehidupan
· Pendidik
memberikan kesempatan secara bergantian memperagakan Astangga Yoga
Mengeksplorasi/Mengumpulkan informasi :
· Mempresentasikan
dan mempraktikkan berbagai gerakan Astangga Yoga
· Mengumpulkan
data-data manfaat melaksanakan Astangga Yoga dalam kehidupan
Mengasosiasi/Menalar
· Mengungkapkan
contoh masing-masing bagian dalam Astangga Yoga
· Menganalisis
berbagai macam hal yang dihadapi dalam penerapan Astangga Yoga maupun dalam
praktik-praktik Yoga
Mengomunikasikan :
· Membuat
hasil laporan dan kesimpulan manfaat melaksanakan Yoga terhadap kesehatan
jasmani-rohani
· Peserta
didik membuat dalam bentuk gambar-gambar/fotokegiatan latihan Yoga
|
Sikap Spiritual :
· Sehat
jasmani-rohani dengan melakukan Yoga Asanas (Penilaian diri/Self assessment )
Sikap Sosial
· Disiplin
dan saling mencintai terhadap seluruh mahluk
(Penilaian teman sebaya/peer
assessment)
Tugas :
· Membuat
ringkasan materi Yoga
· Mempraktikkan
Yoga dan Meditasi dalam kehidupan sehari-hari
Observasi
· Mengumpulkan
hasil pengamatan pelaksanaan praktik Yoga dan meditasi dalam masyarakat
Portofolio
· Peserta
didik membuat laporan manfaat latihan Yoga dan tanggapan terhadap ajaran Yoga
Tes :
Tes
Tertulis, lisan materi Yoga
|
Religius
Disiplin
Mandiri
Rasa ingin tahu
Kreatif
Komunikatif
Mandiri
|
Buku Pendidikan Agama Hindu dan Budi pekerti KLS XII
|
2.5 Berprilaku jujur dan disiplin menjalankan ajaran
Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha dalam pergaulan hidup
3.5 memahami ajaran Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama
Bratha dalam kehidupan sehari-hari
4. 5 Menyajikan dan menguraikan contoh-contoh Dasa Yama
Bratha dan Dasa Nyama Bratha dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Mengucapkan
doa mulai belajar
·
Menunjukkan
sikap sempurn dalam pengucapan doa mulai belajar
· Mampu hadir
tepat waktu
·
Memposisikan
duduk sesuai denah tempat duduk
· Menjelaskan ajaran Dasa
Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha
· Menguraikan bagian-bagian
Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha
· Mengemukakan sumber-sumber
kitab yang mendukung terwujudnya Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha
· Menjelaskan tujuan dan
manpaat ajaran Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha dalam pembentukan
kepribadian
·
Menyaji Catur Marga Yoga dalam
kehidupan sehari-hari
·
Menunjukkan dengan contoh kategori
pengendalian atas ucapan dalam Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha
·
Menganalisis
penerapan Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha melalui cerita rakyat
|
Dasa
Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha
|
· Mengembangkan
perbuatan dharma dengan menjalankan Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha
untuk menjaga keharmonisan hidup
· Disiplin
dalam ajaran Dasa Yama Bratha dan Nyama Bratha untuk mencapai kedamaian hidup
Mengamati :
· Menyimak
paparan ajaran Dasa Yama Bratha dan Nyama Bratha
· Mengamati
sikap prilaku temanya yang sesuai dengan Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama
Bratha
Menanya :
· Menanyakan
penjelasan bagian-bagian Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha
· Pendidik
memberikan kesempatan menjawab hakikat Ahimsa dalam upaya menjaga
keseimbangan dan kedamaian dalam kehidupan
Mengeksplorasi/mengumpulkan informasi :
· Mengumpulkan
data contoh sikap hidup sesuai dengan Dasa Yama Bratha dan Nyama Bratha
· Mengumpulkan
sumber-sumber kitab untuk mendukung terwujudnya Dasa Yama Bratha dan Dasa
Nyama Bratha dalam kehidupan
Mengasosiasi/Menalar :
· Menyimpulkan
manfaat ajaran Dasa Yama Bratha dan Nyama Bratha
· Menganalisis
berbagai macam hal yang dihadapi dalam penerapan Dasa Yama Bratha dan Dasa
Nyama Bratha
Mengkomunikasikan :
· Menyampaikan
hasil belajar dalam bentuk tulisan tujuan masing-masing bagian Dasa Yama
Bratha dan Nyama Bratha
· Membuat
karikatur pengalaman ajaran Dasa Yama Bratha dan Nyama Brata
|
Religius
Disiplin
Rasa Ingin Tahu
Mandiri
Kreatif
|
Mengetahui
Kepala SMAN 1 Rendang
I Putu Sudibawa, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801
1001
|
Rendang,
Guru Pendidikan Agama Hindu
dan budi Pekerti
I Made Yuda
Asmara. S.Pd.H., M.Pd
NIP. 19870912
201101 1 009
|
EmoticonEmoticon