Thursday, October 31, 2019

SILABUS KELAS XI


SILABUS  PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan           :    SMA / SMK
Kelas                                  :    XI
Semester                             :    I
Mata Pelajaran                 :    Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi Pokok                    :   Yoga Menurut susastra Hindu
Kompetensi Inti                      : 
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan



Kompetensi
Dasar
Idikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Nilai Pend Karakter
Penilaian

Sumber Belajar

Teknik
Bentuk Instrumen
1.1





Menghayati Yoga Asanas secara teori dan praktek menurut Susastra Hindu.

Memahami pengertian dan pelaksanaan Yoga menurut Sastra Hindu
Yoga menurut Sastra Hindu
Membiasakan diri hidup sehat jasmani dan rohani dengan melakukan yoga asanas



Relegius
Pengamatan
Jurnal Pengamatan
buku Pendidikan Agama Hindu dan Budi pekerti kelas XI
1.2
Mengamalkan perilaku disiplin melaksanakan yoga  asanas dalam kehidupan

Mengaplikasikan perilaku disiplin melaksanakan yoga  asanas dalam kehidupan
Menunjukkan sikap disiplin melaksanakan aturan yoga asanas untuk mencapai kehidupan yang harmonis

Mengamati tayangan video visual salah satu gerakan surya namaskar
Disiplin, tanggungjawab
Pengamatan
Jurnal Pengamatan
1.3
Menerapkan yoga asanas menurut susastra Hindu
Menentukan yoga asanas menurut susastra Hindu
Mengumpulkan siswa membentuk kelompok kecil untuk belajar  Yoga Asanas menurut Susastra Hindu
Tanggung jawab
Penugasan
tes
1.4
Menyajikan Yoga Asanas dalam kehidupan sehari-hari
Menggabungkan gerakan Yoga Asanas dalam kehidupan sehari-hari
Mempraktekkan cara melakukan gerakan yoga asanas
Percayadiri
presentasi
Unjuk kerja
2.1
Mengamalkan Nilai-nilai yadnya sesuai dengan ajaran Mahabrata
Mengaplikasikan Nilai-nilai yadnya sesuai dengan ajaran Mahabrata
Hakikat Yadnya yang terkandung dalam Mahabarata
-Pengertian dan hakikat yadnya
-Yadnya dalam Mahabarata dan masa kini
-Syarat-syarat dan aturan dalam pelaksanaan yadnya
-memprakteikkan yadnya menurut kitab Mahabarata dalam kehidupan
-Memahami Nilai-nilai yadnya dalam ajaran Mahabarata
Relegius
Pengamatan
Jurnal kerja
2.2
Mengamalkan Nilai-nilai yadnya sejalan ajaran Mahabrata dalam kehidupan sehari-hari
Menerapkan Nilai-nilai yadnya sejalan ajaran Mahabrata dalam kehidupan sehari-hari
-Mengamati pelaksanaan upacara Yadnya yang tertuang dalam ajaran Mahabarata
Disiplin
Tugas
tes
2.3
Memahami hakikat yadnya yang terkandung dalam Mahabarata
Menerangkan hakikat yadnya yang terkandung dalam Mahabarata
-Mengumpulkan berbagai informasi dari berbagai sumber terkait dengan hakikat dan nilai-nilai Yadnya yang tertuang dalam ajaran Mahabarata

-Mewawancarai beberapa narasumber (guru) yang ada dilingkungan sekolah terkait dengan hakikat dan nilai-nilai yandnya yang tertuang dalam ajaran Mahabarata
Tanggung jawab




Tanggung jawab
Penugasan
Essay
2.4
Menyajikan pelaksanaan yadnya menurut mahabarata dalam kehidupan
Mempraktekkan  pelaksanaan yadnya menurut mahabarata dalam kehidupan
-Membuat sarana upakara yadnya yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari
-Mendiskusikan makna-makna yang terkandung dalam sarana upakara yadnya
Percaya diri
3.1
Menghayati ajaran Moksa sebagai Tujuan akhir Menurut Agama Hindu
Memahami ajaran Moksa sebagai Tujuan akhir Menurut Agama Hindu
-Membentuk kelompok kecil untuk berdiskusi terkait tentang Moksa, tingkatan Moksa dan jalan untuk mencapai Moksa.
Disiplin



Pengamatan
Jurnal kerja
3.2
Mengahayati ajaran Moksa sebagai Tujuan akhir Menurut Agama Hindu
Memahami ajaran Moksa sebagai Tujuan akhir Menurut Agama Hindu
Mengkorelasikan ajaran Moksha dengan ajaran Catur Marga
Rasa ingin tahu
Lisan
Tes
3.3
Memahami pengetahuan konseptual bahwa moksa sebagai tujuan akhir menurut agama Hindu
Mengklasifikasikan pengetahuan konseptual tentang moksa sebagai tujuan akhir menurut agama Hindu
Mendiskusikan  tingkatan – tingkatan dan jalan untuk mencapai moksha
Kerjasama
Diskusi
Lembar pengamatan
3.4
Menalar Moksa sebagai tujuan akhir Agama Hindu
Menunjukkan Moksa sebagai tujuan akhir Agama Hindu
Mempresentasikan hasil analisis dalam upaya mencapai Moksa sebagai tujuan akhir Agama Hindu
Tanggung jawab
Diskusi
Lembar pengamatan


 SILABUS
SEKOLAH                            : SMA / SMK
MATA PELAJARAN          : PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI.
KELAS                                  : XI
SEMESTER                          : II
KOMPETENSI INTI.
KI : 1    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI : 2    Mengembangkan prilaku ( jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli ,santun ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama,cinta damai,responsif
                        dan pro aktif ) serta menunjukkan sikap sebaqgai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksisecara efektif dengan lingkungan
                        sosial alam serta dalam menempatkan diri sebagai bangsa dalam pergaulan dunia.
             Ki : 3  Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,konseptual, prosudural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
                        kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
                                sfesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah .
     KI : 4     Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan 
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

N0
KOMPETENSI  DASAR
INDIKATOR
MATERI AJAR
KEGIATAN PEMBELAJARAN
NILAI PENDIDIKAN KARKATER
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BAHAN
TEKNIK
BENTUK INSTRUMEN
4.1






4.2





4.3




4.4


























Mengamalkan esensi ajaran bhakti sejati yang tertuang dalam Ramayana pada kehidupan sehari hari.

Mengamalkan esensi ajaran Bhakti sejati yang tercantum dalam Ramayana  di lingkungan terdekat.

Memahami  esensi Bhakti  sejati dalam Ramayana.


Menyajikan esensi Bhakti sejati dalam Ramayana.
*Menunjukan ajaran Bhakti sejati  dalam kitab Ramayana




*Melakukan perilaku Bhakti sejati




*Menelaah seloka yang memuat tentang ajaran Bhakti sejati dalam Ramayana

*Memberi contoh perilaku bhakti sejati  untuk membentuk budi pekerti yang luhur




*Mengimplementasikan ajaran bhakti sejati sebagai landasan  pembentukan budi pekerti yang luhur dalam Zaman Modern
v






v





v




v








v
Esensi bhakti sejati dalam  Ramayana.




Ajaran  bhakti sejati.




Bagian  bagian ajaran  bhakti sejati.


Sloka ajaran Bhakti sejati dalam Ramayana.





Bentuk penerapan Bhakti sejati dalam kehidupan.
Ajaran Bhakti sejati sebagai dasar pembentukan budi pekerti yang luhur dalam Zaman Global.
Ø






Ø





Ø




Ø









Ø




*Mengembangkan perbuatan Nawa Widya Bhakti sehingga tercipta kedamaian dan keharmonisan



*Menunjukan sikap disiplin dalam menjalani ajaran Nawa Wida Bhakti dengan meneladani perilaku Rama


*Membaca Buku  tentang esensi Bhakti sejati dalam Ramayana



*Mengamati tayangan audio Visual  Ramayana yang berkaitan dengan ajaran Nawa Wida BhaktiMengumpulkan beberapa informasi dari beberapa sumber terkait dengan esensi Bhakti sejati , Nawa Wida Bhakti  dan cara untuk melaksanakan ajaran Nawa Wida Bhakti

*Membentuk beberapa kelompok yang terdiri dari 5 orang untuk mendiskusikan esensi Bhakti sejati Nawa Wida Bhakti  dan cara untuk melaksanakan ajaran Nawa Wida Bhakti 

 *Menyampaikan hasil belajar dalam bentuk tulisan hakekat ajaran Nawa Wida Bhakti

*Membuat ringkasan tentang Bhakti sejati, Nawa Wida Bhakti  dan cara penerapan ajaran Nawa Wida Bhakti

Tanggung Jawab





Disiplin





Bertanggung jawab




.
Tugas







Pengamatan





Pengamatan



Pengamatan
6 x 3 Jp
Ÿ Buku Paket Agama   Hindu.
Ÿ Kitab Ramayana.
Ÿ Internet.
5.1







5.2






3.5









5.4
Menghayati 5 pilar keluarga Sukhinah untuk menciptakan keluarga yang rukun bahagia sejahtera, dan damai.


Mengamalkan 5 pilar keluarga Sukhinah menuju  keluarga yang rukun bahagia sejahtera, dan damai.


Menerapkan prilaku bertanggung  jawab untuk menciptakan keluarga sukinah.






Menyajikan prilaku bertanggung jawab untuk menciptakan keluarga sukinah.
*Menunjukan sikap perilaku yang mencerminkan keluarga Shukinah




* Mengikuti 5 pilar keluarga Sukhinah menuju  keluarga yang rukun bahagia sejahtera, dan damai.


*Menunjukan
Syarat sahnya suatu perkawinan menurut Hukum Hindu






* Membangun  perilaku bertanggung jawab untuk menciptakan keluarga sukinah
v







v






v









v

Prilaku bertanggung jawab untuk menciptakan keluarga Sukhinah.


Pengertian dan hakikat keluarga sukinah.



Tujuan Wiwaha menurut Hindu.
Syarat sah suatu
Pawiwahan menurut Hindu.

Lima Pilar keluarga Sukinah.
Ø







Ø






Ø

Berperilaku Shukinah dalam kehidupan sehari-hari






*Menunjukan sikap disiplin dalam menjalani  lima pilar keluarga Shukinah dan selalu menjaga kesehatan reproduksi



*Membaca buku tentang lima pilar keluarga Shukinah
*Mengamati tayangan audio visual prosesi sakralisasi wiwaha (perkawinan) secara Hindu





*Mengumpulkan beberapa nformasi dari berbagai sumber yang berkaitan dengan tanggung jawab keluarga yang rukun bahagia dan sejahtera sesuai tujuan wiwaha
*Mencari informasi dengan mewawancarai beberapa nara sumber yang berkaitan dengan keluarga Shukinah



















6 x 3 Jp
Ÿ Buku Paket Agama Hindu dan      Budi Pekerti.
Ÿ Kitab Manawadharmasastra.
Ÿ Kitab Nitisastra.
           

           


hubungi saya via WA : 085237290333.

2 comments

Om swastyastu pak, salam kenal, saya widya dari sulawesi. perangkat bapak sangat membantu saya dalam proses pembelajaran, bagai mana caranya agar saya dapat memiliki filenya pak. terimakasih

Terimakasih Pak Made, sangat membantu saya sebagai referensi


EmoticonEmoticon