SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan :
SMA / SMK
Kelas
: XI
Semester
: I
Mata
Pelajaran
: Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi
Pokok
: Yoga Menurut susastra Hindu
Kompetensi
Inti
:
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Idikator Pencapaian
Kompetensi
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai
Pend Karakter
|
Penilaian
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
1.1
|
Menghayati Yoga Asanas secara teori dan praktek menurut Susastra
Hindu.
|
Memahami pengertian dan pelaksanaan Yoga menurut Sastra
Hindu
|
Yoga menurut Sastra Hindu
|
Membiasakan diri hidup sehat jasmani dan rohani dengan
melakukan yoga asanas
|
Relegius
|
Pengamatan
|
Jurnal Pengamatan
|
buku Pendidikan Agama Hindu dan Budi pekerti kelas XI
|
1.2
|
Mengamalkan perilaku disiplin melaksanakan yoga asanas
dalam kehidupan
|
Mengaplikasikan perilaku disiplin melaksanakan yoga asanas dalam kehidupan
|
Menunjukkan sikap disiplin melaksanakan aturan yoga asanas
untuk mencapai kehidupan yang harmonis
Mengamati tayangan video visual salah satu gerakan surya
namaskar
|
Disiplin,
tanggungjawab
|
Pengamatan
|
Jurnal Pengamatan
|
||
1.3
|
Menerapkan yoga asanas menurut susastra Hindu
|
Menentukan yoga asanas menurut susastra Hindu
|
Mengumpulkan siswa membentuk kelompok kecil untuk
belajar Yoga Asanas menurut Susastra Hindu
|
Tanggung jawab
|
Penugasan
|
tes
|
||
1.4
|
Menyajikan Yoga Asanas dalam kehidupan sehari-hari
|
Menggabungkan gerakan Yoga Asanas dalam kehidupan
sehari-hari
|
Mempraktekkan cara melakukan gerakan yoga asanas
|
Percayadiri
|
presentasi
|
Unjuk kerja
|
||
2.1
|
Mengamalkan Nilai-nilai yadnya sesuai dengan ajaran
Mahabrata
|
Mengaplikasikan Nilai-nilai yadnya sesuai dengan ajaran
Mahabrata
|
Hakikat Yadnya yang terkandung dalam Mahabarata
-Pengertian dan hakikat yadnya
-Yadnya dalam Mahabarata dan masa kini
-Syarat-syarat dan aturan dalam pelaksanaan yadnya
-memprakteikkan yadnya menurut kitab Mahabarata dalam
kehidupan
|
-Memahami Nilai-nilai yadnya dalam ajaran Mahabarata
|
Relegius
|
Pengamatan
|
Jurnal kerja
|
|
2.2
|
Mengamalkan Nilai-nilai yadnya sejalan ajaran Mahabrata dalam
kehidupan sehari-hari
|
Menerapkan Nilai-nilai yadnya sejalan ajaran Mahabrata
dalam kehidupan sehari-hari
|
-Mengamati pelaksanaan upacara Yadnya yang tertuang dalam
ajaran Mahabarata
|
Disiplin
|
Tugas
|
tes
|
||
2.3
|
Memahami hakikat yadnya yang terkandung dalam Mahabarata
|
Menerangkan hakikat yadnya yang terkandung dalam
Mahabarata
|
-Mengumpulkan berbagai informasi dari berbagai sumber
terkait dengan hakikat dan nilai-nilai Yadnya yang tertuang dalam ajaran
Mahabarata
-Mewawancarai beberapa narasumber (guru) yang ada
dilingkungan sekolah terkait dengan hakikat dan nilai-nilai yandnya yang
tertuang dalam ajaran Mahabarata
|
Tanggung jawab
Tanggung jawab
|
Penugasan
|
Essay
|
||
2.4
|
Menyajikan pelaksanaan yadnya menurut mahabarata dalam
kehidupan
|
Mempraktekkan pelaksanaan yadnya menurut mahabarata
dalam kehidupan
|
-Membuat sarana upakara yadnya yang dipakai dalam
kehidupan sehari-hari
-Mendiskusikan makna-makna yang terkandung dalam sarana
upakara yadnya
|
Percaya diri
|
||||
3.1
|
Menghayati ajaran Moksa sebagai Tujuan akhir Menurut Agama
Hindu
|
Memahami ajaran Moksa sebagai Tujuan akhir Menurut Agama
Hindu
|
-Membentuk kelompok kecil untuk
berdiskusi terkait tentang Moksa, tingkatan Moksa dan jalan untuk mencapai
Moksa.
|
Disiplin
|
Pengamatan
|
Jurnal kerja
|
||
3.2
|
Mengahayati ajaran Moksa sebagai Tujuan akhir Menurut
Agama Hindu
|
Memahami ajaran Moksa sebagai Tujuan akhir Menurut Agama
Hindu
|
Mengkorelasikan ajaran Moksha dengan ajaran Catur Marga
|
Rasa ingin tahu
|
Lisan
|
Tes
|
||
3.3
|
Memahami pengetahuan konseptual bahwa moksa sebagai tujuan
akhir menurut agama Hindu
|
Mengklasifikasikan pengetahuan konseptual tentang moksa
sebagai tujuan akhir menurut agama Hindu
|
Mendiskusikan tingkatan – tingkatan dan jalan untuk
mencapai moksha
|
Kerjasama
|
Diskusi
|
Lembar pengamatan
|
||
3.4
|
Menalar Moksa sebagai tujuan akhir Agama Hindu
|
Menunjukkan Moksa sebagai tujuan akhir Agama Hindu
|
Mempresentasikan hasil analisis dalam upaya mencapai Moksa
sebagai tujuan akhir Agama Hindu
|
Tanggung jawab
|
Diskusi
|
Lembar pengamatan
|
SILABUS
SEKOLAH : SMA / SMK
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI.
KELAS : XI
SEMESTER
: II
KOMPETENSI INTI.
KI : 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI : 2 Mengembangkan prilaku ( jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
,santun ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama,cinta damai,responsif
dan pro aktif ) serta menunjukkan sikap sebaqgai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksisecara efektif dengan lingkungan
sosial alam serta dalam menempatkan diri sebagai bangsa dalam pergaulan dunia.
Ki : 3 Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual,konseptual, prosudural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
sfesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
.
KI : 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan diri yang dipelajarinya disekolah secara
mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
N0
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI AJAR
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
NILAI PENDIDIKAN KARKATER
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BAHAN
|
|||
TEKNIK
|
BENTUK INSTRUMEN
|
||||||||||
4.1
4.2
4.3
4.4
|
Mengamalkan esensi ajaran bhakti sejati yang tertuang dalam
Ramayana pada kehidupan sehari hari.
Mengamalkan esensi ajaran Bhakti sejati yang tercantum dalam
Ramayana di lingkungan terdekat.
Memahami esensi Bhakti sejati dalam Ramayana.
Menyajikan esensi Bhakti sejati dalam Ramayana.
|
*Menunjukan ajaran Bhakti sejati dalam kitab Ramayana
*Melakukan perilaku Bhakti sejati
*Menelaah seloka yang memuat tentang ajaran Bhakti sejati dalam
Ramayana
*Memberi contoh perilaku bhakti sejati untuk membentuk
budi pekerti yang luhur
*Mengimplementasikan ajaran bhakti sejati sebagai landasan
pembentukan budi pekerti yang luhur dalam Zaman Modern
|
v
v
v
v
v
|
Esensi bhakti sejati dalam Ramayana.
Ajaran bhakti sejati.
Bagian bagian ajaran bhakti sejati.
Sloka ajaran Bhakti sejati dalam Ramayana.
Bentuk penerapan Bhakti sejati dalam kehidupan.
Ajaran Bhakti sejati sebagai dasar pembentukan budi pekerti yang
luhur dalam Zaman Global.
|
Ø
Ø
Ø
Ø
Ø
|
*Mengembangkan perbuatan Nawa Widya Bhakti sehingga tercipta kedamaian dan
keharmonisan
*Menunjukan sikap disiplin dalam menjalani ajaran Nawa Wida
Bhakti dengan meneladani perilaku Rama
*Membaca Buku tentang esensi Bhakti sejati dalam Ramayana
*Mengamati tayangan audio Visual Ramayana yang berkaitan
dengan ajaran Nawa Wida Bhakti. Mengumpulkan beberapa informasi dari beberapa sumber terkait
dengan esensi Bhakti sejati , Nawa Wida Bhakti dan cara untuk
melaksanakan ajaran Nawa Wida Bhakti
*Membentuk beberapa kelompok yang terdiri dari 5 orang untuk
mendiskusikan esensi Bhakti sejati Nawa Wida Bhakti dan cara untuk
melaksanakan ajaran Nawa Wida Bhakti
*Menyampaikan hasil belajar dalam bentuk tulisan hakekat
ajaran Nawa Wida Bhakti
*Membuat ringkasan tentang Bhakti sejati, Nawa Wida Bhakti
dan cara penerapan ajaran Nawa Wida Bhakti
|
Tanggung Jawab
Disiplin
Bertanggung jawab
.
|
Tugas
Pengamatan
Pengamatan
Pengamatan
|
6 x 3 Jp
|
Buku Paket Agama Hindu.
Kitab Ramayana.
Internet.
|
|
5.1
5.2
3.5
5.4
|
Menghayati 5 pilar keluarga Sukhinah untuk menciptakan keluarga
yang rukun bahagia sejahtera, dan damai.
Mengamalkan 5 pilar keluarga Sukhinah menuju keluarga yang
rukun bahagia sejahtera, dan damai.
Menerapkan prilaku bertanggung jawab untuk menciptakan
keluarga sukinah.
Menyajikan prilaku bertanggung jawab untuk menciptakan keluarga
sukinah.
|
*Menunjukan sikap perilaku yang mencerminkan keluarga Shukinah
* Mengikuti 5 pilar keluarga Sukhinah menuju keluarga yang rukun
bahagia sejahtera, dan damai.
*Menunjukan
Syarat sahnya suatu perkawinan menurut Hukum Hindu
* Membangun perilaku bertanggung jawab untuk menciptakan
keluarga sukinah
|
v
v
v
v
|
Prilaku bertanggung jawab untuk menciptakan keluarga Sukhinah.
Pengertian dan hakikat keluarga sukinah.
Tujuan Wiwaha menurut Hindu.
Syarat sah suatu
Pawiwahan menurut Hindu.
Lima Pilar keluarga Sukinah.
|
Ø
Ø
Ø
|
Berperilaku Shukinah dalam kehidupan sehari-hari
*Menunjukan sikap disiplin dalam menjalani lima pilar
keluarga Shukinah dan selalu menjaga kesehatan reproduksi
*Membaca buku tentang lima pilar keluarga Shukinah
*Mengamati tayangan audio visual prosesi sakralisasi wiwaha
(perkawinan) secara Hindu
*Mengumpulkan beberapa nformasi dari berbagai sumber yang
berkaitan dengan tanggung jawab keluarga yang rukun bahagia dan sejahtera
sesuai tujuan wiwaha
*Mencari informasi dengan mewawancarai beberapa nara sumber yang
berkaitan dengan keluarga Shukinah
|
6 x 3 Jp
|
Buku Paket Agama Hindu
dan Budi Pekerti.
Kitab Manawadharmasastra.
Kitab Nitisastra.
|
2 comments
Om swastyastu pak, salam kenal, saya widya dari sulawesi. perangkat bapak sangat membantu saya dalam proses pembelajaran, bagai mana caranya agar saya dapat memiliki filenya pak. terimakasih
Terimakasih Pak Made, sangat membantu saya sebagai referensi
EmoticonEmoticon