Satuan
Pendidikan : SMA / SMK
Kelas : X
Semester : I
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi
Pokok : Nilai-nilai
yajna dalam Kitab Ramayana
Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Idikator Pencapaian
Kompetensi
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai
Pend Karakter
|
Penilaian
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
1.1
1.2
|
Menghayati nilai-nilai Yajňa yang terkandung dalam kitab
Rāmāyaṇa.
Menghayati sikap bertanggung
jawab terhadap nilai-nilai Yajňa yang terkandung dalam kitab Rāmāyaṇa.
|
Mengamalkan
pelaksanaan yajna yang terkandung kitab Ramayana di sekolah dan masyarakat.
Membuktikan
sikap bertanggung jawab terhadap nilai-nilai yajna yang terkandung dalam
kitab Ramayana
|
Pelaksanaan
Tri Sandhya, berdoa mulai pembelajaran dan mengakiri pembelajaran
Purnama,
tilaem dan hari raya besar lainya.
Menunjukkan prilaku kerjasama dan
saling tolong sebagai bentuk yajna kepada sesame.
|
Religius
Desiplin
dan tanggung jawab
|
Pengamatan
|
Jurnal
pengamatan Spiritual
Jurnal
pengamatan Sikap Sosial
|
||
3.1
|
Memahami hakekat dan nilai-nilai Yajňa yang terkandung dalam
kitab Rāmāyaṇa
|
Menganalisis
nilai-nilai yajna yang terkandung dalam Teks ceritra Ramayana
Menganalisis
nilai-nilai yajna yang terkandung dalam sebuah tayangan Video ceritra
Ramayana
|
Ceritra
Ramayana
|
Siswa
dapat menganalisis nilai-nilai Panca Yajna yang terdapat dalam teks Ramayana
Siswa
dapat menganalisis nilai-nilai panca yajna yang terdapat dalam video Ramayana
|
Religius
|
Test
|
Esay
|
Buku
Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK kelas X, Pendidikan dan
kebudayaan.
|
4.1
|
Menyajikan nilai-nilai pelaksanaan Yajňa menurut kitab Rāmāyaṇa
dalam kehidupan
|
Menentukan
nilai-nilai pelaksanaan yajna menurut kitab Ramayana dalam kehidupan
sehari-hari di masyarakat
|
Pelaksanaan
yajna / panca yajna dalam kehidupan masyarakat di Bali
|
Siswa
dapat menunjukkan dengan memperhatikan pelaksanaan yajna dalam kehidupan masyarakat.
|
Penugasan
Presentasi
|
Terstruktur
Tidak
Terstruktur
Unjuk
Kerja
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMA / SMK
Kelas : X
Semester : I
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi
Pokok : Upaweda
Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Idikator Pencapaian
Kompetensi
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai
Pend Karakter
|
Penilaian
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
1.1
1.2
|
Mengamalkan ajaran Upaweda sebagai tuntunan
hidup
Mengamalkan ajaran Upaweda sebagai tuntunan
hidup
|
Mengamalkan
ajaran Upaweda
Membuktikan
sikap bertanggung jawab terhadap Ajaran Upaweda
|
Melaksanakan
Tri Sandhya, berdoa mulai pembelajaran dan mengakiri pembelajaran
Menunjukkan moral
dan etika yang baik dan saling tolong sebagai bentuk aplikasi
ajaran Itihasa dalam kehidupan.
|
Religius
Desiplin,
sopan santun dan tanggung jawab
|
Pengamatan
|
Jurnal
pengamatan Spiritual
Jurnal
pengamatan Sikap Sosial
|
||
3.1
|
Memahami
ajaran Upaveda sebagai tuntunan hidup
|
Menyusun
Struktur Weda
Merangkum
nilai-nilai
yang terdapat dalam ajaran kitab Itihasa
Menganalisis
kelompok dan jenis Purana
|
Upaweda
|
Menyusun struktur
Weda
Mendiskusikan nilai-nilai
yang terdapat dalam kitab Upaweda yaitu pada kitab Itihasa dan
Purana
Menganalisis
kelompok dan jenis Purana.
Mengamati
Video / Gambar cerita Purana dan menentukan jenis dan kelompoknya.
|
Religius
|
Test
|
Esay dan
Objektif
|
Buku
Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK kelas X, Pendidikan dan
kebudayaan.
I Made Titib ,VEDA Sabda Suci, 1966,
Paramita Surabaya.
|
4.1
|
Menyajikan bagian-bagian Upaveda sebagai tuntunan hidup
|
Menjelaskan
kedudukan Upaveda dalam Weda
|
Menunjukkan gambar
struktur Weda dari hasil kegiatan kelompoknya.
|
Penugasan
Presentasi
|
Terstruktur
Tidak
Terstruktur
Unjuk
Kerja
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMA / SMK
Kelas : X
Semester : I
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi
Pokok : Wariga
Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Idikator Pencapaian
Kompetensi
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai
Pend Karakter
|
Penilaian
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
1.3
2.3
|
Menghayati hakekat Wariga dalam kehidupan
Mengamalkan Wariga dalam kehidupan sehari-hari;
|
Mengamalkan
pelaksanaan ajaran Wariga di sekolah dan masyarakat
Membuktikan
sikap bertanggung jawab terhadap ajaran Wariga
|
Melaksanakan
persembahyangan Purnama, Tilem dan hari raya besar lainya sebadai bentuk
pengamalan dari ajaran Wariga.
Menunjukkan prilaku penerapan
ajaran Wariga (disiplin dalam melaksanakan persembahyangan Purnama, Tilem,
Saraswati dan Pagerwesai)
|
Religius
Desiplin
dan tanggung jawab
|
Pengamatan
|
Jurnal
pengamatan Spiritual
Jurnal
pengamatan Sikap Sosial
|
||
3.3
|
Memahami hakekat Wariga dalam kehidupan
|
Mengarahkan
dalam menentukan wewaran dalam Wariga
Menganalisis
macam-macam Wariga untuk upacara agama
Menganalisis
dampak dari Wariga terhadap pertanian
|
Hakekat Wariga dalam kehidupa
· Pengertian Wariga
· Hakekat Wariga
· Menentukan Wariga
· Macam-Macam Wariga
· Dampak dari Wariga
Wewaran
|
Menentukan
Wewaran dengan tabel dan jari tangan
Menganalisis
macam-macam Wariga untuk upacara agama.
Menganalisis
dampak positip dan negatip dari Wariga terhadap pertanian
|
Percaya
diri, disiplin
|
Test
|
Esay
objektif
|
Buku
Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK kelas X, Pendidikan dan
kebudayaan.
I Wayan
Tusan, Penuntun Padewasan dan Wariga,
I Kt.
Bambang Gede Rawi (alm), Kalender,
|
4.3
|
Mempraktikkan cara menentukan Wariga
dalam kehidupan umat Hindu;
|
Menunjukkan
cara menentukan wariga dalam kehidupan umat Hindu
|
Wewaran,
Wuku
|
Presentasi cara
menentukan Wewaran dan Wuku dalam Wariga.
Mendemonstrasikan
cara menetukan Wewaran dengan jari Tangan dan Tabel
|
Disiplin,
tanggung jawab, sopan santun, percaya diri.
|
Penugasan
Presentasi
|
Terstruktur
Tidak
Terstruktur
Unjuk
Kerja
|
Mengetahui
Kepala
SMAN 1 Rendang
I Putu Sudibawa, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801 1001
|
Rendang,
Guru
Pendidikan Agama Hindu
dan budi
Pekerti
I
Made Yuda Asmara. S.Pd.H., M.Pd
NIP. 19870912 201101 1 009
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan :
SMA / SMK
Kelas
: X
Semester
: II
Mata
Pelajaran
: Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi
Pokok
: DARSANA
KompetensiInti
:
KI 1
|
:
|
Menghayatidanmengamalkanajaran agama
yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atasberbagaipermasalahandalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamsertadalammenempatkandirisebagaicerminanbangsadalampergaulandunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan,
menganalisispengetahuanfaktual, konseptual, proseduralberdasarkan rasa
ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya,
danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian,
sertamenerapkanpengetahuanproseduralpadabidangkajian yang
spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar,
danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrakterkaitdenganpengembangandari yang
dipelajarinya di sekolahsecaramandiri,
danmampumenggunakanmetodasesuaikaidahkeilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Idikator Pencapaian
Kompetensi
|
Materi Pembelajaran
|
KegiatanPembelajaran
|
Nilai
Pend Karakter
|
Penilaian
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
BentukInstrumen
|
|||||||
1.1
1.2
|
Mengamalkan
ajaran Darsana dalam agama Hindu
Mengamalkan
Kebenaran
yang tertuang dalam ajaran Darsana
|
Mengamalkan
ajaran Darsana dalam agama Hindu
Membiasakan
berprilaku yang baik dan benar
|
Pelaksanaan
Tri Sandhya, berdoa mulai pembelajaran dan mengakhiri
pembelajaran dan melaksanakan yajna sebagai bentuk pelaksanaan Bakti marga
yoga yang merupakan salah satu dari ajaran Yoga
Darsana.
Menunjukkan
prilaku yang baik dan benar sebagai
bentuk penerapan ajaran kebenaran.
|
Religius
Desiplin,
sopan santun dan bertanggung jawab
|
Pengamatan
|
Jurnal
pengamatan Spiritual
Jurnal
pengamatan Sikap Sosial
|
||
3.4
|
Memahami
ajaran Dharsana dalam agama Hindu
|
Menganalisis
ajaran-ajaran yang tertuang dalam filsafat Hindu
Menganalisis
pokok-pokok ajaran Sad Darsana
|
AjaranDharsanadalam
agama Hindu
SistemFilsafat Hindu
Sad Darsana
|
Melalui
kegiatan diskusi siswa dapat menganalisis ajaran-ajaran yang tertuang dalam
filsafat Hindu
Melalui
kegiatan diskusi siswa dapat menganalisis pokok-pokok ajaran Sad
Darsana
|
Religius
|
Test
|
Esay
Objektif
|
Buku
Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK kelas X, Pendidikan dan
kebudayaan.
|
4.4
|
Menyajikan
bagian-bagian ajaran Dharsana sebagai bagian dalam filsafat Hindu
|
Menentukan
bagian-bagian filsafat Nawa Darsana
|
Nawa
Darsana
|
Siswa
dapat menunjukkan di depan kelas Peta Konsep ajaran Nawa Darsana
|
Penugasan
Presentasi
|
Terstruktur
Tidak
Terstruktur
Unjuk
Kerja
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan :
SMA / SMK
Kelas
: X
Semester
: II
Mata
Pelajaran
: Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi
Pokok
: CATUR ASRAMA
KompetensiInti
:
KI 1
|
:
|
Menghayatidanmengamalkanajaran agama
yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayatidanmengamalkanperilakujujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsifdan
pro-aktifdanmenunjukkansikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamsertadalammenempatkandirisebagaicerminanbangsadalampergaulandunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan,
menganalisispengetahuanfaktual, konseptual, proseduralberdasarkan rasa
ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian,
sertamenerapkanpengetahuanproseduralpadabidangkajian yang
spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar,
danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrakterkaitdenganpengembangandari yang
dipelajarinya di sekolahsecaramandiri,
danmampumenggunakanmetodasesuaikaidahkeilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Idikator Pencapaian
Kompetensi
|
Materi Pembelajaran
|
KegiatanPembelajaran
|
Nilai
Pend Karakter
|
Penilaian
|
SumberBelajar
|
||
Teknik
|
BentukInstrumen
|
|||||||
1.2
2.2
|
Menghayatiajaran
Catur Asrama sebagai tingkat hidup dalam Masyarakat
Mengamalkan
pola hidup sesuai dengan tingkatan dan ranah yang diamanatkan Catur Asrama
|
Mengamalkan
ajaran Brahmacari Asrama terhadap Guru Swadyaya.
Membisakan
sikap bertanggung jawab terhadap pola hidup sesuai dengan tingkatan dan ranah
yang diamanatkan Catur Asrama
|
Pelaksanaan
Tri Sandhya, berdoa mulai pembelajaran, mengakiri pembelajaran dan
melaksanakan kegiatan persembahyangan
Menunjukkan sikap
dan perilaku yang mencerminkan pelaksanaan ajaran Catur asrama terhadap catur
Guru di lingkungan sekolah
|
Religius
Disiplin,
sopan santun dan tanggung jawab
|
Pengamatan
|
Jurnal
pengamatan Spiritual
Jurnal
pengamatan Sikap Sosial
|
||
3.5
|
Memahami
pengetahuan konseptual tentang ajaran Catur Asrama
|
Menganalisis
Kewajiban-kewajiban
masing-masing bagian Catur Asrama
|
Catur
Asrama
Bagian-bagian
Catur Asrama
Kewajiban-kewajiban
dalam Catur Asrama
|
Mendiskusikan
Kewajiban-kewajiban masing-masing bagian Catur Asrama dalam sastra Hindu
Menyimak
tayangan video tentang kewajiban Brahmacari, Grhastha, Wanaprastha dan
Biksuka dalam kehidupan di masyarakat.
|
Disiplin,
Tanggung Jawab, Percaya Diri
|
Test
|
Esay dan
Objektif
|
Buku
Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK kelas X, Pendidikan dan
kebudayaan.
Kajian
Naskah Lontar Siwagama,Dinas kebudayaan prov.Bali, 2002
|
4.5
|
Menyajikan
ajaran Catur Asrama dalam tatanan hidup
|
Merancang
Video pendek tentang kewajiban masing-masing ajaran catur asrama
Mendemonstrasikan
kewajiban Brahmacari terhadap guru Catur Guru melalui tayangan Video
|
Siswa
dapat membuat tampilan aplikasi masing-masing ajaran catur asrama
Melalui
kegiatan kelomwok siswa menampilkan video aplikasi ajaran Brahmacari terhadap
Catur Guru
|
Penugasan
Presentasi
|
Terstruktur,
Tidak
Terstruktur
Proyek
Produk
Unjuk
Kerja
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan
: SMA / SMK
Kelas
: X
Semester
: II
Mata
Pelajaran
: Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi
Pokok
: CATUR WARNA
KompetensiInti:
KI 1
|
:
|
Menghayatidanmengamalkanajaran agama
yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayatidanmengamalkanperilakujujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsifdan
pro-aktifdanmenunjukkansikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamsertadalammenempatkandirisebagaicerminanbangsadalampergaulandunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan,
menganalisispengetahuanfaktual, konseptual, proseduralberdasarkan rasa
ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian,
sertamenerapkanpengetahuanproseduralpadabidangkajian yang
spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrakterkaitdenganpengembangandari
yang dipelajarinya di sekolahsecaramandiri,
danmampumenggunakanmetodasesuaikaidahkeilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Idikator Pencapaian
Kompetensi
|
Materi Pembelajaran
|
KegiatanPembelajaran
|
Nilai
Pend Karakter
|
Penilaian
|
SumberBelajar
|
||
Teknik
|
BentukInstrumen
|
|||||||
1.1
2.2
|
Menghayati ajaran
Catur Warna sesuai susastra Hindu
Menjalankan pola hidup gotong royong dan
kerjasama, serta berinteraksi secara efektif sesuai degan tatanan ajaran
catur Warna
|
Mengamalkan
pelaksanaan ajaran Catur Warna sesuai susastra Hindu
Membuktikan
sikap bertanggung jawab terhadap ajaran Catur Warna
|
Siswa
melaksanakan persembahyanganPurnama, tilaem dan hari raya besar lainya.
Siswa menunjukkanprilakugotong
royong dan kerjasama dalam kegiatan piket kelas yang menunjukan penerapan
dari ajaran catur Warna
|
Religius
Desiplin,
tanggung jawab, gotong royong dan kerjasama
|
Pengamatan
|
Jurnal
pengamatan Spiritual
Jurnal
pengamatan Sikap Sosial
|
||
3.6
|
Memahami
pengetahuan konseptual ajaran Catur Warna sesuai susastra Hindu
|
Membandingkan
catur Warna dengan catur Kasta
Menganalisis
kewajiban masing-masing warna dalam Catur Warna
|
Pengetahuan
konseptual ajaran Catur Warna sesuai susastra Hindu
Bagian-bagian Catur Warna
Kewajiban Masing
|
Siswa
diskusi kelompok mencari kesamaan dan perbedaan antara Catur
Warna dan Catur Kasta
Siswa
diskusi kelompok menganalisis kewajiban masing-masing warna dalam catur warna
(Kitab suci Hindu)
Siswa
diskusi menganalisis kewajiban masing-masing warna dalam kehidupanse
hari-hari
|
Percaya
diri, disiplin
|
Test
|
Esay
objektif
|
Buku
Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK kelas X, Pendidikan dan
kebudayaan.
|
4.6
|
Menyajikan
masing-masing fungsi Catur Warna dalam kehidupan masyarakat
|
Merancang
cerita pendek tentang fungsi Brahnana, Ksatriya, Waisya dan Sudra dalam
masyarakat.
Mendemontrasikan
fungsi Brahnana, Ksatriya, Waisya dan Sudra dalam masyarakat.
|
Siswa
kerja kelompok membuat tampilan fungsi masing-masing Catur Warna
Kegiatan
kelompok siswa untuk mendemontrasikan fungsi dari
Brahnana, Ksatriya, Waisya dan Sudra dalam masyarakat.
Membuat tugas dalam bentuk kliping yang bertema”tugasdanfungsiCaturWarna”dilengkapidenganketerangangambar-gambar/
foto
|
Disiplin,
tanggung jawab, sopan santun, percaya diri.
|
Penugasan
Presentasi
|
Terstruktur
Tidak
Terstruktur
Unjuk
Kerja
|
EmoticonEmoticon