Thursday, October 31, 2019

SILABUS KELAS X


SILABUS  PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan           :    SMA / SMK
Kelas                                  :    X
Semester                             :    I
Mata Pelajaran                 :    Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi Pokok                    :    Nilai-nilai yajna dalam Kitab Ramayana
Kompetensi Inti                      : 
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan



Kompetensi
Dasar
Idikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Nilai Pend Karakter
Penilaian

Sumber Belajar

Teknik
Bentuk Instrumen
1.1











1.2




Menghayati nilai-nilai Yajňa yang terkandung dalam kitab Rāmāyaṇa.








Menghayati sikap bertanggung jawab terhadap nilai-nilai Yajňa yang terkandung dalam kitab Rāmāyaṇa.
Mengamalkan pelaksanaan yajna yang terkandung kitab Ramayana di sekolah dan masyarakat.






Membuktikan sikap bertanggung jawab terhadap nilai-nilai yajna yang terkandung dalam kitab Ramayana
Pelaksanaan Tri Sandhya, berdoa mulai pembelajaran dan mengakiri pembelajaran

Purnama, tilaem dan hari raya besar lainya.






Menunjukkan prilaku kerjasama dan saling tolong sebagai bentuk yajna kepada sesame.
Religius








Desiplin dan tanggung jawab
Pengamatan
Jurnal pengamatan Spiritual









Jurnal pengamatan Sikap Sosial
3.1







Memahami hakekat dan nilai-nilai Yajňa yang terkandung dalam kitab Rāmāyaṇa




Menganalisis nilai-nilai yajna yang terkandung dalam  Teks ceritra Ramayana

Menganalisis nilai-nilai yajna yang terkandung dalam sebuah tayangan Video ceritra Ramayana
Ceritra Ramayana
Siswa dapat menganalisis nilai-nilai Panca Yajna yang terdapat dalam teks Ramayana



Siswa dapat menganalisis nilai-nilai panca yajna yang terdapat dalam video Ramayana


Religius
Test
Esay
Buku Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK kelas X, Pendidikan dan kebudayaan.

4.1
Menyajikan nilai-nilai pelaksanaan Yajňa menurut kitab Rāmāyaṇa dalam kehidupan
Menentukan nilai-nilai pelaksanaan yajna menurut kitab Ramayana dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat
Pelaksanaan yajna / panca yajna dalam kehidupan masyarakat di Bali
Siswa dapat menunjukkan dengan memperhatikan pelaksanaan yajna dalam kehidupan masyarakat.
Penugasan




Presentasi
Terstruktur

Tidak
Terstruktur

Unjuk
Kerja






SILABUS  PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan           :    SMA / SMK
Kelas                                  :    X
Semester                             :    I
Mata Pelajaran                 :    Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi Pokok                    :    Upaweda
Kompetensi Inti                      : 
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan



Kompetensi
Dasar
Idikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Nilai Pend Karakter
Penilaian

Sumber Belajar

Teknik
Bentuk Instrumen
1.1




1.2




Mengamalkan ajaran Upaweda sebagai tuntunan hidup

Mengamalkan ajaran Upaweda sebagai tuntunan hidup
Mengamalkan ajaran Upaweda



Membuktikan sikap bertanggung jawab terhadap Ajaran Upaweda
Melaksanakan Tri Sandhya, berdoa mulai pembelajaran dan mengakiri pembelajaran

Menunjukkan moral dan etika yang baik dan saling tolong sebagai bentuk aplikasi ajaran Itihasa dalam kehidupan.
Religius



Desiplin, sopan santun dan tanggung jawab
Pengamatan
Jurnal pengamatan Spiritual

Jurnal pengamatan Sikap Sosial



3.1







Memahami ajaran Upaveda sebagai tuntunan hidup




Menyusun Struktur Weda

Merangkum
nilai-nilai yang terdapat dalam ajaran kitab Itihasa

Menganalisis kelompok dan jenis Purana

Upaweda
Menyusun  struktur Weda

Mendiskusikan  nilai-nilai yang terdapat dalam  kitab Upaweda yaitu pada kitab Itihasa dan Purana

Menganalisis kelompok dan jenis Purana.

Mengamati Video / Gambar cerita Purana dan  menentukan jenis dan kelompoknya.
Religius
Test
Esay dan Objektif
Buku Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK kelas X, Pendidikan dan kebudayaan.

I Made Titib ,VEDA Sabda Suci,  1966, Paramita Surabaya.
4.1
Menyajikan bagian-bagian Upaveda sebagai tuntunan hidup
Menjelaskan kedudukan Upaveda dalam Weda
Menunjukkan  gambar struktur Weda dari hasil kegiatan kelompoknya.
Penugasan




Presentasi
Terstruktur

Tidak
Terstruktur

Unjuk
Kerja


SILABUS  PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan           :    SMA / SMK
Kelas                                  :    X
Semester                             :    I
Mata Pelajaran                 :    Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi Pokok                    :    Wariga
Kompetensi Inti                      : 
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


Kompetensi
Dasar
Idikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Nilai Pend Karakter
Penilaian

Sumber Belajar

Teknik
Bentuk Instrumen
1.3





2.3




Menghayati hakekat Wariga dalam kehidupan



Mengamalkan Wariga dalam kehidupan sehari-hari;
Mengamalkan pelaksanaan ajaran Wariga di sekolah dan masyarakat

Membuktikan sikap bertanggung jawab terhadap ajaran Wariga
Melaksanakan persembahyangan Purnama, Tilem dan hari raya besar lainya sebadai bentuk pengamalan dari ajaran  Wariga.

Menunjukkan prilaku penerapan ajaran Wariga (disiplin dalam melaksanakan persembahyangan Purnama, Tilem, Saraswati dan Pagerwesai)
Religius



Desiplin dan tanggung jawab
Pengamatan
Jurnal pengamatan Spiritual



Jurnal pengamatan Sikap Sosial
3.3







Memahami hakekat Wariga dalam kehidupan



Mengarahkan dalam menentukan wewaran dalam Wariga

Menganalisis macam-macam Wariga untuk upacara agama

Menganalisis dampak dari Wariga terhadap pertanian
Hakekat Wariga dalam kehidupa
·      Pengertian Wariga
·      Hakekat Wariga
·      Menentukan Wariga
·      Macam-Macam Wariga
·      Dampak dari Wariga
Wewaran













Menentukan Wewaran dengan tabel dan jari tangan


Menganalisis macam-macam Wariga untuk upacara agama.


Menganalisis dampak  positip dan negatip dari Wariga terhadap pertanian

Percaya diri, disiplin
Test
Esay
objektif
Buku Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK kelas X, Pendidikan dan kebudayaan.

I Wayan Tusan, Penuntun Padewasan dan Wariga,

I Kt. Bambang Gede Rawi (alm), Kalender,
4.3
Mempraktikkan cara menentukan    Wariga dalam kehidupan umat Hindu;
Menunjukkan cara menentukan wariga dalam kehidupan umat Hindu
Wewaran, Wuku
Presentasi  cara menentukan Wewaran dan Wuku dalam Wariga.

Mendemonstrasikan cara menetukan Wewaran dengan jari Tangan dan Tabel
Disiplin, tanggung jawab, sopan santun, percaya diri.
Penugasan




Presentasi
Terstruktur

Tidak
Terstruktur

Unjuk
Kerja

Mengetahui
Kepala SMAN 1 Rendang



I Putu Sudibawa, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801 1001
Rendang,
Guru Pendidikan Agama Hindu
dan budi Pekerti


 I Made Yuda Asmara. S.Pd.H., M.Pd
NIP. 19870912 201101 1 009






SILABUS  PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan           :    SMA / SMK
Kelas                                  :    X
Semester                             :    II
Mata Pelajaran                 :    Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi Pokok                    :    DARSANA
KompetensiInti                       : 
KI 1
:
Menghayatidanmengamalkanajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atasberbagaipermasalahandalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamsertadalammenempatkandirisebagaicerminanbangsadalampergaulandunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisispengetahuanfaktual, konseptual, proseduralberdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian, sertamenerapkanpengetahuanproseduralpadabidangkajian yang spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrakterkaitdenganpengembangandari yang dipelajarinya di sekolahsecaramandiri, danmampumenggunakanmetodasesuaikaidahkeilmuan



Kompetensi
Dasar
Idikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pembelajaran

KegiatanPembelajaran

Nilai Pend Karakter
Penilaian

Sumber Belajar

Teknik
BentukInstrumen
1.1










1.2




Mengamalkan ajaran Darsana dalam agama Hindu







Mengamalkan
Kebenaran yang tertuang dalam ajaran Darsana
Mengamalkan ajaran Darsana dalam agama Hindu







Membiasakan berprilaku yang baik dan benar
Pelaksanaan Tri Sandhya, berdoa mulai pembelajaran dan mengakhiri pembelajaran dan melaksanakan yajna sebagai bentuk pelaksanaan Bakti marga yoga yang merupakan salah satu dari ajaran Yoga Darsana.





Menunjukkan prilaku yang baik dan benar sebagai bentuk penerapan ajaran kebenaran.
Religius







Desiplin, sopan santun dan bertanggung jawab
Pengamatan
Jurnal pengamatan Spiritual








Jurnal pengamatan Sikap Sosial

3.4







Memahami ajaran Dharsana dalam agama Hindu




Menganalisis ajaran-ajaran yang tertuang dalam filsafat Hindu

Menganalisis pokok-pokok ajaran Sad Darsana
AjaranDharsanadalam agama Hindu


SistemFilsafat Hindu

Sad Darsana
Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menganalisis ajaran-ajaran yang tertuang dalam filsafat Hindu


Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menganalisis  pokok-pokok ajaran Sad Darsana


Religius
Test
Esay
Objektif
Buku Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK kelas X, Pendidikan dan kebudayaan.


4.4
Menyajikan bagian-bagian ajaran Dharsana sebagai bagian dalam filsafat Hindu
Menentukan bagian-bagian filsafat Nawa Darsana
Nawa Darsana
Siswa dapat menunjukkan di depan kelas Peta Konsep ajaran Nawa Darsana
Penugasan



Presentasi
Terstruktur
Tidak
Terstruktur
Unjuk
Kerja



SILABUS  PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan           :    SMA / SMK
Kelas                                  :    X
Semester                             :    II
Mata Pelajaran                 :    Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi Pokok                    :    CATUR ASRAMA
KompetensiInti                       : 
KI 1
:
Menghayatidanmengamalkanajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayatidanmengamalkanperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsifdan pro-aktifdanmenunjukkansikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamsertadalammenempatkandirisebagaicerminanbangsadalampergaulandunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisispengetahuanfaktual, konseptual, proseduralberdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian, sertamenerapkanpengetahuanproseduralpadabidangkajian yang spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrakterkaitdenganpengembangandari yang dipelajarinya di sekolahsecaramandiri, danmampumenggunakanmetodasesuaikaidahkeilmuan



Kompetensi
Dasar
Idikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pembelajaran

KegiatanPembelajaran

Nilai Pend Karakter
Penilaian

SumberBelajar

Teknik
BentukInstrumen
1.2










2.2




Menghayatiajaran Catur Asrama sebagai tingkat hidup dalam Masyarakat






Mengamalkan pola hidup sesuai dengan tingkatan dan ranah yang diamanatkan Catur Asrama
Mengamalkan ajaran Brahmacari Asrama terhadap Guru Swadyaya.







Membisakan sikap bertanggung jawab terhadap pola hidup sesuai dengan tingkatan dan ranah yang diamanatkan Catur Asrama
Pelaksanaan Tri Sandhya, berdoa mulai pembelajaran, mengakiri pembelajaran dan melaksanakan kegiatan persembahyangan







Menunjukkan sikap dan perilaku yang mencerminkan pelaksanaan ajaran Catur asrama terhadap catur Guru di lingkungan sekolah
Religius









Disiplin, sopan santun dan tanggung jawab
Pengamatan
Jurnal pengamatan Spiritual








Jurnal pengamatan Sikap Sosial





3.5





Memahami pengetahuan konseptual tentang ajaran Catur Asrama

Menganalisis
Kewajiban-kewajiban masing-masing bagian Catur Asrama
Catur Asrama

Bagian-bagian Catur Asrama

Kewajiban-kewajiban dalam Catur Asrama
Mendiskusikan Kewajiban-kewajiban masing-masing bagian Catur Asrama dalam sastra Hindu

Menyimak tayangan video tentang kewajiban Brahmacari, Grhastha, Wanaprastha dan Biksuka dalam kehidupan di masyarakat.
Disiplin, Tanggung Jawab, Percaya Diri
Test
Esay dan Objektif
Buku Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK kelas X, Pendidikan dan kebudayaan.

Kajian Naskah Lontar Siwagama,Dinas kebudayaan prov.Bali, 2002
4.5
Menyajikan ajaran Catur Asrama dalam tatanan hidup

Merancang Video pendek tentang kewajiban masing-masing ajaran catur asrama







Mendemonstrasikan kewajiban Brahmacari terhadap guru Catur Guru melalui tayangan Video
Siswa dapat membuat tampilan  aplikasi masing-masing ajaran catur asrama












Melalui kegiatan kelomwok siswa menampilkan video aplikasi ajaran Brahmacari terhadap Catur Guru

Penugasan















Presentasi
Terstruktur,
Tidak
Terstruktur

Proyek
Produk










Unjuk
Kerja















SILABUS  PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan           :   SMA  / SMK
Kelas                                  :    X
Semester                             :    II
Mata Pelajaran                 :    Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi Pokok                    :    CATUR WARNA
KompetensiInti: 
KI 1
:
Menghayatidanmengamalkanajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayatidanmengamalkanperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsifdan pro-aktifdanmenunjukkansikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamsertadalammenempatkandirisebagaicerminanbangsadalampergaulandunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisispengetahuanfaktual, konseptual, proseduralberdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian, sertamenerapkanpengetahuanproseduralpadabidangkajian yang spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrakterkaitdenganpengembangandari yang dipelajarinya di sekolahsecaramandiri, danmampumenggunakanmetodasesuaikaidahkeilmuan


Kompetensi
Dasar
Idikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pembelajaran

KegiatanPembelajaran

Nilai Pend Karakter
Penilaian

SumberBelajar

Teknik
BentukInstrumen
1.1











2.2




Menghayati ajaran Catur Warna sesuai susastra Hindu








Menjalankan pola hidup gotong royong dan kerjasama, serta berinteraksi secara efektif sesuai degan tatanan ajaran catur Warna
Mengamalkan pelaksanaan ajaran Catur Warna sesuai susastra Hindu







Membuktikan sikap bertanggung jawab terhadap ajaran Catur Warna
Siswa melaksanakan persembahyanganPurnama, tilaem dan hari raya besar lainya.








Siswa menunjukkanprilakugotong royong dan kerjasama dalam kegiatan piket kelas yang menunjukan penerapan dari ajaran catur Warna
Religius








Desiplin, tanggung jawab, gotong royong dan kerjasama
Pengamatan
Jurnal pengamatan Spiritual









Jurnal pengamatan Sikap Sosial


3.6







Memahami pengetahuan konseptual ajaran Catur Warna sesuai susastra Hindu



Membandingkan catur Warna dengan catur Kasta


Menganalisis kewajiban masing-masing warna dalam Catur Warna
Pengetahuan konseptual ajaran Catur Warna sesuai susastra Hindu

Bagian-bagian Catur Warna

Kewajiban Masing
Siswa diskusi kelompok  mencari kesamaan dan perbedaan antara  Catur Warna dan Catur Kasta



Siswa diskusi kelompok menganalisis kewajiban masing-masing warna dalam catur warna (Kitab suci Hindu)

Siswa diskusi  menganalisis kewajiban masing-masing warna dalam kehidupanse hari-hari
Percaya diri, disiplin
Test
Esay
objektif
Buku Paket Pendidikan Agama hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK kelas X, Pendidikan dan kebudayaan.

4.6
Menyajikan masing-masing fungsi Catur Warna dalam kehidupan masyarakat


Merancang cerita pendek tentang fungsi Brahnana, Ksatriya, Waisya dan Sudra dalam masyarakat.
Mendemontrasikan fungsi Brahnana, Ksatriya, Waisya dan Sudra dalam masyarakat.
Siswa kerja kelompok membuat tampilan  fungsi masing-masing Catur Warna



Kegiatan kelompok siswa untuk mendemontrasikan fungsi dari Brahnana, Ksatriya, Waisya dan Sudra dalam masyarakat.

Membuat tugas dalam bentuk kliping yang bertema”tugasdanfungsiCaturWarna”dilengkapidenganketerangangambar-gambar/ foto
Disiplin, tanggung jawab, sopan santun, percaya diri.
Penugasan









Presentasi
Terstruktur

Tidak
Terstruktur






Unjuk
Kerja



hubungi saya via WA : 085237290333.


EmoticonEmoticon