RPP AGAMA HINDU SMA KELAS X


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             :           SMAN 1 RENDANG
Mata Pelajaran            :           Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti 
Kelas / Semester          :           X/Ganjil
Materi Pokok              :           Nilai-Nilai Yajña Dalam Rāmāyana
Alokasi Waktu            :           6 JP (2 pertemuan)

A.  Kompetensi Inti
KI 1     :           Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2    :           Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro- aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3    :           Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. 
KI 4    :           Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.  Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning dengan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan dapat Menjelaskan Pengertian Yajna, Menyebutkan Pembagian Yajna, Menunjukkan Bentuk-Bentuk Pelaksanaan Yajna dalam Kehidupan Sehari-Hari, Membuat Ringkasan Cerita Ramayana serta Mempraktikkan nilainilai yajna, dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.





C.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1   
Menghayati nilai-nilaiYajňa yang terkandung dalam kitab Rāmāyaṇa.
1.1.1         
Mengamalkan pelaksanaan yajna yang terkandung kitab Ramayana di sekolah dan masyarakat.
2.1   
Menghayati sikap bertanggung jawab terhadap nilai-nilai Yajňa yang terkandung dalam kitab Rāmāyaṇa.
2.1.1
Membuktikan sikap bertanggung jawab terhadap nilai-nilai yajna yang terkandung dalam kitab Ramayana
3.1   
Memahami hakekat dan nilai-nilaiYajňa yang terkandung dalam kitab Rāmāyaṇa
3.1.1

3.1.2 
Menganalisis nilai-nilai yajna yang terkandung dalam  Teks cerita Ramayana.
Menganalisis nilai-nilai yajna yang terkandung dalam sebuah tayangan Video ceritra Ramayana
4.1   
Menyajikan nilai-nilai pelaksanaan Yajňa menurut kitab Rāmāyaṇa dalam kehidupan 
4.1.1
Menentukan nilai-nilai pelaksanaan yajna menurut kitab Ramayana dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat
 
D.  Materi Pembelajaran
v Nilai-Nilai Yajňa dalam Cerita Rāmāyana
v Pelaksanaan Panca Yajña (Dewa Yajña,Pitra Yajña,Manusa Yajña,Ṛsī Yajña dan Bhuta Yajña) dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.

E.   Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                  :  Scientific Learning
2.      Model Pembelajaran   :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3.      Metode Pembelajaran :  Diskusi, Tanya Jawab, Penugasan

F.    Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1.      Media                          :  LKS
2.      Alat / Bahan                :  - White board
-       Spidol
-       Media LCD projector
-       Laptop
-       Bahan Tayang ( Vidio Cerita Ramayana)

G. Sumber Belajar 
1.      Buku Paket Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti SMA/K Kelas X
2.      Sumber lain yang relevan

H.  Langkah-Langkah Pembelajaran
1.    Pertemuan Pertama
Kegiatanp Pendahuluan
Orientasi:
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi:
v   Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi:
v   Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menganalisis tentang nilai-nilai Yajňa yang terkandung dalam  Teks cerita Ramayana.
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan. 
Pemberian Acuan:
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15 Menit







Kegiatan
Langkah Model yang dipilih
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Inti

Orientasi Peserta didik kepada Masalah
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik: Nilai-nilai yajna yang terkandung dalam  Teks cerita Ramayana. dengan Cara:
Membaca:
Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Cerita Rāmāyana.

Mengamati:
Peserta didik di minta untuk mengamati gambar/video, lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan: Cerita Rāmāyana


Mendengar:
Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan : nilai-nilai yajna yang terkandung dalam Teks cerita Ramayana.

Menyimak:
Peserta didik diminta untuk menyimak penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai: nilai-nilai yajna yang terkandung dalam  Teks cerita Ramayana.untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi
105 menit



Mengorganisasikan peserta didik

Menanya:
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya mengajukan pertanyaan tentang: nilai-nilai yajna yang terkandung dalam  Teks cerita Ramayana.
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
v  Jelaskan mengapa Yajña dikatakan sebagai simbol pengejawantahan ajaran Veda !





Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi:
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Membaca sumber lain selain buku teks, 
v  Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu: nilai-nilai yajna yang terkandung dalam  Teks cerita Ramayana.
Aktivitas :
v  Buatlah kelompok yang terdiri dari 4-5 orang siswa
v  Cerita Ramayana banyak memuat nilai etika, cari dan jelaskan nilai etika yang terdapat pada masing-masing nilai-nilai yajna yang terkandung dalam  Teks cerita Ramayana.yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan presentasikan di depan kelas..
Saling tukar informasi tentang :
v  Nilai-Nilai nilai-nilai yajna yang terkandung dalam  Teks cerita Ramayana.dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.





Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan:
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :Nilai-nilai yajna yang terkandung dalam  Teks cerita Ramayana.
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya. 
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang: nilai-nilai yajna yang terkandung dalam  Teks cerita Ramayana.
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran 




Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan:
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: nilai-nilai yajna yang terkandung dalam  Teks cerita Ramayana.
Mengolah informasi:
v  Informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai: Ringkasan Cerita Rāmāyana
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Ringkasan Cerita Rāmāyana

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
v  Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
v  Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
v  Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
v  Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
v  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
v  Mengagendakan pekerjaan rumah.
v  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Kegiatan Bersama
v  Menutup Pembelajaran dengan Parama santih
15 Menit

2.    Pertemuan Kedua
Kegiatanp Pendahuluan
Orientasi:
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi:
v   Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi:
v   Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menganalisis tentang: nilai-nilai yajna yang terkandung dalam  sebuah tayangan vidio cerita Ramayana.
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan. 
Pemberian Acuan:
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15 Menit








Kegiatan
Langkah Model yang dipilih
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Inti

Orientasi Peserta didik kepada Masalah
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik: nilai-nilai yajna yang terkandung dalam  sebuah tayangan vidio cerita Ramayana.dengan Cara:
Membaca:
Peserta didik diminta membaca  materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan: nilai-nilai yajna yang terkandung dalam  sebuah tayangan vidio cerita Ramayana.


Mengamati:
Peserta didik di minta untuk mengamati 1 Tampilan video Cerita Ramayana, Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan: nilai-nilai yajna yang terkandung dalam  sebuah tayangan vidio cerita Ramayana.



Mendengar:
Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan: nilai-nilai yajna yang terkandung dalam  sebuah tayangan vidio cerita Ramayana.


Menyimak:
Peserta didik diminta untuk menyimak penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai: nilai-nilai yajna yang terkandung dalam  sebuah tayangan vidio cerita Ramayana.untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi
105 menit



Mengorganisasikan peserta didik

Menanya:
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya mengajukan pertanyaan tentang:
v  nilai-nilai yajna yang terkandung dalam  sebuah tayangan vidio cerita Ramayana.
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
v  Jelaskan mengapa Yajña dikatakan sebagai simbol pengejawantahan ajaran Veda !





Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi:
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Membaca sumber lain selain buku teks, 
v  Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu: nilai-nilai yajna yang terkandung dalam  sebuah tayangan vidio cerita Ramayana.
Aktivitas :
v  Buatlah kelompok yang terdiri dari 4-5 orang siswa
v  Cerita Ramayana banyak memuat nilai etika, cari dan jelaskan nilai-nilai yajna yang terkandung dalam  sebuah tayangan vidio cerita Ramayana.
v  yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan presentasikan di depan kelas..
Saling tukar informasi tentang :
v  Nilai-nilai yajna yang terkandung dalam  sebuah tayangan vidio cerita Ramayana. dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.






Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan:
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :  Nilai-Nilai Yajňa dalam sebuah tayangan vidio cerita Rāmāyana
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya. 
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang: Nilai-Nilai Yajňa yang terkandung dalam sebuah tayangan vidio Cerita Rāmāyana
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran 




Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan:
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: nilai-nilai yajna yang terkandung dalam  sebuah tayangan vidio cerita Ramayana.
Mengolah informasi:
v  Informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai: Cerita Rāmāyana
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Cerita Rāmāyana

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
v  Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
v  Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
v  Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
v  Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
v  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
v  Mengagendakan pekerjaan rumah.
v  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Kegiatan Bersama
v  Menutup Pembelajaran dengan Parama santih
15 Menit

I.     Penilaian hasil Pembelajaran
1.    Teknik Penilaian
No
Aspek
Teknik
Bentuk
1
Sikap
Non Tes / Pengamatan
Lembar Observasi
2
Pengetahuan
Tes

Pilihan Handa
3
Ketrampilan
Penugasan
Presentasi
Rubrik Penilaian Presentasi

2.    Instrumen Penilaian
v  Sikap            :           Lembar Observasi (Lampiran 1)
v  Pengetahuan            :           Soal Pilihan Ganda (Lampiran 2)
v Ketrampilan :           Rubrik Penilaian Presentasi (Lampiran 3)

3.    Pengayaan dan Remidial
v Pengayaan diberikan bagi siswa yang mendapat nilai diatas kreteria minimal
v Remidial diberikan bagi siswa yang nilainya dibawah kreteria minimal
Mengetahui
Kepala SMAN 1 Rendang




I Putu Sudibawa, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801 1001
Rendang,
Guru Pendidikan Agama Hindu
dan budi Pekerti



I Made Yuda Asmara. S.Pd.H., M.Pd
NIP. 19870912 201101 1 009
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL

Nama Satuan pendidikan        : SMAN 1 RENDANG
Tahun pelajaran                       : 2019/2020
Kelas/Semester                        : X / Semester I
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
NO

Nama SIswa

Indikator Sikap Spritual
Indikator Sikap Sosial

Jumlah
Nilai
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10

1

1
1
1
1
1
1
1
0
1
1
9
SB
2

1
1
1
1
1
0
1
1
0
0
7
B
3

1
1
0
1
0
1
0
1
0
0
5
C
4

1
0
0
1
0
1
0
1
0
0
4
D
JUMLAH
4
3
2
4
2
3
2
3
1
1
25

Keterangan:
Skor: 1= Ya. 0 =Tidak
Penggolongan Skor
Kategori
9 - 10
Sangat Baik
SB
7-8
Baik
B
5-6
Cukup
C
≤ 4
Tidak Baik
D
1.      Mensyukuri
2.      Disiplin
3.      Kejujuran
4.      Kerajinan
5.      Percaya Diri
6.      Kerjasama
7.      Peduli Lingkungan
8.      Tekun Belajar
9.      Rasa Ingin Tau
10.  Kerajinan
                                                                                               
Guru Mata Pelajaran
 

                                                                                                 (I Made Yuda Asmara)


INSTRUMEN TES TERTULIS

Satuan Pendidikan     :      SMAN 1 RENDANG
Mata Pelajaran           :      Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Kelas                            :      X
Kompetensi Dasar      :      3.1. Memahami hakekat dan nilai-nilaiYajňa yang terkandung
                                                    Dalam Ramayana
IPK                               :      3.1.1 Menganalisis nilai-nilai yajna yang terkandung dalam  Teks cerita Ramayana.
3.1.2   Menganalisis nilai-nilai yajna yang terkandung dalam sebuah tayangan Video ceritra Ramayana
Soal:


1.    Yadnya yang dilakukan setiap hari disebut nitya yadnya. Dibawah ini termasuk contoh dari pelaksanaan nitya yadnya kecuali ... .
a.    Mesaiban         d. Yadnya sesa
b.    Tri sandya        e. mecaru
c.    Belajar
Kunci; E
2.    Yadnya yang dilaksanakan dengan penuh harapan akan hasilnya dan bersifat pamer kemewahan disebut ... .
a.       Satwika          d. Sradha
b.      Rajasika          e. Lascarya
c.       Tamasika
Kunci; B
3.    Dibawah ini yang bukan tergolong contoh pelaksanaan yadnya secara nitya yadnya adalah ... .
a.       Melaspas        d. Sembahyang
b.      Jnana yadnya e. Menjaga lingkungan
c.       Yadnya sesa
Kunci; A
4.    Berdasarkan sasaran yang akan diberikan yajnya, maka korban suci ini dibedakan menjkadi ... .
a.       2
b.      3
c.       4
d.      5
e.       6
Kunci; D
5.    Yadnya jika dilihat dari segi sasaranya sering disebut dengan ... .
a.       Panca Dewata
b.      Panca Yama Brata
c.       Panca Nyama Brata
d.      Panca Yadnya
e.       Panca Maha Butha
Kunci; D
6.    Dalam Bhagawadgita disebutkan bahwa yadnya itu tidak hanya pada suatu persembahan yang berupa Upacara tapi yadnya ada yang tidak denagan upakara. Dibawah ini yang termasuk kedalam manusa yadnya tanpa upakara adalah kecuali ... .
a.       Membantu orang tua menyebrang jalan
b.      Menjenguk teman yang sakit
c.       Donor darah
d.      Membantu fakir miskin
e.       Melaksanakan perkawinan/wiwaha
Kunci; E
7.        Didalam ceritra Ramayana ada beberapa yadnya didalamnya yadnya tersebut adalah ... .
a.       Kajeng kliwon
b.      Purnama
c.       Tilem
d.      Dewa Yadnya
e.       Panca yadnya
Kunci: E


8.    Perhatikan Gambar dibawah ini!

Gambar diatas tergolong kedalam yadnya, kalo dilihat dari segi sasaranya upcara tersebut tergolong kedalam ... .
a.         Dewa yadnya
b.        Manusa yadnya
c.         Pitra yadnya
d.        Rsi yadnya
e.         Bhuta yadnya
Kunci; B

9.    “Yajna menurut petunjuk kitab-kitab suci, yang dilakukan oleh orang tanpa mengharap pahala dan percaya sepenuhnya bahwa upacara ini sebagai tugas kewajuban, adalah sattwika. Terjemahan soka ini terdapat pada ...
a.       Rg Veda
b.      Bhagawad Gita. XVII. 11
c.       Bhagawad Gita. XVII. 12
d.      Bhagawad Gita XVII. 13
e.       Bhagawad Gita IV. 11
Kunci; B








10.          Perhatikan gambar berikut!
Gambar diatas merupakan kegiatan yadnya yang terdapat dalam cerita Ramayana yaitu persembahan terhadap dewa Agni.
Yadnya ini dinamaka ... .
a.       Agni horta
b.      Bhuta yadnya
c.       Rsi yadnya
d.      Manusa yadnya
e.       Pitra yadnya
Kunci; A

11.           Jika yadnya dilihat dari sasaranya maka yadnya atau korban suci yang ditujukan kehadapan para pitara atau leluhur disebut dengan ...
a.       Dewa Yadnya
b.      Manusa Yadnya
c.       Rsi Yadnya
d.      Bhuta yadnya
e.       Pitra Yadnya
Kunci : E











12.          Jika dilihat dari kualitas, maka yadnya dapat dibedakan menjadi tiga yaitu, ... .
a.       Nista, madya, utama
b.      Nistaning nista, madyaning nista, utamaning nista
c.       Satwika, rajasika, tamasika
d.      Nista, rajasika, satwika
e.       Nistaning utama, nistaning madya, nistaning nista.
Kunci: C
13.    Yang termasuk Upacara Dewa Yadnya dalam Ceritra Ramayana adalah ... .
a.         Sri Rama Mempersunting dewi sita
b.         Pelaksanaan Homa Yadnya oleh Raja Dasaratha
c.         Rama Menghormati Maha Rsi
d.        Rama mengusir para Raksasa dalam Upacara Homa Yadnya
e.         Pembakaran jenasah raja Dasaratha
Kunci : B
14.    Demi memenuhi janji orang tuanya yaitu raja Dsaratha, sri rama, laksamana dan dewi sita mau menerima perintah orang tuanya untuk pergi hidup dihutan, berdasarkan ceritra tersebut dalam Pancayadnya tergolong kedalam ... .
a.         Dewa Yadnya
b.         Manusa Yadnya
c.         Pitra Yadnya
d.        Rsi Yadnya
e.         Bhuta Yadnya
Kunci: C
15.    Gambar

Gambar diatas merupakan upacara putra kama jaya dalam ceritra Ramayana, upacara ini merupakan upacara ... dalam panca yadnya.
a.         Manusa yadnya
b.         Dewa Yadnya
c.         Pitra Yadnya
d.        Rsi yadnya
e.         Bhuta Yadnya
Kunci: B



                                             Jumlah Nilai  Perolehan
     Nilai siswa :                                         x  100
                                    Jumlah Nilai Maksimal








INSTRUMEN PENILAIAN PRESENTASI

Satuan Pendidikan     :      SMAN 1 RENDANG
Mata Pelajaran           :      Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Kelas                            :      X
Kompetensi dasar        :      4.1     Menyajikan nilai-nilai pelaksanaan Yajňa menurut kitab Rāmāyaṇa dalam kehidupan 
Indikator                       :      4.1.1 Menentukan nilai-nilai pelaksanaan yajna menurut kitab Ramayana dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat
Materi                           :      Nilai-nilai  Yajňa  dalam Ramayana

Rubrik Penilaian Presentasi Kelompok
Nama/Kelompok      :     .............................................................
Kelas                        :     .............................................................
Tanggal Penilaian     :     .............................................................

No
Indikator
Deskriptor (rentang 4-1)
Skor

1

Penguasaan materi  presentasi

1.      Menunjukkan penguasaan materi presentasi dengan sangat baik                                                        

2.      Menunjukkan penguasaan materi presentasi dengan cukup baik                                                         

3.      Menunjukkan penguasaan materi presentasi dengan kurang baik                                                        

4.      Menunjukkan penguasaan materi presentasi dengan sangat kurang baik                                                         


2

Sistematika presentasi
(Pembukaan, isi dan penutup )
1.      Materi presentasi disajikan secara runtut dan sistematis

2.      Materi presentasi disajikan secara runtut tetapi kurang  sistematis

3.      Materi presentasi disajikan secara kurang runtut dan tidak sistematis

4.      Materi presentasi disajikan secara tidak runtut dan tidak sistematis


3

Penggunaan bahasa
1.      Bahasa yang digunakan sangat mudah dipahami

2.      Bahasa yang digunakan cukup mudah dipahami

3.      Bahasa yang digunakan   sulit dipahami

4.      Bahasa yang digunakan sangat sulit dipahami


4

Pemaparan/Presentasi
1.      Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang tepat dan artikulasi/lafal yang jelas

2.      Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang agak tepat dan artikulasi/lafal yang agak  jelas

3.      Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang kurang tepat dan artikulasi/lafal yang kurang  jelas

4.      Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang tidak tepat dan artikulasi/lafal yangtidak  jelas


5

Pemanfaatan Media
1.      Media yang dimanfaatkan sangat jelas, menarik, dan menunjang seluruh sajian

2.      Media yang dimanfaatkan jelas tetapi kurang menarik

3.      Media yang dimanfaatkan kurang jelas dan tidak menarik

4.      Media yang dimanfaatkan tidak  jelas dan tidak  menarik


6

Kemampuan mempertahankan dan menanggapi pertanyaan atau sanggahan
1.      Mampu mempertahankan dan menanggapi pertanyaan/sanggahan dengan arif dan bijaksana

2.      Mampu mempertahankan dan menanggapi pertanyaan/sanggahan dengan cukup baik

3.      Kurang mampu mempertahankan dan menanggapi pertanyaan atau sanggahan dengan baik

4.      Sangat kurang mampu mempertahankan dan menanggapi pertanyaan atau sanggahan

TOTAL  SKOR


                     Jumlah Skor Perolehan
        Nilai  :                                         x 100
                        Jumlah Skor Maksimal                       



                                                                                                Guru Mata Pelajaran


                                                                                                 (I MADE YUDA ASMARA)










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :    SMAN 1 RENDANG
Mata Pelajaran                   :   Agama Hindu
Kelas/Semester                   :    X/1
Materi Pokok                       :   Upaweda
Sub Materi Pokok                :    Upaweda sebagai Tuntunan Hidup
Alokasi Waktu                    :   12 x 45 menit(4xPertemuan)


A.      Kompetensi Inti
KI 1
       menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya    
KI 2
menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Tujuan Pembelajaran
Melalui  pendekatan saintifik,siswa dapat

1.      Menjelaskan pengertian Upaveda
2.      Menjelaskan bagian-bagian dari Upaveda
3.      Membuat bagan (Struktur Weda)
4.      Merangkum nilai-nilai yang terdapat dalam ajaran  Itihasa

C.      Kompetensi Dasar dan Indikator
KD
INDIKATOR
1.2
Mengamalkan ajaran Upaweda sebagai tuntunan hidup

1.2.1
Meyakini ajaran Upaweda salah satu ajaran Agama Hindu


1.2.2
Mengamalkan ajaran Upaweda

2.2
Mengamalkan ajaran Upaweda sebagai tuntunan hidup

2.2.1
Membiasakan diri mengucapkan   salam panganjali



2.2.2
Membuktikan sikap bertanggung jawab terhadap Ajaran Upaweda

3.2
Memahami ajaran Upaveda sebagai tuntunan hidup

3.2.1
Menyusun Struktur Weda




3.2.2
Merangkum
nilai-nilai yang terdapat dalam ajaran  Itihasa




3.2.3
Menganalisis kelompok dan jenis Purana
















4.2
Menyajikan bagian-bagian Upaveda sebagai tuntunan hidup

4.2.1
Menjelaskan kedudukan Upaveda dalam Weda





                
D.      Materi Pembelajaran
Faktual
·         Bagian-bagian Upaweda
·         Contoh – contoh  bagian Upaweda

      Konseptual
·         Pengertian Upaweda

     Prosedural
·         Pelaksanaan Upaweda dalam Itihasa

-Pengertian Upaweda
Agama Hindu sebagaimana agama-agama lainnya, juga memiliki Kitab Suci yang disebut Veda. Veda adalah sumber dari ajaran Agama Hindu sebagai Wahyu Tuhan (Ida Sang Hyang Widhi Wasa). Didalam ajaran agama hindu tersebut termuat tentang ajaran agama, kebudayaan dan filsafat. Umat Hindu berkeyakinan bahwa Veda bersifat Anadi-ananta yakni tidak berawal dan tidak berakhir dan sebagai sabda Brahman.
Istilah Upaweda diartikan sebagai Veda yang lebih kecil dan merupakan kelompok kedua setelah Vedangga. Upa berarti dekat atau sekitar dan Veda berarti pengetahuan dan dapat pula berarti Vedaa. Dengan demikian Upaweda dapat diartikan sekitar hal-hal yang bersumber dari Veda. Dilihat dari materi isinya yang dibahas dalam beberapa Kitab Upaweda, tampak kepada kita bahwa tujuan penulisan Upaweda sama seperti Vedangga. Hanya saja dalam pengkhususan untuk bidang tertentu. Pengkhususan yang di bahas adalah aspek pengetahuan atau hal-hal yang terdapat di dalamVeda dan kemudian difokuskan pada bidang itu saja sehingga kita memiliki pengetahuan dan pengarahan mengenai pengetahuan dan peruntukan ilmu pengetahuan yang dimaksud.
Mengenai kedudukan Upaweda dalam Veda dilihat dari materi isinya sudahlah jelas sesuai arti dan tujuannya serta apa yang menjadi bahan kajian dalam Kitab Upaweda itu, maka Upaweda pada dasarnya dinyatakan mempunyai hubungan yang sangat erat dengan Veda. 
-Baguan-bagian Upaweda
Kitab Upaweda terdiri atas beberapa cabang ilmu antara lain:
-Itihasa(Ramayana dan Mahabharata)
- Purana
-Arthasastra
-Ayur Weda
-Gandarwa weda

E.       Metode Pembelajaran

Pendekatan         : Saintifik
       Model                  : Discovery learning
Metode                : Diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan,ceramah, presentasi

F.       Media Pembelajaran
Media                 :   Gambar , LCD / Laptop
Alat/Bahan           :  Lembar Kerja Siswa, Papan Tulis/White Board
G.      Sumber Belajar
-  Buku Siswa Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas X, Kementerian dan                Kebudayaan Tahun 2014.
-  Internet
-  Buku/ sumber lain yang relevan.

H.      Langkah-Langkah Pembelajaran

No.
Kegiatan
Waktu


1.
Pertemuan 1 dan 2 (@3 ×45 menit)

Pendahuluan
1.    memberi  salam, Om Swastyastu,
2.    Mengabsen siswa dan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan;
3.    Menanamkan pendidikan karakter dan pembiasaan kepada siswa, mengecek kebersihan kelas dan sekitarnya, dan mencek kelengkapan atribut sekolah.
4.    Mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya  berkaitan dengan materi Upaweda
5.    Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan materi Upaweda
6.    Menyampaikan garis besar cakupan materi Upaweda dan kegiatan yang akan dilakukan;
7.    Menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan saat membahas materi Upaweda




20
menit
2.
Kegiatan Inti
Guru mengarahkan peserta didik membentuk kelompok dan berdiskusi dengan rekan sekelompok untuk merencanakan penelitian berkaitan dengan permasalahan yang disajikan.
90 menit
M engamati : (Critical Thinking)
1. Peserta didik membaca buku teks pelajaran materi tentang Upaweda.
2. Guru menunjukkan gambar yang berkaitan dengan Upaweda kemudian peserta didik diminta mengamati fenomena dimasyarakat berkaitan dengan siklus kehidupan manusia lalu mengaikatnnya dengan tema pembelajaran yang akan dilaksanakan tentang ajaran Upaweda


M enanya :
1. Peserta didik menanyakan hal-hal yang belum jelas tentang Upaweda (tentang tugas-tugas yang di dapatkan dalam kelompoknya)


M engumpulkan Informasi : (Collaboration)
1. peserta didik mencari ataupun mengumpulkan informasi serta bahan referensi dari berbagi sumber seperti wawancara dengan tokoh yang dianggap relevan dengan topik penelitian, studi pustaka ataupun melalui sumber internet untuk dapat menjawab permasalahan yang berkaitan dengan  ajaran Upaweda dalam Agama Hindu.


Mengasosiasikan(Mengolah Informasi) (Collaboration)
1. Peserta didik dalam kelompoknya berbagi tugas untuk mengasosiasikan atau mengolah informasi yang sudah di dapat yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan sudah di rumuskan dan menampilkannya dalam bentuk laporan (fresentasi)


Mengkomunikasikan (Communication)
  1. Peserta didik di harapkan mampu mengkomunikasikan dengan kelompok lain tentang informasi yang sudah di olah dalam kelompoknya. Siswa saling bertukar informasi dengan kelompok lain sehingga akan tercipta kondisi peserta didik yang aktif.


3.
Penutup
1.      Memfasilitasi dalam menemukan kesimpulan tentang materi Upaweda melalui reviu indikator yang hendak dicapai pada hari itu.
2.      Memberikan penghargaan (pujian) terhadap hasil presentasi dan diskusi siswa yang baik, dan mengingatkan kelompok yang kurang serius.
3.      Memberikan tugas kepada peserta didik, dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya maupun mempersiapkan diri menghadapi tes/ evaluasi akhir di pertemuan berikutnya (kegiatan ini dilakukan di pertemuan ke-1).
4.      Melakukan penilaian untuk mengetahui tingkat ketercapaian indikator (kegiatan ini dilakukan di pertemuan ke-2).
5.      Diakhiri dengan doa dan mengucapkan salam Paramasantih


25
menit

No.
Kegiatan
Waktu


1.
Pertemuan 3 dan 4 (@3 ×45 menit)

Pendahuluan
1.                                                                                                                                        memberi  salam, Om Swastyastu,
2. Mengabsen siswa dan mengkondisikan suasana belajar   yang menyenangkan;
3.Menanamkan pendidikan karakter dan pembiasaan kepada siswa, mengecek kebersihan kelas dan sekitarnya, dan mencek kelengkapan atribut sekolah.
4.   Mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya  berkaitan dengan materi Upaweda
5.    Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan materi Upaweda
6.    Menyampaikan garis besar cakupan materi Upaweda dan kegiatan yang akan dilakukan;
7.    Menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan saat membahas materi Upaweda




20
menit
2.
Kegiatan Inti
Guru mengarahkan peserta didik membentuk kelompok dan berdiskusi dengan rekan sekelompok untuk merencanakan penelitian berkaitan dengan permasalahan yang disajikan.
90 menit
M engamati :
1. Peserta didik membaca buku teks pelajaran materi tentang Arthasastra, Ayurweda, dan Gandharwaweda
2. Guru menunjukkan gambar yang berkaitan dengan Upaweda tersebut kemudian peserta didik diminta mengamati fenomena dimasyarakat berkaitan dengan siklus kehidupan manusia lalu mengaikatnnya dengan tema pembelajaran yang akan dilaksanakan tentang ajaran Upaweda


M enanya :
1. Peserta didik menanyakan hal-hal yang belum jelas tentang Upaweda (tentang tugas-tugas yang di dapatkan dalam kelompoknya)


M engumpulkan Informasi :
1. peserta didik mencari ataupun mengumpulkan informasi serta bahan referensi dari berbagi sumber seperti wawancara dengan tokoh yang dianggap relevan dengan topik penelitian, studi pustaka ataupun melalui sumber internet untuk dapat menjawab permasalahan yang berkaitan dengan  ajaran bagian-bagian Upaweda dalam Agama Hindu.


Mengasosiasikan(Mengolah Informasi)
1. Peserta didik dalam kelompoknya berbagi tugas untuk mengasosiasikan atau mengolah informasi yang sudah di dapat yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan sudah di rumuskan dan menampilkannya dalam bentuk laporan (fresentasi) ke depan kelas.


Mengkomunikasikan
1.      Peserta didik di harapkan mampu mengkomunikasikan dengan kelompok lain tentang informasi yang sudah di olah dalam kelompoknya. Siswa saling bertukar informasi dengan kelompok lain sehingga akan tercipta kondisi peserta didik yang aktif.
- Guru membuat kesimpulan bersama tentang contoh-contoh implementasi ajaran arthasastra,ayurweda, dan gandharwaewda yang merupakan  bagian dari kitab Upaweda
-Evaluasi/ tes akhir materi Upaweda (pengertian dan bagian-bagian Upaweda)


3.
Penutup
1.      Memfasilitasi dalam menemukan kesimpulan tentang materi Upaweda melalui reviu indikator yang hendak dicapai pada hari itu.
2.      Memberikan penghargaan (pujian) terhadap hasil presentasi dan diskusi siswa yang baik, dan mengingatkan kelompok yang kurang serius.
3.      Memberikan tugas kepada peserta didik, dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya maupun mempersiapkan diri menghadapi tes/ evaluasi akhir di pertemuan berikutnya
4.      Melakukan penilaian untuk mengetahui tingkat ketercapaian indikator (kegiatan ini dilakukan di pertemuan ke -4).
5.      Diakhiri dengan doa dan mengucapkan salam Paramasantih


25
menit

I.         Penilaian Hasil Pembelajaran
1.      Teknik Penilaian:
                a.      Penilaian Sikap                        :          Observasi/pengamatan
               b.       Penilaian Pengetahuan     :     Tes Tertulis
                c.      Penilaian Keterampilan     :    Unjuk Kerja/ Praktik, Proyek, Portofolio
2.      Bentuk Penilaian.           
1.      Observasi                    :           lembar pengamatan aktivitas peserta didik
2.      Tes tertulis                   :           uraian dan lembar kerja
3.      Unjuk kerja                 :           lembar penilaian presentasi
4.      Proyek                         :           lembar tugas proyek dan pedoman penilaian
5.      Portofolio                    :           pedoman penilaian portofolio

3.      Instrumen Penilaian         : Terlampir
4.      Pembelajaran Remidi dan Pengayaan
*Remidian
a.           Pembelajaran remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
b.      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c.           Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali
* Pengayaan
-         Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
Ø Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
Ø Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan



Mengetahui
Kepala SMAN 1 Rendang




I Putu Sudibawa, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801 1001
Rendang,
Guru Pendidikan Agama Hindu
dan budi Pekerti



I Made Yuda Asmara. S.Pd.H., M.Pd
NIP. 19870912 201101 1 009









INTRUMEN PENILAIAN SIKAP

Nama Satuan pendidikan        : SMA/SMK se-Kabupaten Karangasem
Tahun pelajaran                       : 2018/2019
Kelas/Semester                        : X / Semester I
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
NO
WAKTU
NAMA
KEJADIAN/
PERILAKU
BUTIR SIKAP
POS/
NEG
TINDAK LANJUT
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






11






12






13






14






15






16







































INSTRUMEN TES TERTULIS

Satuan Pendidikan     :       SMA/SMK se-Kabupaten Karangasem
Mata Pelajaran           :      Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Kelas                            :      X
Kompetensi dasar       :       3.2   Memahami ajaran Upaveda sebagai tuntunan hidup
Indikator                      :        3.2.1    Menyebutkan bagian-bagian Upaweda  berdasarkan informasi dari berbagai sumber
3.2.2            Menguraikan pengertian bagian-bagian Upaweda
3.2.3            Menyebutkan bagian-bagian Upaweda  berdasarkan informasi dari berbagai sumber
3.2.4            Menguraikan pengertian bagian-bagian Upaweda

Soal:
NO
Pertanyaan
Jawaban
Skor
1
Jelaskanlah pengertian Upaweda
Kitab Upaweda adalah kelompok kedua dari Weda Smerti yang sama pentingnya dengan Wedangga. Kata Upaweda berasal dari bahasa sansekerta, yang

Terdiri dari dua kata yaitu Upa “dekat” dan“weda” yang artinya pengetahuan suci atau kitab suci. Upaweda berarti dekat dengan pengetahuan suci

Betul
20
2

Sebutkanlah bagian-bagian dari Upaweda
Bagian-bagian dari Upaweda:
-Itihasa
-Purana
-Arthasastra
-Ayurweda
-Gandharwa Weda
-Kama Sastra
-Agama
Betul
20
3
Jelaskanlah pengertian dari masing-masing bagian Upaweda

Penjelasan isi dari masing-masing bagian kitab Upaweda:
-Itihasa
Adalah sebuah epos yang menceritakan sejarah
  Perkembangan raja-raja dan kerajaan Hindu di
  masa lampau, terdiri dari Ramayana dan Maha
  barata
-Purana
  Adalah berbagai macam cerita dan keterangan
  Kebiasaan-kebiasaan yang berlaku pada jaman
  Dahulu kala ( kuno )
-Artha Sastra
  Adalah tentang pokok-pokok pemikiran bidang
  Ilmu politik , Niti Sastra / Raja Dharma ( Danda
  Niti )
-Ayur Weda
  Adalah tentang ilmu kedokteran atau kesehatan
  Baik jasmani maupun rohani
-Gandharwa Weda
  Adalah tentang berbagai aspek ilmu seni
-Kama Sastra
  Adalah tentang segala sesuatu yang
  berhubungan dengan asmara,seni atau rasa
  indah
-Agama
Adalah upacara agama dan tata cara keagamaan
Betul
40
4
Mengapa ajaran Upaweda masih masih berlangsung sampai sekarang dimasyarakat
Upaweda bisa berlangsung sampai saat ini , karena upaweda merupakan weda terkecil dan merupakan kelompok kedua setelah wedangga yang menjadi sumber dari ajaran hindu atau menjadi pedoman bagi masyarakat hindu
Betul
20
           
                                         Jumlah Skor Perolehan
     Nilai siswa :                                                       x  100
                               Jumlah Skor Maksimal











































INSTRUMEN PENUGASAN

Satuan Pendidikan     :      SMA/SMK se-Kabupaten Karangasem
Mata Pelajaran           :      Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Kelas                            :      X
Kompetensi dasar       :      4.2 Memahami ajaran Upaveda sebagai tuntunan hidup
Indikator                         :4.2.1   Menyesuaikan ajaran Upaweda dalam kehidupan sehari-
                                                      hari
                                           4.2.2  Mendemonstrasikan  salah  satu ajaran Upaweda                                                                                                                                                                          dalam tatanan kehidupan dimasyarakat
Materi                          :      Upaweda

Contoh Tugas:



Belum banyak orang yang mengetahui bahwa Ayurweda merupakan kitab kedokteran
Hindu . Ayurweda diakuipara ahli kedokteran moderen sebagai suatu sistem pengobatan,dalam pengertian bahwa sistimatisasi dan penerapan pengetahuannya khusus mengenai kesehatan dan penyakit, terutama yang menyangkut  ilmu yang mempelajari secara khusus tentang ilmu terapi. dan alat apa yang di pakai terapi pada waktu itu? Apa perbedaan tentang ilmu terapi pada Zaman terdahulu dengan sekarang ini? Buatlah rangkuman pengobatan menurut Upaweda

 















Rubrik Penilaian
Nama siswa/kelompok :  …………………………………………………
Kelas                              : ………………………………………………….
Tanggal Pengumpulan            : .............................................................................


Rambu-rambu
Skor No. Soal
Jumlah
1
2
3
·       Adanya kerangka berpikir yang logis sesuai dengan materi.
·       Terjadinya  proses pengumpulan data yang baik, pemecahan masalah secara matematis terkait materi yang telah dibahas dengan memperlihatkan cara berpikir kritis dan kreatif.
·       Adanya kesimpulan akhir yang sesuai dengan permasalahan yang dibahas.
5
10


5
10
10


10
15
20


15
30
40


30
Total
20
30
50
100.
Tidak melakukan tugas
0
0
0
0



Kriteria:




















































INSTRUMEN PENILAIAN PROYEK

SatuanPendidikan           :    SMA/SMK se-Kabupaten Karangasem
Mata Pelajaran                :    Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Kelas                                 :    X/I
Kompetensi dasar            :    4.5  Menyajikan ajaran Upaweda dalam tatanan hidup
Indikator        :          
4.5.1Menyesuaikan ajaran Upaweda dalam konteks kehidupan saat ini
4.5.2Mendemonstrasikan ajaran Upaweda dalam tatanan kehidupan
Materi                               :    Upaweda


Rubrik Penilaian Ketrampilan Presentasi
Nama/Kelompok      :     .............................................................
Kelas                        :     .............................................................
Tanggal Penilaian     :     .............................................................

No
Indikator
Deskriptor (rentang 4-1)
Skor

1

Penguasaan materi  presentasi

1.      Menunjukkan penguasaan materi presentasi dengan sangat baik                                                         

2.      Menunjukkan penguasaan materi presentasi dengan cukup baik                                                        

3.      Menunjukkan penguasaan materi presentasi dengan kurang baik                                                        

4.      Menunjukkan penguasaan materi presentasi dengan sangat kurang baik                                                        


2

Sistematika presentasi
(Pembukaan, isi dan penutup )
1.      Materi presentasi disajikan secara runtut dan sistematis

2.      Materi presentasi disajikan secara runtut tetapi kurang  sistematis

3.      Materi presentasi disajikan secara kurang runtut dan tidak sistematis

4.      Materi presentasi disajikan secara tidak runtut dan tidak sistematis


3

Penggunaan bahasa
1.      Bahasa yang digunakan sangat mudah dipahami

2.      Bahasa yang digunakan cukup mudah dipahami

3.      Bahasa yang digunakan   sulit dipahami

4.      Bahasa yang digunakan sangat sulit dipahami


4

Pemaparan/Presentasi
1.      Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang tepat dan artikulasi/lafal yang jelas

2.      Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang agak tepat dan artikulasi/lafal yang agak  jelas

3.      Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang kurang tepat dan artikulasi/lafal yang kurang  jelas

4.      Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang tidak tepat dan artikulasi/lafal yangtidak  jelas


5

Pemanfaatan Media
1.      Media yang dimanfaatkan sangat jelas, menarik, dan menunjang seluruh sajian

2.      Media yang dimanfaatkan jelas tetapi kurang menarik

3.      Media yang dimanfaatkan kurang jelas dan tidak menarik

4.      Media yang dimanfaatkan tidak  jelas dan tidak  menarik


6

Kemampuan mempertahankan dan menanggapi pertanyaan atau sanggahan
1.      Mampu mempertahankan dan menanggapi pertanyaan/sanggahan dengan arif dan bijaksana

2.      Mampu mempertahankan dan menanggapi pertanyaan/sanggahan dengan cukup baik

3.      Kurang mampu mempertahankan dan menanggapi pertanyaan atau sanggahan dengan baik

4.      Sangat kurang mampu mempertahankan dan menanggapi pertanyaan atau sanggahan

TOTAL  SKOR

Jumlah Skor Perolehan
        Nilai  :                          x 100
                        Jumlah Skor Maksimal                       

Mengetahui
Kepala SMAN 1 Rendang




I Putu Sudibawa, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801 1001
Rendang,
Guru Pendidikan Agama Hindu
dan budi Pekerti



I Made Yuda Asmara. S.Pd.H., M.Pd
NIP. 19870912 201101 1 009













EmoticonEmoticon