RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah :
SMAN 1 RENDANG
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu dan Budi
Pekerti
Kelas
/ Semester : X/Ganjil
Materi
Pokok : Nilai-Nilai Yajña Dalam Rāmāyana
Alokasi
Waktu : 6 JP (2 pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti
KI
1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI
2 : Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro- aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
KI 3 : Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
KI
4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan
pembelajaran menggunakan model Discovery Learning dengan pendekatan saintifik,
peserta didik diharapkan dapat Menjelaskan Pengertian Yajna, Menyebutkan
Pembagian Yajna, Menunjukkan Bentuk-Bentuk Pelaksanaan Yajna dalam Kehidupan
Sehari-Hari, Membuat Ringkasan Cerita Ramayana serta Mempraktikkan nilainilai
yajna, dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses
pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki
sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu
berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
C.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
||
1.1
|
Menghayati nilai-nilaiYajňa
yang terkandung dalam kitab Rāmāyaṇa.
|
1.1.1
|
Mengamalkan
pelaksanaan yajna yang terkandung kitab Ramayana di sekolah dan masyarakat.
|
2.1
|
Menghayati sikap
bertanggung jawab terhadap nilai-nilai Yajňa yang terkandung dalam kitab
Rāmāyaṇa.
|
2.1.1
|
Membuktikan sikap bertanggung jawab
terhadap nilai-nilai yajna yang terkandung dalam kitab Ramayana
|
3.1
|
Memahami hakekat dan nilai-nilaiYajňa yang terkandung dalam
kitab Rāmāyaṇa
|
3.1.1
3.1.2
|
Menganalisis nilai-nilai yajna yang
terkandung dalam Teks cerita Ramayana.
Menganalisis nilai-nilai yajna yang
terkandung dalam sebuah tayangan Video ceritra Ramayana
|
4.1
|
Menyajikan nilai-nilai
pelaksanaan Yajňa menurut kitab Rāmāyaṇa dalam kehidupan
|
4.1.1
|
Menentukan
nilai-nilai pelaksanaan yajna menurut kitab Ramayana dalam kehidupan
sehari-hari di masyarakat
|
D.
Materi
Pembelajaran
v Nilai-Nilai
Yajňa dalam Cerita Rāmāyana
v Pelaksanaan
Panca Yajña (Dewa Yajña,Pitra Yajña,Manusa Yajña,Ṛsī Yajña dan Bhuta Yajña)
dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.
E.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan
:
Scientific Learning
2. Model
Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode
Pembelajaran : Diskusi, Tanya Jawab, Penugasan
F.
Media,
Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media
: LKS
2. Alat
/ Bahan : - White board
- Spidol
- Media
LCD projector
- Laptop
- Bahan
Tayang ( Vidio Cerita Ramayana)
G.
Sumber
Belajar
1. Buku
Paket Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti SMA/K Kelas X
2. Sumber
lain yang relevan
H.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
1. Pertemuan
Pertama
Kegiatanp Pendahuluan
Orientasi:
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi:
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi:
v Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v
Apabila
materi/tema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menganalisis tentang nilai-nilai
Yajňa yang
terkandung dalam Teks cerita Ramayana.
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian Acuan:
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
15 Menit
|
Kegiatan
|
Langkah Model yang dipilih
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
|||
Inti
|
Orientasi
Peserta didik kepada Masalah
|
Peserta didik
diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik: Nilai-nilai yajna yang terkandung
dalam Teks cerita Ramayana. dengan
Cara:
Membaca:
Peserta didik
diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari
internet/materi yang berhubungan dengan Cerita Rāmāyana.
Mengamati:
Peserta didik
di minta untuk mengamati gambar/video, lembar kerja, pemberian contoh-contoh
materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif,
dsb yang berhubungan dengan: Cerita Rāmāyana
Mendengar:
Peserta didik
diminta mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan : nilai-nilai yajna yang terkandung
dalam Teks cerita Ramayana.
Menyimak:
Peserta
didik diminta untuk menyimak penjelasan pengantar kegiatan/materi secara
garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai: nilai-nilai
yajna yang terkandung dalam Teks
cerita Ramayana.untuk melatih kesungguhan,
ketelitian, mencari informasi
|
105
menit
|
|||
Mengorganisasikan
peserta didik
|
Menanya:
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya mengajukan pertanyaan tentang: nilai-nilai yajna yang terkandung
dalam Teks cerita Ramayana.
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya :
v Jelaskan
mengapa Yajña dikatakan sebagai simbol pengejawantahan ajaran Veda !
|
|||||
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan
informasi:
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
v
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan
solusi masalah terkait materi pokok yaitu: nilai-nilai yajna yang terkandung
dalam Teks cerita Ramayana.
Aktivitas :
v Buatlah
kelompok yang terdiri dari 4-5 orang siswa
v Cerita
Ramayana banyak memuat nilai etika, cari dan jelaskan nilai etika yang
terdapat pada masing-masing nilai-nilai
yajna yang terkandung dalam Teks
cerita Ramayana.yang dapat diterapkan dalam
kehidupan sehari-hari dan presentasikan di depan kelas..
Saling tukar
informasi tentang :
v Nilai-Nilai
nilai-nilai yajna
yang terkandung dalam Teks cerita
Ramayana.dengan ditanggapi aktif oleh peserta
didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang
dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur,
sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
|||||
Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan:
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :Nilai-nilai yajna yang terkandung
dalam Teks cerita Ramayana.
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang: nilai-nilai
yajna yang terkandung dalam Teks
cerita Ramayana.
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|||||
Menganalisa
& mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan:
Peserta
didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait
pembelajaran tentang: nilai-nilai
yajna yang terkandung dalam Teks
cerita Ramayana.
Mengolah informasi:
v Informasi
yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai: Ringkasan Cerita Rāmāyana
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Ringkasan
Cerita Rāmāyana
|
|||||
Kegiatan Penutup
Peserta
didik :
v Membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
v Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru
:
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
v Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
v Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika
diperlukan).
v Mengagendakan
pekerjaan rumah.
v Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Kegiatan
Bersama
v Menutup
Pembelajaran dengan Parama santih
|
15 Menit
|
|||||
2. Pertemuan
Kedua
Kegiatanp Pendahuluan
Orientasi:
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi:
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi:
v Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v
Apabila
materi/tema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menganalisis tentang: nilai-nilai
yajna yang terkandung dalam sebuah
tayangan vidio cerita Ramayana.
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian Acuan:
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
15 Menit
|
Kegiatan
|
Langkah Model yang dipilih
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
|||
Inti
|
Orientasi
Peserta didik kepada Masalah
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik: nilai-nilai yajna yang terkandung
dalam sebuah tayangan vidio cerita
Ramayana.dengan Cara:
Membaca:
Peserta
didik diminta membaca materi dari buku
paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan: nilai-nilai yajna
yang terkandung dalam sebuah tayangan
vidio cerita Ramayana.
Mengamati:
Peserta
didik di minta untuk mengamati 1 Tampilan video Cerita Ramayana, Lembar
kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan: nilai-nilai yajna yang terkandung
dalam sebuah tayangan vidio cerita
Ramayana.
Mendengar:
Peserta
didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan: nilai-nilai yajna yang terkandung
dalam sebuah tayangan vidio cerita
Ramayana.
Menyimak:
Peserta
didik diminta untuk menyimak penjelasan pengantar kegiatan/materi secara
garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai: nilai-nilai
yajna yang terkandung dalam sebuah
tayangan vidio cerita Ramayana.untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi
|
105
menit
|
|||
Mengorganisasikan
peserta didik
|
Menanya:
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya mengajukan pertanyaan tentang:
v
nilai-nilai
yajna yang terkandung dalam sebuah
tayangan vidio cerita Ramayana.
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya :
v Jelaskan
mengapa Yajña dikatakan sebagai simbol pengejawantahan ajaran Veda !
|
|||||
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan
informasi:
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
v
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan
solusimasalah terkait materi pokok yaitu: nilai-nilai yajna yang terkandung dalam sebuah tayangan vidio cerita Ramayana.
Aktivitas :
v Buatlah
kelompok yang terdiri dari 4-5 orang siswa
v
Cerita Ramayana
banyak memuat nilai etika, cari dan jelaskan nilai-nilai yajna yang terkandung
dalam sebuah tayangan vidio cerita
Ramayana.
v yang
dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan presentasikan di depan
kelas..
Saling tukar
informasi tentang :
v Nilai-nilai yajna yang terkandung
dalam sebuah tayangan vidio cerita
Ramayana. dengan ditanggapi aktif oleh peserta
didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang
dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur,
sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
|||||
Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan:
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Nilai-Nilai Yajňa dalam sebuah tayangan
vidio cerita Rāmāyana
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang: Nilai-Nilai Yajňa yang terkandung dalam
sebuah tayangan vidio Cerita Rāmāyana
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|||||
Menganalisa
& mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan:
Peserta
didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait
pembelajaran tentang: nilai-nilai
yajna yang terkandung dalam sebuah
tayangan vidio cerita Ramayana.
Mengolah informasi:
v Informasi
yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai: Cerita Rāmāyana
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Cerita
Rāmāyana
|
|||||
Kegiatan Penutup
Peserta
didik :
v Membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
v Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru
:
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
v Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
v Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika
diperlukan).
v Mengagendakan
pekerjaan rumah.
v Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Kegiatan
Bersama
v Menutup
Pembelajaran dengan Parama santih
|
15 Menit
|
|||||
I.
Penilaian hasil
Pembelajaran
1. Teknik
Penilaian
No
|
Aspek
|
Teknik
|
Bentuk
|
1
|
Sikap
|
Non
Tes / Pengamatan
|
Lembar
Observasi
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes
|
Pilihan
Handa
|
3
|
Ketrampilan
|
Penugasan
Presentasi
|
Rubrik
Penilaian Presentasi
|
2. Instrumen
Penilaian
v Sikap : Lembar Observasi (Lampiran 1)
v Pengetahuan : Soal Pilihan Ganda (Lampiran 2)
v Ketrampilan
: Rubrik
Penilaian Presentasi (Lampiran 3)
3. Pengayaan
dan Remidial
v Pengayaan
diberikan bagi siswa yang mendapat nilai diatas kreteria minimal
v Remidial
diberikan bagi siswa yang nilainya dibawah kreteria minimal
Mengetahui
Kepala
SMAN 1 Rendang
I Putu Sudibawa, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908
199801 1001
|
Rendang,
Guru
Pendidikan Agama Hindu
dan budi
Pekerti
I Made Yuda Asmara. S.Pd.H., M.Pd
NIP. 19870912 201101 1 009
|
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
Nama Satuan
pendidikan : SMAN 1 RENDANG
Tahun
pelajaran : 2019/2020
Kelas/Semester
: X / Semester
I
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
NO
|
Nama SIswa
|
Indikator
Sikap Spritual
|
Indikator
Sikap Sosial
|
Jumlah
|
Nilai
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
||||||||||
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
9
|
SB
|
|||||||
2
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
7
|
B
|
|||||||
3
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
5
|
C
|
|||||||
4
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
4
|
D
|
|||||||
JUMLAH
|
4
|
3
|
2
|
4
|
2
|
3
|
2
|
3
|
1
|
1
|
25
|
||||||||
Keterangan:
Skor: 1= Ya. 0 =Tidak
Penggolongan Skor
|
Kategori
|
|
9 - 10
|
Sangat Baik
|
SB
|
7-8
|
Baik
|
B
|
5-6
|
Cukup
|
C
|
≤ 4
|
Tidak Baik
|
D
|
1.
Mensyukuri
2.
Disiplin
3.
Kejujuran
4.
Kerajinan
5.
Percaya Diri
6.
Kerjasama
7.
Peduli Lingkungan
8.
Tekun Belajar
9.
Rasa Ingin Tau
10. Kerajinan
Guru
Mata Pelajaran
(I
Made Yuda Asmara)
INSTRUMEN TES TERTULIS
Satuan Pendidikan : SMAN 1 RENDANG
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Kelas : X
Kompetensi Dasar : 3.1. Memahami hakekat dan nilai-nilaiYajňa yang terkandung
Dalam
Ramayana
IPK :
3.1.1 Menganalisis nilai-nilai yajna
yang terkandung dalam Teks cerita Ramayana.
3.1.2 Menganalisis
nilai-nilai yajna yang terkandung dalam sebuah tayangan Video ceritra Ramayana
Soal:
1. Yadnya
yang dilakukan setiap hari disebut nitya yadnya. Dibawah ini termasuk contoh
dari pelaksanaan nitya yadnya kecuali ... .
a. Mesaiban d. Yadnya sesa
b. Tri
sandya e. mecaru
c. Belajar
Kunci; E
2. Yadnya
yang dilaksanakan dengan penuh harapan akan hasilnya dan bersifat pamer
kemewahan disebut ... .
a. Satwika d. Sradha
b. Rajasika e. Lascarya
c. Tamasika
Kunci;
B
3. Dibawah
ini yang bukan tergolong contoh pelaksanaan yadnya secara nitya yadnya adalah
... .
a. Melaspas d. Sembahyang
b. Jnana
yadnya e. Menjaga lingkungan
c. Yadnya
sesa
Kunci; A
4. Berdasarkan
sasaran yang akan diberikan yajnya, maka korban suci ini dibedakan menjkadi ...
.
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5
e. 6
Kunci; D
5. Yadnya
jika dilihat dari segi sasaranya sering disebut dengan ... .
a. Panca
Dewata
b. Panca
Yama Brata
c. Panca
Nyama Brata
d. Panca
Yadnya
e. Panca
Maha Butha
Kunci; D
6. Dalam
Bhagawadgita disebutkan bahwa yadnya itu tidak hanya pada suatu persembahan
yang berupa Upacara tapi yadnya ada yang tidak denagan upakara. Dibawah ini
yang termasuk kedalam manusa yadnya tanpa upakara adalah kecuali ... .
a. Membantu
orang tua menyebrang jalan
b. Menjenguk
teman yang sakit
c. Donor
darah
d. Membantu
fakir miskin
e. Melaksanakan
perkawinan/wiwaha
Kunci; E
7.
Didalam ceritra
Ramayana ada beberapa yadnya didalamnya yadnya tersebut adalah ... .
a. Kajeng
kliwon
b. Purnama
c. Tilem
d. Dewa
Yadnya
e. Panca
yadnya
Kunci:
E
8. Perhatikan
Gambar dibawah ini!
Gambar diatas tergolong kedalam yadnya, kalo dilihat dari segi
sasaranya upcara tersebut tergolong kedalam ... .
a.
Dewa yadnya
b.
Manusa yadnya
c.
Pitra yadnya
d.
Rsi yadnya
e.
Bhuta yadnya
Kunci; B
|
9. “Yajna
menurut petunjuk kitab-kitab suci, yang dilakukan oleh orang tanpa mengharap
pahala dan percaya sepenuhnya bahwa upacara ini sebagai tugas kewajuban, adalah
sattwika. Terjemahan soka ini terdapat pada ...
a. Rg
Veda
b. Bhagawad
Gita. XVII. 11
c. Bhagawad
Gita. XVII. 12
d. Bhagawad
Gita XVII. 13
e. Bhagawad
Gita IV. 11
Kunci; B
10.
Perhatikan gambar
berikut!
Gambar diatas merupakan kegiatan yadnya yang terdapat dalam cerita
Ramayana yaitu persembahan terhadap dewa Agni.
Yadnya ini
dinamaka ... .
a. Agni horta
b. Bhuta yadnya
c. Rsi yadnya
d. Manusa yadnya
e. Pitra yadnya
Kunci; A
|
11.
Jika yadnya dilihat dari sasaranya maka yadnya
atau korban suci yang ditujukan kehadapan para pitara atau leluhur disebut
dengan ...
a. Dewa
Yadnya
b. Manusa
Yadnya
c. Rsi
Yadnya
d. Bhuta
yadnya
e. Pitra
Yadnya
Kunci : E
12.
Jika dilihat dari
kualitas, maka yadnya dapat dibedakan menjadi tiga yaitu, ... .
a. Nista,
madya, utama
b. Nistaning
nista, madyaning nista, utamaning nista
c. Satwika,
rajasika, tamasika
d. Nista,
rajasika, satwika
e. Nistaning
utama, nistaning madya, nistaning nista.
Kunci: C
13. Yang
termasuk Upacara Dewa Yadnya dalam Ceritra Ramayana adalah ... .
a.
Sri Rama Mempersunting
dewi sita
b.
Pelaksanaan Homa Yadnya
oleh Raja Dasaratha
c.
Rama Menghormati Maha
Rsi
d.
Rama mengusir para
Raksasa dalam Upacara Homa Yadnya
e.
Pembakaran jenasah raja
Dasaratha
Kunci : B
14. Demi
memenuhi janji orang tuanya yaitu raja Dsaratha, sri rama, laksamana dan dewi
sita mau menerima perintah orang tuanya untuk pergi hidup dihutan, berdasarkan
ceritra tersebut dalam Pancayadnya tergolong kedalam ... .
a.
Dewa Yadnya
b.
Manusa Yadnya
c.
Pitra Yadnya
d.
Rsi Yadnya
e.
Bhuta Yadnya
Kunci: C
15. Gambar
Gambar diatas merupakan upacara
putra kama jaya dalam ceritra Ramayana, upacara ini merupakan upacara ... dalam
panca yadnya.
a.
Manusa yadnya
b.
Dewa Yadnya
c.
Pitra Yadnya
d.
Rsi yadnya
e.
Bhuta Yadnya
Kunci: B
Jumlah Nilai Perolehan
Jumlah Nilai Maksimal
INSTRUMEN PENILAIAN PRESENTASI
Satuan Pendidikan : SMAN 1 RENDANG
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Kelas : X
Kompetensi
dasar : 4.1 Menyajikan
nilai-nilai pelaksanaan Yajňa menurut kitab Rāmāyaṇa dalam kehidupan
Indikator : 4.1.1 Menentukan
nilai-nilai pelaksanaan yajna menurut kitab Ramayana dalam kehidupan
sehari-hari di masyarakat
Materi : Nilai-nilai Yajňa dalam Ramayana
Rubrik Penilaian Presentasi Kelompok
Nama/Kelompok : .............................................................
Kelas : .............................................................
Tanggal Penilaian :
.............................................................
No
|
Indikator
|
Deskriptor (rentang 4-1)
|
Skor
|
1
|
Penguasaan materi
presentasi
|
1. Menunjukkan penguasaan materi
presentasi dengan sangat baik
|
|
2. Menunjukkan penguasaan materi
presentasi dengan cukup baik
|
|||
3. Menunjukkan penguasaan materi
presentasi dengan kurang baik
|
|||
4. Menunjukkan penguasaan materi
presentasi dengan sangat kurang baik
|
|||
2
|
Sistematika presentasi
(Pembukaan, isi dan penutup )
|
1. Materi presentasi disajikan secara
runtut dan sistematis
|
|
2. Materi presentasi disajikan secara
runtut tetapi kurang sistematis
|
|||
3. Materi presentasi disajikan secara
kurang runtut dan tidak sistematis
|
|||
4. Materi presentasi disajikan secara
tidak runtut dan tidak sistematis
|
|||
3
|
Penggunaan bahasa
|
1. Bahasa yang digunakan sangat mudah
dipahami
|
|
2. Bahasa yang digunakan cukup mudah
dipahami
|
|||
3. Bahasa yang digunakan sulit dipahami
|
|||
4. Bahasa yang digunakan sangat sulit
dipahami
|
|||
4
|
Pemaparan/Presentasi
|
1. Penyampaian materi disajikan
dengan intonasi yang tepat dan artikulasi/lafal yang jelas
|
|
2. Penyampaian materi disajikan
dengan intonasi yang agak tepat dan artikulasi/lafal yang agak jelas
|
|||
3. Penyampaian materi disajikan
dengan intonasi yang kurang tepat dan artikulasi/lafal yang kurang jelas
|
|||
4. Penyampaian materi disajikan
dengan intonasi yang tidak tepat dan artikulasi/lafal yangtidak jelas
|
|||
5
|
Pemanfaatan Media
|
1. Media yang dimanfaatkan sangat
jelas, menarik, dan menunjang seluruh sajian
|
|
2. Media yang dimanfaatkan jelas
tetapi kurang menarik
|
|||
3. Media yang dimanfaatkan kurang
jelas dan tidak menarik
|
|||
4. Media yang dimanfaatkan tidak jelas dan tidak menarik
|
|||
6
|
Kemampuan mempertahankan dan menanggapi pertanyaan atau
sanggahan
|
1. Mampu mempertahankan dan
menanggapi pertanyaan/sanggahan dengan arif dan bijaksana
|
|
2. Mampu mempertahankan dan
menanggapi pertanyaan/sanggahan dengan cukup baik
|
|||
3. Kurang mampu mempertahankan dan
menanggapi pertanyaan atau sanggahan dengan baik
|
|||
4. Sangat kurang mampu mempertahankan
dan menanggapi pertanyaan atau sanggahan
|
|||
TOTAL SKOR
|
Jumlah Skor Perolehan
Jumlah Skor Maksimal
Guru
Mata Pelajaran
(I
MADE YUDA ASMARA)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMAN 1 RENDANG
Mata Pelajaran : Agama Hindu
Kelas/Semester : X/1
Materi
Pokok : Upaweda
Sub Materi
Pokok : Upaweda sebagai Tuntunan Hidup
Alokasi
Waktu : 12 x 45 menit(4xPertemuan)
A.
Kompetensi Inti
KI 1
menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,
damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
KI 3
memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
KI 4
mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
pendekatan saintifik,siswa dapat
1.
Menjelaskan pengertian Upaveda
2.
Menjelaskan bagian-bagian dari Upaveda
3.
Membuat bagan (Struktur Weda)
4.
Merangkum
nilai-nilai yang terdapat dalam ajaran
Itihasa
C.
Kompetensi Dasar
dan Indikator
KD
|
INDIKATOR
|
||
1.2
|
Mengamalkan ajaran Upaweda sebagai tuntunan
hidup
|
1.2.1
|
Meyakini ajaran Upaweda salah satu ajaran Agama Hindu
|
1.2.2
|
Mengamalkan ajaran Upaweda
|
||
2.2
|
Mengamalkan ajaran Upaweda sebagai tuntunan
hidup
|
2.2.1
|
Membiasakan diri mengucapkan salam
panganjali
|
2.2.2
|
Membuktikan
sikap bertanggung jawab terhadap Ajaran Upaweda
|
||
3.2
|
Memahami
ajaran Upaveda sebagai tuntunan hidup
|
3.2.1
|
Menyusun
Struktur Weda
|
3.2.2
|
Merangkum
nilai-nilai yang
terdapat dalam ajaran Itihasa
|
||
3.2.3
|
Menganalisis
kelompok dan jenis Purana
|
||
4.2
|
Menyajikan
bagian-bagian Upaveda sebagai tuntunan hidup
|
4.2.1
|
Menjelaskan
kedudukan Upaveda dalam Weda
|
D.
Materi
Pembelajaran
Faktual
·
Bagian-bagian Upaweda
·
Contoh – contoh
bagian Upaweda
Konseptual
·
Pengertian Upaweda
Prosedural
·
Pelaksanaan Upaweda dalam Itihasa
-Pengertian Upaweda
Agama Hindu sebagaimana agama-agama lainnya, juga memiliki Kitab Suci
yang disebut Veda. Veda adalah sumber dari ajaran Agama Hindu sebagai Wahyu
Tuhan (Ida Sang Hyang Widhi Wasa). Didalam ajaran agama hindu tersebut termuat
tentang ajaran agama, kebudayaan dan filsafat. Umat Hindu berkeyakinan bahwa
Veda bersifat Anadi-ananta yakni tidak berawal dan tidak berakhir dan sebagai
sabda Brahman.
Istilah Upaweda diartikan sebagai Veda yang lebih
kecil dan merupakan kelompok kedua setelah Vedangga. Upa berarti dekat atau
sekitar dan Veda berarti pengetahuan dan dapat pula berarti Vedaa. Dengan
demikian Upaweda dapat diartikan sekitar hal-hal yang bersumber dari Veda. Dilihat
dari materi isinya yang dibahas dalam beberapa Kitab Upaweda, tampak kepada
kita bahwa tujuan penulisan Upaweda sama seperti Vedangga. Hanya saja dalam
pengkhususan untuk bidang tertentu. Pengkhususan yang di bahas adalah aspek
pengetahuan atau hal-hal yang terdapat di dalamVeda dan kemudian difokuskan
pada bidang itu saja sehingga kita memiliki pengetahuan dan pengarahan mengenai
pengetahuan dan peruntukan ilmu pengetahuan yang dimaksud.
Mengenai kedudukan Upaweda dalam Veda dilihat
dari materi isinya sudahlah jelas sesuai arti dan tujuannya serta apa yang
menjadi bahan kajian dalam Kitab Upaweda itu, maka Upaweda pada dasarnya
dinyatakan mempunyai hubungan yang sangat erat dengan Veda.
-Baguan-bagian Upaweda
Kitab Upaweda terdiri atas beberapa cabang ilmu
antara lain:
-Itihasa(Ramayana dan Mahabharata)
- Purana
-Arthasastra
-Ayur Weda
-Gandarwa weda
E.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model : Discovery learning
Metode : Diskusi kelompok, tanya jawab,
penugasan,ceramah, presentasi
F.
Media Pembelajaran
Media :
Gambar , LCD / Laptop
Alat/Bahan : Lembar Kerja Siswa, Papan Tulis/White Board
G.
Sumber Belajar
- Buku Siswa Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Kelas X, Kementerian dan
Kebudayaan Tahun 2014.
- Internet
-
Buku/ sumber lain yang relevan.
H.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pertemuan 1 dan 2 (@3 ×45 menit)
Pendahuluan
1.
memberi salam, Om Swastyastu,
2.
Mengabsen
siswa dan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan;
3.
Menanamkan
pendidikan karakter dan pembiasaan
kepada siswa, mengecek kebersihan kelas dan sekitarnya, dan mencek
kelengkapan atribut sekolah.
4.
Mendiskusikan
kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan materi Upaweda
5.
Menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
berkaitan dengan materi Upaweda
6.
Menyampaikan
garis besar cakupan materi Upaweda dan kegiatan yang akan dilakukan;
7.
Menyampaikan
metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan saat membahas
materi Upaweda
|
20
menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Guru mengarahkan
peserta didik membentuk kelompok dan berdiskusi dengan rekan sekelompok untuk
merencanakan penelitian berkaitan dengan permasalahan yang disajikan.
|
90 menit
|
M engamati
: (Critical Thinking)
1. Peserta didik membaca buku teks
pelajaran materi tentang Upaweda.
2. Guru menunjukkan gambar yang berkaitan dengan
Upaweda kemudian peserta didik
diminta mengamati fenomena dimasyarakat berkaitan dengan siklus kehidupan
manusia lalu mengaikatnnya dengan tema pembelajaran yang akan dilaksanakan
tentang ajaran Upaweda
|
||
M enanya :
1. Peserta didik menanyakan hal-hal yang belum
jelas tentang Upaweda (tentang tugas-tugas yang di dapatkan dalam
kelompoknya)
|
||
M engumpulkan
Informasi : (Collaboration)
1. peserta didik mencari ataupun
mengumpulkan informasi serta bahan referensi dari berbagi sumber seperti
wawancara dengan tokoh yang dianggap relevan dengan topik penelitian, studi
pustaka ataupun melalui sumber internet untuk dapat menjawab permasalahan
yang berkaitan dengan ajaran Upaweda
dalam Agama Hindu.
|
||
Mengasosiasikan(Mengolah Informasi) (Collaboration)
1. Peserta didik dalam kelompoknya berbagi tugas
untuk mengasosiasikan atau mengolah informasi yang sudah di dapat yang
bertujuan untuk menjawab pertanyaan sudah di rumuskan dan menampilkannya
dalam bentuk laporan (fresentasi)
|
||
Mengkomunikasikan (Communication)
|
||
3.
|
Penutup
1. Memfasilitasi dalam menemukan
kesimpulan tentang materi Upaweda melalui reviu indikator yang hendak dicapai
pada hari itu.
2. Memberikan penghargaan (pujian) terhadap hasil presentasi dan diskusi siswa
yang baik, dan mengingatkan kelompok yang kurang serius.
3. Memberikan tugas kepada peserta
didik, dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan
dibahas dipertemuan berikutnya maupun mempersiapkan diri menghadapi tes/
evaluasi akhir di pertemuan berikutnya (kegiatan ini dilakukan di pertemuan
ke-1).
4. Melakukan penilaian untuk mengetahui
tingkat ketercapaian indikator (kegiatan ini dilakukan di pertemuan ke-2).
5. Diakhiri dengan doa dan mengucapkan
salam Paramasantih
|
25
menit
|
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pertemuan 3 dan 4 (@3 ×45 menit)
Pendahuluan
1.
memberi salam, Om Swastyastu,
2.
Mengabsen siswa dan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan;
3.Menanamkan
pendidikan karakter dan pembiasaan
kepada siswa, mengecek kebersihan kelas dan sekitarnya, dan mencek
kelengkapan atribut sekolah.
4. Mendiskusikan kompetensi yang sudah
dipelajari dan dikembangkan sebelumnya
berkaitan dengan materi Upaweda
5. Menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan materi
Upaweda
6. Menyampaikan garis besar cakupan
materi Upaweda dan kegiatan yang akan dilakukan;
7. Menyampaikan metode pembelajaran dan
teknik penilaian yang akan digunakan saat membahas materi Upaweda
|
20
menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Guru mengarahkan
peserta didik membentuk kelompok dan berdiskusi dengan rekan sekelompok untuk
merencanakan penelitian berkaitan dengan permasalahan yang disajikan.
|
90 menit
|
M engamati :
1. Peserta didik membaca buku teks
pelajaran materi tentang Arthasastra, Ayurweda, dan Gandharwaweda
2. Guru menunjukkan gambar yang berkaitan dengan Upaweda
tersebut kemudian peserta didik
diminta mengamati fenomena dimasyarakat berkaitan dengan siklus kehidupan
manusia lalu mengaikatnnya dengan tema pembelajaran yang akan dilaksanakan
tentang ajaran Upaweda
|
||
M enanya :
1. Peserta didik menanyakan hal-hal yang belum
jelas tentang Upaweda (tentang tugas-tugas yang di dapatkan dalam
kelompoknya)
|
||
M engumpulkan Informasi :
1. peserta didik mencari ataupun
mengumpulkan informasi serta bahan referensi dari berbagi sumber seperti
wawancara dengan tokoh yang dianggap relevan dengan topik penelitian, studi
pustaka ataupun melalui sumber internet untuk dapat menjawab permasalahan
yang berkaitan dengan ajaran bagian-bagian
Upaweda dalam Agama Hindu.
|
||
Mengasosiasikan(Mengolah Informasi)
1. Peserta didik dalam kelompoknya berbagi tugas
untuk mengasosiasikan atau mengolah informasi yang sudah di dapat yang
bertujuan untuk menjawab pertanyaan sudah di rumuskan dan menampilkannya
dalam bentuk laporan (fresentasi) ke depan kelas.
|
||
Mengkomunikasikan
1.
Peserta didik
di harapkan mampu mengkomunikasikan dengan kelompok lain tentang informasi
yang sudah di olah dalam kelompoknya. Siswa saling bertukar informasi dengan
kelompok lain sehingga akan tercipta kondisi peserta didik yang aktif.
- Guru membuat kesimpulan bersama
tentang contoh-contoh implementasi ajaran arthasastra,ayurweda, dan
gandharwaewda yang merupakan bagian
dari kitab Upaweda
-Evaluasi/
tes akhir materi Upaweda (pengertian dan bagian-bagian Upaweda)
|
||
3.
|
Penutup
1. Memfasilitasi dalam menemukan
kesimpulan tentang materi Upaweda melalui reviu indikator yang hendak dicapai
pada hari itu.
2. Memberikan penghargaan (pujian) terhadap hasil presentasi dan diskusi siswa
yang baik, dan mengingatkan kelompok yang kurang serius.
3. Memberikan tugas kepada peserta didik,
dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas
dipertemuan berikutnya maupun mempersiapkan diri menghadapi tes/ evaluasi
akhir di pertemuan berikutnya
4. Melakukan penilaian untuk mengetahui
tingkat ketercapaian indikator (kegiatan ini dilakukan di pertemuan ke -4).
5. Diakhiri dengan doa dan mengucapkan
salam Paramasantih
|
25
menit
|
I.
Penilaian Hasil
Pembelajaran
1.
Teknik Penilaian:
a.
Penilaian
Sikap : Observasi/pengamatan
b.
Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
c.
Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik, Proyek, Portofolio
2.
Bentuk
Penilaian.
1.
Observasi : lembar pengamatan aktivitas peserta didik
2.
Tes
tertulis : uraian dan lembar kerja
3.
Unjuk kerja : lembar
penilaian presentasi
4.
Proyek : lembar tugas proyek dan pedoman penilaian
5.
Portofolio : pedoman penilaian portofolio
3.
Instrumen Penilaian : Terlampir
4.
Pembelajaran Remidi dan Pengayaan
*Remidian
a.
Pembelajaran remedial dilakukan bagi siswa
yang capaian KD nya belum tuntas
b.
Tahapan
pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri
dengan tes.
c.
Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan
apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial
dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali
* Pengayaan
-
Bagi
siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan
sebagai berikut:
Ø
Siswa
yang mencapai nilai
diberikan materi masih
dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
Ø
Siswa
yang mencapai nilai
diberikan materi
melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
Mengetahui
Kepala SMAN 1 Rendang
I Putu Sudibawa,
S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801 1001
|
Rendang,
Guru Pendidikan Agama Hindu
dan budi Pekerti
I Made Yuda Asmara.
S.Pd.H., M.Pd
NIP. 19870912 201101 1 009
|
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan
pendidikan : SMA/SMK se-Kabupaten Karangasem
Tahun
pelajaran : 2018/2019
Kelas/Semester :
X / Semester I
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu
dan Budi Pekerti
NO
|
WAKTU
|
NAMA
|
KEJADIAN/
PERILAKU
|
BUTIR
SIKAP
|
POS/
NEG
|
TINDAK
LANJUT
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
||||||
11
|
||||||
12
|
||||||
13
|
||||||
14
|
||||||
15
|
||||||
16
|
INSTRUMEN TES TERTULIS
Satuan
Pendidikan : SMA/SMK se-Kabupaten Karangasem
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Kelas :
X
Kompetensi dasar
: 3.2 Memahami ajaran Upaveda sebagai tuntunan
hidup
Indikator :
3.2.1 Menyebutkan
bagian-bagian Upaweda berdasarkan
informasi dari berbagai sumber
3.2.2
Menguraikan
pengertian bagian-bagian Upaweda
3.2.3
Menyebutkan
bagian-bagian Upaweda berdasarkan
informasi dari berbagai sumber
3.2.4
Menguraikan
pengertian bagian-bagian Upaweda
Soal:
NO
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
Skor
|
1
|
Jelaskanlah
pengertian Upaweda
|
Kitab
Upaweda adalah kelompok kedua dari Weda Smerti yang sama pentingnya dengan
Wedangga. Kata Upaweda berasal dari bahasa sansekerta, yang
Terdiri dari dua kata yaitu Upa
“dekat” dan“weda” yang artinya pengetahuan suci atau kitab suci. Upaweda
berarti dekat dengan pengetahuan suci
|
Betul
20
|
2
|
Sebutkanlah bagian-bagian dari Upaweda
|
Bagian-bagian dari Upaweda:
-Itihasa
-Purana
-Arthasastra
-Ayurweda
-Gandharwa Weda
-Kama Sastra
-Agama
|
Betul
20
|
3
|
Jelaskanlah
pengertian dari masing-masing
bagian Upaweda
|
Penjelasan
isi dari masing-masing bagian kitab Upaweda:
-Itihasa
Adalah
sebuah epos yang menceritakan sejarah
Perkembangan raja-raja dan kerajaan Hindu
di
masa lampau, terdiri dari Ramayana dan Maha
barata
-Purana
Adalah berbagai macam cerita dan keterangan
Kebiasaan-kebiasaan yang berlaku pada jaman
Dahulu kala ( kuno )
-Artha
Sastra
Adalah tentang pokok-pokok pemikiran bidang
Ilmu politik , Niti Sastra / Raja Dharma (
Danda
Niti )
-Ayur
Weda
Adalah tentang ilmu kedokteran atau
kesehatan
Baik jasmani maupun rohani
-Gandharwa
Weda
Adalah tentang berbagai aspek ilmu seni
-Kama
Sastra
Adalah tentang segala sesuatu yang
berhubungan dengan asmara,seni atau rasa
indah
-Agama
Adalah
upacara agama dan tata cara keagamaan
|
Betul
40
|
4
|
Mengapa ajaran Upaweda masih masih
berlangsung sampai sekarang dimasyarakat
|
Upaweda bisa berlangsung sampai saat
ini , karena upaweda merupakan weda terkecil dan merupakan kelompok kedua
setelah wedangga yang menjadi sumber dari ajaran hindu atau menjadi pedoman
bagi masyarakat hindu
|
Betul
20
|
Jumlah Skor Perolehan
Jumlah Skor Maksimal
INSTRUMEN
PENUGASAN
Satuan
Pendidikan : SMA/SMK
se-Kabupaten Karangasem
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Kelas :
X
Kompetensi dasar
: 4.2
Memahami ajaran Upaveda sebagai tuntunan hidup
Indikator :4.2.1
Menyesuaikan ajaran Upaweda dalam kehidupan sehari-
hari
4.2.2 Mendemonstrasikan salah
satu ajaran Upaweda dalam
tatanan kehidupan dimasyarakat
Materi : Upaweda
Contoh
Tugas:
Belum banyak orang yang mengetahui bahwa Ayurweda
merupakan kitab kedokteran
Hindu . Ayurweda diakuipara ahli kedokteran moderen
sebagai suatu sistem pengobatan,dalam pengertian bahwa sistimatisasi dan
penerapan pengetahuannya khusus mengenai kesehatan dan penyakit, terutama
yang menyangkut ilmu yang
mempelajari secara khusus tentang ilmu terapi. dan alat apa yang di pakai
terapi pada waktu itu? Apa perbedaan tentang ilmu terapi pada Zaman
terdahulu dengan sekarang ini? Buatlah rangkuman pengobatan menurut Upaweda
|
Rubrik Penilaian
Nama
siswa/kelompok : …………………………………………………
Kelas :
………………………………………………….
Tanggal
Pengumpulan :
.............................................................................
Rambu-rambu
|
Skor No. Soal
|
Jumlah
|
||
1
|
2
|
3
|
||
· Adanya kerangka berpikir yang logis
sesuai dengan materi.
· Terjadinya proses pengumpulan data yang baik,
pemecahan masalah secara matematis terkait materi yang telah dibahas dengan
memperlihatkan cara berpikir kritis dan kreatif.
· Adanya kesimpulan akhir yang sesuai
dengan permasalahan yang dibahas.
|
5
10
5
|
10
10
10
|
15
20
15
|
30
40
30
|
Total
|
20
|
30
|
50
|
100.
|
Tidak melakukan tugas
|
0
|
0
|
0
|
0
|
Kriteria:
INSTRUMEN PENILAIAN PROYEK
SatuanPendidikan :
SMA/SMK se-Kabupaten Karangasem
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu dan
Budi Pekerti
Kelas :
X/I
Kompetensi dasar :
4.5 Menyajikan
ajaran Upaweda dalam tatanan hidup
Indikator :
4.5.1Menyesuaikan ajaran Upaweda dalam konteks
kehidupan saat ini
4.5.2Mendemonstrasikan ajaran Upaweda dalam tatanan kehidupan
Materi : Upaweda
Rubrik Penilaian Ketrampilan Presentasi
Nama/Kelompok : .............................................................
Kelas : .............................................................
Tanggal Penilaian :
.............................................................
No
|
Indikator
|
Deskriptor
(rentang 4-1)
|
Skor
|
1
|
Penguasaan
materi presentasi
|
1. Menunjukkan penguasaan materi
presentasi dengan sangat baik
|
|
2. Menunjukkan penguasaan materi
presentasi dengan cukup baik
|
|||
3. Menunjukkan penguasaan materi
presentasi dengan kurang baik
|
|||
4. Menunjukkan penguasaan materi
presentasi dengan sangat kurang baik
|
|||
2
|
Sistematika
presentasi
(Pembukaan, isi dan
penutup )
|
1. Materi presentasi disajikan secara
runtut dan sistematis
|
|
2. Materi presentasi disajikan secara
runtut tetapi kurang sistematis
|
|||
3. Materi presentasi disajikan secara
kurang runtut dan tidak sistematis
|
|||
4. Materi presentasi disajikan secara
tidak runtut dan tidak sistematis
|
|||
3
|
Penggunaan bahasa
|
1. Bahasa yang digunakan sangat mudah
dipahami
|
|
2. Bahasa yang digunakan cukup mudah
dipahami
|
|||
3. Bahasa yang digunakan sulit dipahami
|
|||
4. Bahasa yang digunakan sangat sulit
dipahami
|
|||
4
|
Pemaparan/Presentasi
|
1. Penyampaian materi disajikan dengan
intonasi yang tepat dan artikulasi/lafal yang jelas
|
|
2. Penyampaian materi disajikan dengan
intonasi yang agak tepat dan artikulasi/lafal yang agak jelas
|
|||
3. Penyampaian materi disajikan dengan
intonasi yang kurang tepat dan artikulasi/lafal yang kurang jelas
|
|||
4. Penyampaian materi disajikan dengan
intonasi yang tidak tepat dan artikulasi/lafal yangtidak jelas
|
|||
5
|
Pemanfaatan Media
|
1. Media yang dimanfaatkan sangat jelas,
menarik, dan menunjang seluruh sajian
|
|
2. Media yang dimanfaatkan jelas tetapi
kurang menarik
|
|||
3. Media yang dimanfaatkan kurang jelas
dan tidak menarik
|
|||
4. Media yang dimanfaatkan tidak jelas dan tidak menarik
|
|||
6
|
Kemampuan
mempertahankan dan menanggapi pertanyaan atau sanggahan
|
1. Mampu mempertahankan dan menanggapi
pertanyaan/sanggahan dengan arif dan bijaksana
|
|
2. Mampu mempertahankan dan menanggapi
pertanyaan/sanggahan dengan cukup baik
|
|||
3. Kurang mampu mempertahankan dan
menanggapi pertanyaan atau sanggahan dengan baik
|
|||
4. Sangat kurang mampu mempertahankan
dan menanggapi pertanyaan atau sanggahan
|
|||
TOTAL SKOR
|
Jumlah Skor
Perolehan
Jumlah Skor Maksimal
Mengetahui
Kepala SMAN 1 Rendang
I Putu Sudibawa,
S.Pd., M.Pd.
NIP. 19730908 199801 1001
|
Rendang,
Guru Pendidikan Agama Hindu
dan budi Pekerti
I Made Yuda Asmara.
S.Pd.H., M.Pd
NIP. 19870912 201101 1 009
|
EmoticonEmoticon